Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Ramadan Kesempatan Orang Tua Didik Anak Tentang Nilai Agama
Ramadan Kesempatan Orang Tua Didik Anak Tentang Nilai Agama
0 Komentar | Dibaca 11307 kali

Waktu bagi orang tua untuk mengajarkan nilai-nilai keagamaan yang baik. Dan agama itu diajarkannya lewat praktik, lalu dibiasakan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan emas bagi semua orang tua untuk mendidik anak-anak tentang nilai-nilai keagamaan.

Lantaran itu, jelas Anies Baswedan, para orang tua diharapkan lebih sering menghadirkan keteladanan di rumah sembari memanfaatkan waktu shaum Ramadhan.

“Waktu bagi orang tua untuk mengajarkan nilai-nilai keagamaan yang baik. Dan agama itu diajarkannya lewat praktik, lalu dibiasakan,” ujar Menteri Anies Baswedan, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Ramadhan, sambung Anies, menjadi kesempatan emas bagi orang tua untuk melaksanakan shalat berjamaah bersama keluarga.

“Buat orang tua, Ramadhan adalah kesempatan emas. Shalat Subuh sama-sama, Maghriban sama-sama, Tarawih sama-sama,” papar Anies.

Apalagi, sambung mantan Rektor Universitas Paramadina ini, pada bulan Ramadhan seringkali diiringi dengan liburan sekolah. Sehingga, akan ada banyak waktu lebih bagi orang tua mendampingi anak-anaknya di rumah. Di samping itu, kata dia, sekolah-sekolah juga kerap menyelenggarakan program pendidikan tambahan. Misalnya, pesantren kilat.

“Yang tidak kalah penting, masjid-masjid di sekitar, agar takmirnya jangan hanya ada untuk para orang tua saja. Buatlah kegiatan untuk anak-anak,” ungkap Menteri Anies Baswedan menyarankan.

Lantaran itu, dia menambahkan, Kemendikbud sangat menganjurkan takmir-takmir masjid untuk mengadakan kegiatan rutin Ramadhan bagi anak-anak usia SD-SMA. Dengan begitu, akan ada lingkungan pendidik, baik di rumah maupun di luar rumah si anak.

 

Sumber : http://aniesbaswedan.com/berita/Ramadan-Kesempatan-Orang-Tua-Didik-Anak-Tentang-Nilai-Agama

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

eryderetu

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0