Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Belajar Mengolah Limbah dengan Mahasiswa Undip
Belajar Mengolah Limbah dengan Mahasiswa Undip
0 Komentar | Dibaca 974 kali
Rezki S. @ekirs
14 June 2016

Saat ini limbah plastik merupakan masalah utama dalam masalah lingkungan yang ada di Indonesia, limbah plastik merupakan limbah yang tidak akan terurai bahkan sampai 100 tahun lamanya, sumber utama dari limbah plastik adalah aktivitas rumah tangga.

Barang-barang rumah tangga banyak menggunakan saset yang berasal dari plastik, aktivitas rumah tangga adalah penyumbang terbesar limbah plastik di Indonesia.

Masalah tersebut coba diatasi oleh mahasiswa Undip melalui program kreativitas mahasiswa (PKM) pengabdian masyarakat yaitu tim Si Pelita yang diketuai oleh Rezki (matematika), dan beranggota Luthfan Abi Hirzi (teknik lingkungan), Indri marlena (teknik lingkungan), Vivi ulfa (instrumentasi dan elektronika), Suttan nur achmad (Fisika).

Tim Si Pelita melakukan pendidikan karakter cinta lingkungan kepada siswa-siswi SDN Sendangmulyo 1 melalui pengenalan superhero penyelamat limbah rumah tangga yang merupakan visualisasi dari olahan limbah rumah tangga yang telah siswa-siswi buat.

Siswa-siswi diajarkan mengolah limbah plastik menjadi barang bermanfaat dan mengandung estetika tinggi, seperti gantungan kunci, lukisan, serta bros.

Siswa-siswi diajarkan membuat media edukasi berbasis pengolahan limbah seperti robot dan roket air, semua alat yang telah dibuat divisualisasikan kepada anak melalui karakter superhero penyelamat lingkungan, hal itu dilakukan dengan tujuan meningkatkan antusias anak dan memudahkan anak dalam mengingat.

Karakter yang ditanamkan merupakan karakter 4C yaitu Cheer, Conscious, care, creative terhadap pengolahan limbah rumah tangga, melalui produk yang telah dibuat.

Produk-produk yang dibuat akan dimaksimalkan dan akan dipasarkan dengan tujuan menanamkan karakter pada anak bahwa sampah bisa dijadikan manfaat bahkan mendatangkan uang

20160528_3062

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

arjun

Alhamdulillah nama saya Arjun ini adalah nama pemberian dari orang tua saya tercinta sejak saya masuk di SD ...
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0