Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Waspadai Jaket Kulit Palsu & Kenali Cara Membedakannya!
Waspadai Jaket Kulit Palsu & Kenali Cara Membedakannya!
0 Komentar | Dibaca 275 kali

Siapa yang gak kesal, sudah keluar uang banyak tapi malah mendapatkan barang palsu atau tiruan. Hal inilah yang telah menimpa saya beberapa waktu yang lalu, maksud hati ingin membeli jaket kulit dengan harga yang lebih murah dari seorang penjual jaket kulit keliling dengan mobil namun setelah dicek oleh seorang kawan ternyata barang tersebut adalah imitasi dan bukan terbuat dari kulit asli. Mungkin diantara pembaca juga ada yang pernah mengalami hal serupa seperti saya, karena itu kali ini saya akan membagikan sedikit tips untuk membedakan antara jaket kulit asli dengan yang asli. Tips ini saya peroleh dari seorang kenalan yang juga mempunyai usaha dibidang kerajinan kulit di kota Garut Jawa Barat.  Ok, langsung saja berikut tips mengetahui keaslian jaket kulit :

  1. Harga. Cara pertama untuk mengecek keaslian jaket kulit adalah dengan mengetahui harga pasarannya terlebih dahulu, selalu cek apakah harga yang ditawarkan oleh penjual itu memang wajar dan sesuai harga pasaran. Setiap jaket kulit yang dijual terlalu murah sudah pasti patut dicurigai, jangan sampai seperti kisah saya diatas yang tergiur dengan harga murah tapi malah mendapat produk imitasi.
  2. Beli ditempat terpercaya. Salah satu cara teraman untuk memperoleh barang asli adalah selalu membelinya ditempat yang terpercaya, mereka akan menjaga nama baik karena disitulah tempat usahanya. Dalam kasus saya diatas, karena tergiur harga yang murah saya nekat untuk membeli jaket kulit dari orang yang belum saya kenal sebelumnya, dan bahkan tidak tahu dimana alamat pastinya sipenjual itu. Membeli jaket kulit dari toko yang terpercaya walaupun harganya sedikit lebih tinggi tapi bisa menjamin kualitas barang yang didapatkan, setidaknya anda bisa mudah melakukan komplain jika suatu saat terdapat masalah dikemudian hari. Tempat terpercaya disini bukan hanya terbatas pada toko besar atau di mall-mall namun bisa juga membeli dari pengerajin kulit secara langsung, atau membeli Jaket Kulit dari website yang terpercaya via online.
  3. Cari testimoni. Jika punya kenalan atau sahabat yang pernah membeli jaket kulit asli, anda bisa meminta testimoni mereka dan pengalaman mereka setelah membeli jaket kulit baik dari toko maupun secara online.
  4. Selalu membawa teman. Salah satu cara aman untuk membeli jaket kulit asli adalah selalu membawa teman untuk diskusi, membeli barang sendirian selalu bisa menjadi sasaran empuk pelaku penipuan melancarkan aksinya. Lebih bagus lagi jika teman anda tersebut mengerti sedikit tentang kualitas jaket kulit dan cara membedakannya dengan yang palsu.
  5. Kenali teksturnya. Untuk hal ini memang sedikit susah dilakukan oleh orang awam dan perlu pengalaman dalam meraba jaket kulit yang asli agar tahu mana perbedaan yang asli dan yang imitasi, jaket kulit asli selalu punya kerutan di bagian lipatan seperti area ketiak, karena memang yang digunaka biasanya adalah kulit bagian perut. Sedangkan jaket semi kulit atau imitasi polanya cenderung sama karena memang dibuat dipabrik.
  6. Dicoba/dikenakan. Untuk mengecek keaslian jaket kulit asli bisa dilakukan dengan mengenakannya saat cuaca sedang panas. Jaket kulit akan tetap terasa sejuk berbeda dengan jaket kulit sintetis atau imitasi yang akan terasa gerah saat dikenakan di cuaca panas.
  7. Tes dengan api. Ini merupakan cara yang paling umu digunakan untuk membedakan jaket kulit asli dengan yang imitasi, si penjual biasanya akan melakukan demo dengan membakar permukaan kulit beberapa detik dan kemudian mengatakan jika barang ini asli karena tidak mengelupas seperti produk sintetis. Hal tersebut memang benar namun tidak banyak berguna untuk beberapa produk sintetis/tiruan berkualitas tinggi seperti jaket semi kulit harley, vienna dan korea yang tahan panas. Cara termudah adalah minta sample kulit/sedikit potongan bahan kulit, kemudian bakar sampai benar-benar hangus, jika bahan tersebut memang terbuat terbuat dari kulit asli maka akan menghasilkan abu, berbeda cerita jika hasil pembakaran tersebut menggumpal seperti plastik terbakar, bisa dipastikan adalah kulit sintetis alias palsu.

Demikianlah sedikit tips membedakan jaket kulit yang asli dengan imitasi, semoga bermanfaat. 🙂

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

MASRURO

Guru PAI di SMAN 1 Prambanan Klaten
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0