Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / 4 Cara Membuat Website Sendiri
4 Cara Membuat Website Sendiri
0 Komentar | Dibaca 317 kali

4 Cara Membuat Website Sendiri – Pernah bingung membedakan istilah website dan blog? pada dasarnya, semua yang kamu lihat di internet adalah website. Namun demikian, website tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dan memiliki sebutan khusus tergantung pada fungsinya. Jenis website yang cukup ngetop adalah blog, social media dan toko online. Jadi bisa dikatakan bahwa blog adalah salah satu jenis website yang memiliki fungsi sebagai diary atau buku harian bagi pemiliknya, makanya biasanya tampilan artikel blog biasanya diurutkan berdasarkan tanggal dimulai dari yang paling baru.

4 Cara Membuat Website Sendiri

4 Cara Membuat Website Sendiri

Mengapa Kita Perlu Memiliki Website ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, coba jawab pertanyaan ini: “Mengapa anda ingin membuka toko baru atau kantor baru?” Jawabannya jelas. Karena anda ingin memperbesar bisnis anda! Dalam hal ini, website dapat memberikannya kepada anda dengan biaya yang relatif lebih murah.

Seperti kebanyakan pemilik bisnis yang saya temui, anda mungkin berpikir kalau bisnis anda tidak akan diuntungkan dengan adanya website atau tidak memiliki budget untuk membuat sebuah website. Atau mungkin anda berpikir karena anda tidak menggunakan komputer, maka pelanggan anda juga tidak. Ada salah persepsi disini. Saya ingin bagikan kepada anda beberapa alasan mengapa bisnis anda perlu memiliki Website. Berikut Alasannya :

  • Website akan meningkatkan kredibilitas dari bisnis
  • Website menghemat uang anda
  • Memudahkan pelanggan mendapatkan informasi terbaru
  • Website memungkinkan mencapai target pasar yang lebih luas.
  • Memberikan tempat untuk menunjukan produk anda.
  • Website dapat menghemat waktu anda.
  • Teman atau pelanggan anda dapat mempromosikan anda.

Apa Saja Jenis-Jenis Website

Website merupakan suatu media yang berada di jaringan Internet yang beisi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Di internet, orang bisa memposting apa saja, bebas. Namun sebetulnya sudah ada pengklasifikasian khusus mengenai fungsi dan informasi yang terkandung di dalam website tersebut.

Dilihat dari segi kontennya, website terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. Website Statis
Website statis merupakan website yang isi kontennya tidak dapat diubah secara langsung oleh end-user. Isi dari website hanya bisa diubah oleh orang yang mengerti mengenai bahasa pemrograman atau tools untuk merancang halaman website. Website jenis ini tidak mempunyai basis data, jadi informasi yang disampaikan ditulis langsung ke dalaman sintax. Biasanya website jenis ini dibuat untuk menampilkan informasi yang jarang diupdate misalnya Company Profile.

2. Website Dinamis
Website dinamis adalah website yang isi kontennya sudah termanajemen dengan kata lain, sudah menerapkan sistem Content Management System untuk informasi yang disampaikannya. End-user bisa sewaktu-waktu mengupdate konten pada halaman website tanpa perlu faham sintax ataupun bahasa pemrograman. Melihat dari segi fungsionalitasnya, website seperti inilah yang sekarang banyak digunakan.

Apa Saja Manfaat & Keuntungan Memiliki Website?

Sering muncul pertanyaan bagus, apa untungnya punya website? Apa sih manfaat punya website itu? Begitulah beberapa pertanyaan yang kerap saya jumpai. Nah lewat artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan mengenai apa saja keuntungan memiliki sebuah website bagi sebuah perusahaan

Mengapa website itu penting? Mungkin sudah sangat banyak orang yang tahu betapa pentingnya website. Meski perusahaan Anda sudah punya brosur, sudah pasang iklan di mana-mana, sudah dikenal di masyarakat, tetapi sebenarnya masih butuh website.

Nah inilah beberapa manfaat yang akan didapatkan perusahaan jika memiliki website, di antaranya adalah :

  1. Sarana Penjualan Produk
  2. Mempermudah Komunikasi
  3. Memperkenalkan Profil Perusahaan Anda
  4. Mendatangkan Calon Konsumen
  5. Menjadi Sarana Publikasi Resmi Perusahaan Anda
  6. Branding
  7. Kemudahan Memberi Informasi
  8. Kemudahan Melakukan Polling
  9. Menimbulkan Kesan Profesional
  10. Mencari Partner Baru

Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri?

Maukah Anda Menemukan Rahasia Tersembunyi Bagaimana Cara Membuat Situs Web ( Website ) dengan Mudah dan Cepat dengan Tangan Anda Sendiri ? Jika Iya, Teruslah Membaca…

Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana cara membuat sebuah website. Panduan ini ditujukan bagi para pemula, dan akan menunjukkan langkah demi langkah keseluruhan proses cara membuat website sendiri dari dasar banget. Pada dasarnya, asal kamu udah bisa browsing dan mengetik, maka kamu udah punya modal untuk membuat website sendiri kok.

Tulisan ini merupakan bagian kecil dari berbagai tutorial tentang cara membuat website sendiri yang ada di prothelon.com ini. Untuk melihat keseluruhan tutorial tentang cara membuat website sendiri, kamu bisa klik di sini. Saya juga membuat beberapa link menuju tutorial lain yang terkait untuk memudahkan kamu untuk mempelajari lebih lanjut topik-topik tertentu yang diperlukan. Hampir semua topik itu udah ada di prothelon.com kok. Yuk, kita mulai…

Pada prinsipnya ada beberapa cara untuk membuat website, saya membaginya ke dalam 4 kategori, berikut 4 Cara Membuat Website Sendiri yaitu:

  1. Instan, cara ini adalah cara tercepat, termurah (alias gratis) dan termudah dalam membuat website. Contoh paling mudah adalah menggunakan blogspot, worpress, tokobagus, dll. Cara ini memiliki kelemahan pada tingkat fleksibilitas pembuatan. Kita hanya bisa membuat website sesuai format yang sudah disediakan oleh penyedia layanannya. Silakan baca tutorial cara membuat website menggunakan blogspot atau wordpress ini untuk mempelajari langkah-langkah pemuatannya.
  2. CMS atau Content Management System. Cara ini relatif cepat seperti metode instan, namun memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih dibandingkan cara Instan. Kamu tinggal melakukan instalasi menggunakan software CMS yang sudah disediakan. Kita bisa melakukan perubahan lebih fleksibel dengan menginstal add on pada CMS tersebut. Namun demikian, kamu pada umumnya harus menyediakan nama domain dan hosting sendiri. Contoh CMS adalah Joomla untuk website yang umum, wordpress untuk blog (ya, wordpress memiliki 2 jenis yaitu instan dan CMS), Prestashop untuk toko online, dll. Kamu bisa klik tutorial membuat website CMS WordPress ini untuk mempelajari langkah-langkah pembuatannya.
  3. Framework, cara ini memiliki tingkat fleksibilitas pembuatan yang lebih tinggi, namun kamu harus memiliki kemampuan web programming.
  4. Web Programming. Cara membuat website ini adalah yang paling fleksibel, namun lama dan kamu dituntut untuk memiliki kemampuan web programming. Kalau kamu udah bisa membuat website dengan cara ini, maka pada dasarnya kamu bisa membuat segala jenis website yang kamu inginkan, nyaris tanpa batas. Kalau kamu tertarik untuk mempelajari cara ini, kamu minimal harus menguasai HTML, PHP dan MySQL.

Nah, untuk membuat website dengan metode CMS, Framework dan Web Programming, kamu memerlukan domain dan hosting. Apa tuh maksudnya domain dan hosting? Mari kita pelajari bersama.

Panduan Penting Langkah demi Langkah Membuat Website Sendiri

 

Dapatkan Nama Domain Kamu Sendiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat membuat website sendiri adalah memperoleh nama domain kamu sendiri. Sebuah domain adalah nama yang ingin kamu berikan untuk website yang kamu buat. Untuk memperoleh nama domain, kamu harus membayar biaya sewa tahunan sebagai hak penggunaan nama tersebut. Yah, kamu tahu sendirikan, kalau nama website itu harus unik, dan hanya satu-satunya di internet. Kalau tidak orang pasti akan bingung mana web site punya kamu dan mana website yang milik orang lain. Jadi, di seluruh internet, kamu pasti hanya akan menemukan sebuah website yang alamatnya cuma satu.

Nah, sebelum kamu berpikir macam-macam, perlu saya ingetin bahwa memiliki nama domain bukan berarti kamu sudah memiliki sebuah website. Belum. Ingat, nama domain ini hanyalah sebuah nama. Seperti kamu mendaftarkan ijin usaha sebuah PT atau CV dalam dunia nyata. Memiliki ijin usaha ini bukan berarti kamu memiliki toko atau gudangnya kan?

Silakan lihat tutorial Cara Membuat Website Pemula ini untuk mendapatkan tips memilih nama domain yang baik untuk website anda.

Pilih Sebuah Web Hosting

Langkah berikutnya dalam proses membuat website sendiri ini adalah memilih web hosting. Sebuah web hosting pada dasarnya adalah sebuah perusahaan yang memiliki beberapa komputer yang selalu terhubung ke internet. Jika kamu menempatkan halaman-halaman web kamu di komputer mereka, maka seluruh dunia bisa menghubungi komputer itu dan melihat halaman website kamu. Kamu perlu mendaftarkan diri dulu ke web hosting agar website yang kamu buat memiliki “rumah”. Jika memiliki nama domain bisa diibaratkan dengan memiliki ijin usaha, maka memiliki akun web hosting kira-kira mirip dengan menyewa kantor atau toko untuk bisnis kamu.

Menyewa? Ya, untuk web hosting yang berbayar. Tentu saja kamu bisa memilih web hosting berbayar ataupun yang Web Hosting gratisan. Kamu juga bisa baca tutorial singkat tentang membuat website di hosting berbayar ini.

Gimana? Menarik bukan. Silahkan anda berkreasi dengan website anda sesuai dengan kemampuan. Jadi bagi teman yang baru memulai membuat website di internet, silahkan memilih satu dari 4 Cara Membuat Website Sendiri. Agar lebih jelasnya silahkan di simak video tutorial di bawah ini mengenai Cara Membuat Website Sendiri:

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=9YQFwA9SP-E]

Nah itu dia sobat dedesobirin.wordpress.com sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda semuanya. Jangan lupa untuk membaca juga postingan lainnya terkait Majukan Peternakan Indonesia Bersama ilmuhewan.com dan juga artikel tentang Jolie Jogja Wirobrajan Fashion & Jewelry di Yogyakarta serta postingan lainnya mengenai Cara Membuat Website Sendiri dan yang terakhir ada artikel Pilih Nahwa Untuk Jasa Travel dan Sewa Mobil di Malang. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya. Demikian mengenai 4 Cara Membuat Website Sendiri. Sumber http://ddsobirin.wagomu.id/e4981.html

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Zulkifli

Simple to future, don't be afraid to face this life...
Daftar Artikel Terkait :  5
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0