Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Cara Menambahkan Nama Sekolah atau Lembaga pada Google Maps Sesuai Lokasi yang Diinginkan
Cara Menambahkan Nama Sekolah atau Lembaga pada Google Maps Sesuai Lokasi yang Diinginkan
2 Komentar | Dibaca 50990 kali

Salam buat sobat dan saudara setanah air dan pembaca blogger yang berbahagia…

Sudah lama kami tak online di Siap Wacana karena kesibukan diakhir tahun pelajaran yang lalu serta PPDB diawal tahun pelajaran 2016/2017 ini, hari ini kami sedikit terinspirasi untuk membuat postingan kembali, karena baru saja dapat kiriman email dari admin kemenag kabupaten tentang isian Formulir Verval SP, diakhir isian tersebut adalah mencetak gambar titik kordinat sekolah.

Menembah nama Kantor atau nama sekolah melalui google map akan sangat berguna sekali bagi kita dalam menambah Sistem Informasi dan Manajemen (SIM) pengelolaan sebuah lembaga, baik untuk kepentingan sekolah maupun instansi diatasnya pada pendataan secara cepat, maupun orang lain yang ingin mengetahui keberadaan lembaga kita tersebut.

Tentunya bukan suatu hal yang dirahasiakan malah sebaliknya bahwa keadaan atau tata letak lembaga kita harus diketahui banyak orang baik secara ofline maupun online.

Nama – nama tempat maupun alamat yang jelas bisa kita lihat melalui google maps sekarang ini bukanlah terjadi dengan sendirinya atau ada secara otomatis, akan tetapi pastilah seseorang dulu telah membuat sebelumnya.

Baiklah kami akan sedikit berbagi pengalaman bagaimana cara menambah nama sekolah beserta titik kordinat yang benar melalui sistem online yaitu pada layanan google maps yang tentunya bisa diakses disegala penjuru dunia tanpa ruang dan waktu, sebenarnya cara ini juga sudah umum dan banyak bertebaran dimedia web dan blog master, tapi untuk menambah referensi dan pengayaan tidak salahnya di siap wacana ini juga diterbitkan, baiklah tanpa panjang lebar langsung saja kita mulai pada langkah awalnya:

1. Syarat utama bisa membuat nama tempat di google map harus mempunyai akun googel (Gmail), kalau belum punya silahkan mendapatar  disini

2. Silahkan login Gmail terlebih dahulu, kemudian buka http://google.co.id/maps/

3. Apabila halaman google maps sudah terbuka dalam bentuk tampilan Peta, anda juga bisa beralih pada

tampilan Satelet (Earth) klik segi empat dibagian kiri bawah seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

ScreenHunter_101 Jul. 13 15.03

 

4. Ketik nama tempat wilayah anda pada kolom pencarian sudut kiri atas halaman google maps, misalnya nama Kota Kabupaten/Kecamatan untuk mempermudah pencarian tata letak lembaga yang ingin kita buat namanya, google map otomatis menampilkan wilayah tersebut, klik ZOME pada tanda tambah (+) disudut kanan bawah halaman untuk memperbesar tampilan.
5. Kemudian  ketik lagi nama tempat/lembaga yang ingin anda buat pada kolom pencarian missal: MIN MULIA atau SMPN Rantau, dsb , nah karena nama yang anda ketik belum ada, maka akan muncul dibawah tulisan ” Tambahkan tempat yang belum ada ke Google Maps“, maka langsung klik saja tulisan tersebut untuk menambah tempat yang kita inginkan

ScreenHunter_104 Jul. 13 15.54
6. Isi semua kolom yang ada seperti Nama, Alamat,pilih Katagori ,No.Telepon, kemudian untuk situs web bila belum ada sementara anda bisa buat nama situs web bayangan (rekayasa).

ScreenHunter_105 Jul. 13 15.55
7. Sebelum disimpan betulkan dulu tata letak tempat lembaga anda dengan menggeser pointer bertanda titi merah hitam sesuai dimana terlihat letak lembaga kita berada, seperti pada gambar di bawah ini

ScreenHunter_107 Jul. 13 16.22
8. Apabila sudah dirasa betul letaknya, klik tombol simpan yang ada dibagian bawah kolom yang sudah lengkap kita isi sebelumnya.

ScreenHunter_108 Jul. 13 16.46
Bila berhasil akan ada tulisan seperti dibawah ini, berarti anda telah berhasil membuat nama lembaga anda.
ScreenHunter_108 Jul. 13 16.46
Tapi saat ini nama lembaga anda belum muncul jadi setelahnya tunggu saja email pemperitahuan dari google melalui email anda dalam waktu 2 x 24 jam

ScreenHunter_111 Jul. 13 17.46

 

Demikian cara membuat nama lembaga kita pada google maps, untuk mengedit letak kordinat yang tepat nanti anda bisa langsung masuk ke halaman google map tersebut, kemudian klik menu dibagian sudut kiri/ disamping kolom pencarian, untuk lengkapnya cara pengeditan bisa di lihat pada https://support.google.com/maps/answer/3093979

Kemudian untuk mengetahui titik kordinat/garis lintang lembaga/sekolah kita, klik kanan pada titik letak sekolah kita tersebut, kemudian klik/pilih ” Ada apa disini?”

ScreenHunter_109 Jul. 13 17.29

Maka google map akan menampilkan titik kordinat lembaga anda seperti gambar dibawah ini

ScreenHunter_110 Jul. 13 17.30

 

Terimakasih atas kunjungan sahabat semua, semoga bisa bermanfaat aja…….

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Terdapat 2 Komentar pada "Cara Menambahkan Nama Sekolah atau Lembaga pada Google Maps Sesuai Lokasi yang Diinginkan"

  1. RATNA MULIASI

     |
    August 2, 2016 at 9:42 am

    Mohon bantuan pak, Lokasi madrasah kami justeru bernama gereja injil masehi
    bagaimana cara ubah lokasi tersebut, di lingkungan kami tidak ada gereja, kami ahirnya tidak dapat memasukkan nama madrasah kami di lokasi tersebut, terimakasih

  2. NORIPANSYAH

     |
    August 2, 2016 at 3:35 pm

    Kalau betul nama gereja itu memang tidak ada dn letak titik kordinatnya tepat pada lokasi Madrasah ibu, ibu bs edit saja nama gereja injil masehi itu menjadi nama Madrasah yg diinginkan, caranya sama, buka google maps cari letaknya, ketik nama “gereja injil masehi” kalau ibu belum masuk akun google klik “Masuk” pd sudut kanan atas, selanjutnya klik “sarankan Edit” pada menu sebelah kiri, utk merubah nama yg diinginkn ibu klik Nama: “gereja injil masehi” dimenu tsb,ubah nama gerja tsb sesuai nama Madrasah yg diinginkan, langkh terkhir klik tombol kirim dibawhnya, selesai, tunggu konfirmasi google ae..

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

ARY GUNAWAN

Guru IPA | S1 Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta 2013 | Ikatan Guru Indonesia (IGI) DIY
Daftar Artikel Terkait :  3
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0