Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Gadget

Beranda / Gadget / 3D Virtual Reality Glasses Menikmati Dunia Virtual Secara Realistis
3D Virtual Reality Glasses Menikmati Dunia Virtual Secara Realistis
0 Komentar | Dibaca 873 kali
Aris Resdianto @infoweb
29 September 2016

Kemajuan teknologi sekarang ini semakin pesat. Sebentar lagi, Anda mungkin bisa benar-benar hidup di dunia virtual. Setidaknya, sekarang ini Anda bisa mencicipinya dengan menggunakan 3D Virtual Reality Glasses atau lebih sering disebut kacamata VR. Perangkat ini telah menjadi buah bibir banyak orang ketika diluncurkan. Sebagian besar takjub, sementara sebagian lagi berkata miring.

Sekilas, kacamata VR ini terlihat tak jauh beda dari kacamata 3D yang biasa dipakai ketika menonton film di bioskop. Tapi sebenarnya kacamata VR ini memberikan pengalaman yang lebih intens. Dengan menggunakannya, Anda benar-benar seperti ditransportasi menuju ke dunia maya, di mana realitas virtual tersebut mengelilingi Anda. Simulasi ini akan membuat Anda mampu melihat dan mendengar dunia maya seperti dunia nyata.

Tapi apa sebenarnya kegunaan 3D Virtual Reality Glasses ini sendiri? Hal yang paling terlihat adalah fungsinya bagi gamer untuk bermain video game super realistis. Sudah cukup banyak gamer yang mulai mencoba menggunakan kacamata VR ini untuk beberapa game yang mereka miliki. Meskipun jumlah game yang mendukung VR cenderung masih belum begitu banyak, namun ini sudah merupakan perkembangan yang sangat pesat.

Namun kacamata VR ini memiliki manfaat lebih dari sekedar untuk gaming saja. Dengan teknologi ini, maka bidang-bidang berikut ini sangatlah terbantu:

1. Medis dan kedokteran
Para dokter dan ahli medis akan mampu melihat kondisi organ dalam pasien-pasiennya dengan lebih jelas, dan ini bisa digunakan untuk diagnosa yang lebih tepat. Bukan tak mungkin pula, kacamata VR akan membantu para calon dokter untuk belajar simulasi bedah sebelum melakukannya secara nyata.

2. Militer
Kacamata VR ini akan membantu banyak tentara untuk berlatih perang lewat simulasi yang sangat nyata. Biaya untuk latihan juga akan jadi lebih hemat, dan tak ada korban.

3. Simulasi penerbangan
Perangkat VR sangat membantu para calon pilot untuk bisa belajar melakukan simulasi penerbangan tanpa sekolah harus mengeluarkan biaya besar. Pelatihan dengan VR ini juga akan mencegah terjadinya kecelakaan.

4. Otomotif
Perangkat VR ternyata juga digunakan dalam mendesain mobil-mobil baru, seperti mobil Ford. Dengan simulasi ini, para desainer mobil bisa melakukannya dengan lebih akurat.

Meski termasuk teknologi yang relatif baru, sudah ada banyak nama besar yang mengeluarkan perangkat VR ini untuk digunakan publik. Beberapa nama tersebut adalah:

1. Sony Playstation VR (Project Morpheus)
Kacamata VR ini dibuat oleh Sony untuk melengkapi Playstation 4 yang mereka miliki. Dengan LCD 5 inci dan layar OLED 5,7 inci sehingga sudut pandang makin besar, teknologi dari Sony ini termasuk super nyaman.

2. Samsung Gear VR
Kalau Anda memiliki smartphone Galaxy yang paling mutakhir, Anda bisa menggunakan perangkat ini. Lengkap dengan micro USB, layar Super AMOLED, dan kompatibilitas dengan ponsel-ponselnya.

3. Oculus Rift
Pionir VR dengan visual sangat realistis. Perangkat ini akhirnya dibeli oleh Facebook sebesar US$2 milyar. Oculus Rift bisa dihubungkan ke DVD dan laptop/PC, dengan audio visual 3D yang sangat jelas, optik yang bisa memfokuskan mata lebih baik, dan Zero Latency yang mencegah penggunanya terasa mual.

Meskipun sangat menarik, Anda juga harus ingat bahwa 3D Virtual Reality Glasses ini masih merupakan teknologi baru. Jadi masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki serta harganya sendiri masih mahal (kecuali Anda menggunakan Google Cardboard yang harganya hanya Rp100 ribuan). Selain itu, kalau Anda termasuk orang yang mudah mengalami motion sickness, Anda mungkin sebaiknya tak memakai perangkat ini lama-lama.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

MUKHZI

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0