Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Perbedaan PMDK, SNMPTN, Bidik Misi, SMBPTN
Perbedaan PMDK, SNMPTN, Bidik Misi, SMBPTN
0 Komentar | Dibaca 1227 kali

Perbedaan PMDK, SNMPTN, bidik Misi, SMBPTN – Mutu pendidikan yang semakin bagus dan unggul menjadi tujuan pemerintah agar semua anak bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karena itulah bukan hal yang aneh jika semakin lama akhirnya banyak anak yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang D3 atau S1 setelah lulus dari SMA. Untuk kalian yang sedang mempersiapkan diri dan berniat melanjutkan ke jenjang pendidikan universitas, tentu kalian juga harus mengetahui tentang perbedaan bidik misi, snmptn, pmdk, smbptn. Hal ini karena baik SNMPTN, SBMPTN, PMDK, ataupun Bidik Misi akan menjadi pintu masuk menuju universitas pilihan. Bagi kalian yang masih belum familiar mengenai perbedaan bidik misi, snmptn, pmdk, smbptn, tak perlu khawatir.

Berikut adalah ulasan singkat mengenai perbedaan PMDK, SNMPTN, bidik Misi, SMBPTN dari hal tersebut.

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan secara serempak oleh semua perguruan tinggi negeri se-Indonesia. SNMPTN pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008. Istilah SNMPTN sebagai jalur masuk ke perguruan tinggi negeri pilihan kemudian berubah menjadi SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2013. Jika dulu SNMPTN memiliki dua jalur, yakni jalur undangan dan jalur ujian tertulis, maka mulai tahun 2013 hingga saat ini, yang dimaksud SNMPTN adalah mengacu pada jalur undangan. Dengan kata lain, jalur masuk SNMPTN menyeleksi calon-calon mahasiswa dengan berdasarkan pada nilai Ujian Nasional, nilai raport, serta berbagai prestasi akademik lainnya yang dimiliki oleh calon mahasiswa.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi adalah jalur masuk ke perguruan tinggi yang muncul pada tahun 2013. Perbedaan jalur SBMPTN dengan SNMPTN adalah bahwa jalur SBMPTN memang benar-benar murni melihat nilai siswa berdasarkan dari hasil ujian tulis ketika para calon mahasiswa melakukan seleksi. Jadi untuk mereka yang tidak memiliki bakat khusus atau memiliki nilai akademik selama SMA sederajat yang memuaskan, SBMPTN dianggap sebagai seleksi penerimaan mahasiswa baru yang paling adil.  Adapun PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan adalah jalur masuk yang diselenggarakan oleh beberapa Universitas atau institute untuk menyaring calon mahasiswa yang memiliki bakat khusus serta memiliki prestasi akademik yang bagus. Tidak semua universitas membuka jalur PMDK.

Setelah menjelaskan tentang ketiga jalur masuk ke perguruan tinggi di atas, hal lain yang harus diketahui adalah mengenai Bidik Misi. Bidik Misi merupakan program beasiswa yang dicanangkan oleh pemerintah untuk memberantas dan mengurangi jumlah lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi namun kurang mampu secara finansial. Meskipun demikian, bukan hanya mereka yang kurang mampu yang bisa mengikuti atau mendaftar beasiswa ini, namun juga mereka harus memiliki prestasi serta keinginan untuk menyelesaikan jenjang perguruan tinggi apabila mereka lulus seleksi. Biasanya penyelenggaraan pendaftaran beasiswa Bidik Misi dibuka sebelum jalur masuk universitas. Itulah perbedaan bidik misi, snmptn, pmdk, smbptn. [Dapatkan informasi SBMPTN seperti pengumuman sbmptn].

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

indieoska

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0