Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Perangkat Pembelajaran Guru SD, SMP, SMA, SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016
Perangkat Pembelajaran Guru SD, SMP, SMA, SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016
0 Komentar | Dibaca 3607 kali

rpp lengkap

Kesuksesan seorang guru dalam mendidik siswa atau peserta didiknya sangatlah diharapkan, untuk memenuhi tujuan tersebut diperlukan suatu persiapan yang matang.  Maka dari itu sebelum guru mengajar (tahap persiapan) seorang guru diharapkan mempersiapkan bahan yang akan diajarkan, mempersiapkan alat-alat peraga/parktikum yang akan digunakan, mempersiapkan pertanyaan dan arahan untuk memancing siswa aktif belajar, memahami keadaan siswa, mengetahui  kelemahan dan kelebihan siswa, serta mencari tahu pengetahuan awal setiap siswa, hal tersebut  semua akan diuraikan  pelaksanaannya di dalam perangkat pembelajaran.

Perangkat pembelajaran merupakan suatu perangkat yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun perangkat pembelajaran yang berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, memotivasi siswa untuk berpatisipasi aktif. Apapun jenis kurikulum yang digunakan pada satuan pendidikan suatu kewajiban setiap guru membuat perangkat pembelajaran sebelum mereka menghadapi siswa atau peserta didik di kelas dalam proses belajar dan mengajar. Pada tahun 2016/2017 akan digunakan kurikulum 2013.

kurikulum 2013, k-13, kurtilas tidak diubah menjadi kurikulum Nasional. apapun namanya atau istilahnya hal ini masih terasa sulit bagi para guru untuk memahaminya apalagi untuk menjalankannya. kenapa? padahal sudah sering sekali para guru mengikuti pelatihan atau diklat untuk mempelajari kurikulum ini. para guru dilatih untuk membuat perangkat pembelajaran yang mengarah dan sesuai dengan kurikulum 2013. bahkan para guru sering berdiskusi bahkan berdebat mengenai kurikulum ini.

Baca Juga Tentang: Revisi Final Kurikulum 2013 Tahun 2016

Kebanyakan guru masih belum paham bagaimana cara membuat perangkat pembelajaran dengan kurikulum 2013 karena banyak perubahan pada isi perangkat pembelajaran dan selain itu juga sering dilakukannya revisi pada penyusunan perangkat pembelajaran. belum terlalu paham dengan revisi awal tiiba-tiba ada revisi selanjutnya. para guru banyak mengeluhkan hal ini dan berharap kurikulum ini dibatalkan dan tidak dilaksanakan di sekolah mereka. akan tetapi walaupun guru bersikeras menolak, kurikulum ini akan tetap dilaksanakan meskipun bertahap.

Sebenarnya komponen yang terdapat pada kurikulum 2013 tidak ada bedanya dengan yang ada di kurikulum KTSP. Namun yang membedakan keduanya adalah perubahan yang terdapat pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, hal ini yang menyebaabkan berubahnya penyusunan pada silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada kurikulum 2013. Serta instrumen penilaian pada kurikulum 2013 sedikit lebih rumit karena banyak aspek yang harus dinilai berupa kompetnsi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap serta penilaian dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian hasil belajar siswa.

Baca Juga Tentang: Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Sebagai Pedoman Penyusunan RPP

Bagi guru yang menjadikan pembuatan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 terasa berat dan rumit berikut kami bagikan perangkat pembelajaran kurikulum 2013. hal ini untuk mempermudah para guru yang menganggap hal ini terasa sulit. para guru hanya perlu sedikit mengedit sembari mempelajari perangkat pembelajaran kurikulum 2013. sehingga pada awal tahun pejaran baru nanti para guru telah siap menghadapi siswa baru dan juga dengan perangkat pembelajaran yang siap ditandatangani kepala sekolah.

Demikian artikel yang penulis buat tentang perangkat pembelajaran kurikulum 2013 untuk tahun pelajaran 2013. semoga bisa membantu para guru dan bermanfaat 🙂

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Helmi Irfansyah

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0