Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Cara menghilangkan komedo dengan cepat
Cara menghilangkan komedo dengan cepat
1 Komentar | Dibaca 889 kali
Imam Fahrudin @imam00701
10 September 2016

cara menghilangkan komedo dengan cepat

image by: dmatxi.com

Selain jerawat, masalah pada kulit yang banyak dialami oleh semua orang terutama ketika di masa muda adalah komedo atau blackhead. Dinamakan blackhead karena bentuknya seperti bintik-bintik hitam di permukaan kulit yang terasa kasar saat disentuh. Komedo biasanya paling banyak muncul di area hidung dan pipi, namun komedo juga bisa muncul pada bagian tubuh lainnya seperti dada dan punggung. Penyebab dari munculnya bintik hitam kasar ini adalah karena penyumbatan pori-pori kulit akibat dari produksi minyak yang berlebihan. Karena pori-pori yang tersumbat, ukurannya akan membesar dan mengalami perubahan warna menjadi hitam karena proses kimia yang terjadi. Meski tidak berbahaya, tapi tetap saja bisa mengganggu penampilan Anda. Lalu bagaimana caranya agar komedo bisa hilang?
Eksfoliasi dengan soda kue dan lemon

Yang menyebabkan pori-pori Anda tersumbat adalah kotoran dari udara dan juga sentuhan tangan ke wajah. Maka untuk menghilangkan komedo tentu dengan menghilangkan kotorannya. Lakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati dengan membuat bahan scrub Anda sendiri. Campur soda kue yang dicampur dengan air perasan jeruk lemon. Bersihkan wajah Anda kemudian oleskan campuran bahan tersebut ke wajah dengan gerakan memutar, terutama untuk bagian wajah yang berkomedo. Jangan gosok wajah terlalu kencang karena bisa menimbulkan luka, lakukan selama kurang lebih 5 menit lalu bilas dengan air bersih.

Masker putih telur
Penggunaan putih telur pad komedo hampir sama dengan cara menghilangkan flek hitam yaitu dengan menerapkannya di area yang terkena. Putih telur tidak hanya memiliki nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk menyingkirkan komedo dengan cara yang aman, namun ia juga bekerja sebagai perekat pori-pori kulit sehingga kulit terasa lebih kencang dan komedo tidak kembali lagi. Caranya adalah dengan mengoleskan putih telurnya saja ke wajah Anda dalam beberapa layer. Layer pertama, oleskan putih telur ke wajah tipis-tipis kemudian tutup dengan selembar tisu bersih, tunggu sampai kering. Setelah masker terasa kering, kembali oleskan putih telur di atas layer pertama dan tutup dengan selembar tisu lagi. Anda bisa menggunakan masker ini hingga 5 layer, namun pastikan tiap layernya sudah kering dan mengeras sebelum menambah layer baru. Tunggu selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Selain itu putih telur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka akibat jerawat dsb.

Bahan-bahan untuk eksfoliasi
Untuk perawatan harian, Anda bisa menggunakan sabun-sabun wajah yang memiliki bahan-bahan untuk menghilangkan komedo. Bahan yang harus ada pada produk sabun muka Anda adalah salicylic acid dan glycolic acid. Bahan lain yang bisa Anda cari pada sabun wajah Anda adalah silikon dioksida, mineral penghilang kotoran, atau ekstrak flaxseed. Bahan-bahan tersebut biasanya terdapat ada sabun anti jerawat yang penyebab masalahnya juga tidak jauh berbeda dengan komedo. Jangan tinggalkan rutinitas membersihkan wajah Anda, terutama untuk yang punya kulit berminyak. Bagi Anda yang punya kulit sensitif, lakukan eksofiliasi dua kali dalam seminggu agar tidak menghilangkan sama sekali kelembaban pada wajah Anda.

Pemilihan produk kosmetik yang benar
Sebagai cara menghilangkan komedo dengan cepat biasanya digunakan nose-strip yang banyak dijual di toko-toko. Nose-strip untuk komedo ini memang bisa menghilangkan komedo namun tidak bisa mencegahnya. Maka dari itu tetap lakukan perawatan kulit rutin Anda, jangan terlalu sering menggunakan nose-strip karena bisa menyebabkan iritasi. Saat sedang memiliki masalah kulit, biasanya wanita justru menggunakan makeup yang bisa menutupinya tanpa cela. Padahal, penggunaan kosmetik yang menutupi pori-pori dengan sempurna membuat kulit jadi tidak bisa bernapas dan memicu pembesaran pori-pori. Oleh karena itu pilih makeup yang ringan dan tidak memblokir jalur pori-pori kulit Anda.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Hanya satu komentar pada "Cara menghilangkan komedo dengan cepat"

  1. Hidayatandhi

     |
    March 3, 2017 at 1:01 pm

    Beginilah

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Jessica Maurel

Toko Obat Diherbal.org yaitu Pusat Penjualan obat-obatan tradisional Terb ...
Daftar Artikel Terkait :  22

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0