Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Perangkat Pembelajaran Guru SD, SMP, SMA, SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016
Perangkat Pembelajaran Guru SD, SMP, SMA, SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016
0 Komentar | Dibaca 6208 kali

rpp lengkap

Kesuksesan seorang guru dalam mendidik siswa atau peserta didiknya sangatlah diharapkan, untuk memenuhi tujuan tersebut diperlukan suatu persiapan yang matang.  Maka dari itu sebelum guru mengajar (tahap persiapan) seorang guru diharapkan mempersiapkan bahan yang akan diajarkan, mempersiapkan alat-alat peraga/parktikum yang akan digunakan, mempersiapkan pertanyaan dan arahan untuk memancing siswa aktif belajar, memahami keadaan siswa, mengetahui  kelemahan dan kelebihan siswa, serta mencari tahu pengetahuan awal setiap siswa, hal tersebut  semua akan diuraikan  pelaksanaannya di dalam perangkat pembelajaran.

Perangkat pembelajaran merupakan suatu perangkat yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun perangkat pembelajaran yang berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, memotivasi siswa untuk berpatisipasi aktif. Apapun jenis kurikulum yang digunakan pada satuan pendidikan suatu kewajiban setiap guru membuat perangkat pembelajaran sebelum mereka menghadapi siswa atau peserta didik di kelas dalam proses belajar dan mengajar. Pada tahun 2016/2017 akan digunakan kurikulum 2013.

kurikulum 2013, k-13, kurtilas tidak diubah menjadi kurikulum Nasional. apapun namanya atau istilahnya hal ini masih terasa sulit bagi para guru untuk memahaminya apalagi untuk menjalankannya. kenapa? padahal sudah sering sekali para guru mengikuti pelatihan atau diklat untuk mempelajari kurikulum ini. para guru dilatih untuk membuat perangkat pembelajaran yang mengarah dan sesuai dengan kurikulum 2013. bahkan para guru sering berdiskusi bahkan berdebat mengenai kurikulum ini.

Baca Juga Tentang: Revisi Final Kurikulum 2013 Tahun 2016

Kebanyakan guru masih belum paham bagaimana cara membuat perangkat pembelajaran dengan kurikulum 2013 karena banyak perubahan pada isi perangkat pembelajaran dan selain itu juga sering dilakukannya revisi pada penyu