Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Etimologi, Histori & Perkembangan Batik Indonesia
Etimologi, Histori & Perkembangan Batik Indonesia
0 Komentar | Dibaca 735 kali

Batik Indonesia ialah satu buah teknik pengerjaan baju dgn corak memakai wax-resist dyeing yg diaplikasikan ke seluruhnya kain. Pengerjaan Batik dilakukan bersama menggambar titik & garis kepada kain memakai canting, atau menempa dgn suatu stempel yg terbuat dari perunggu & dinamakan cap. Adat menciptakan batik sendiri ada di bermacam macam negeri termasuk juga Nigeria, Tiongkok, India, Malaysia, Filipina, & Sri Lanka.

Meskipun demikian, batik dari Indonesia tetaplah yg paling tidak sedikit didapati. Batik Indonesia yg dibuat di pulau Jawa mempunyai histori akulturasi panjang bersama corak berlainan yg terinspirasi dari beragam kultur & ialah yg paling maju dalam sektor corak, teknik, & mutu pelaksanaan. Batik di Indonesia mulai sejak dipercaya dunia sesudah kepada Oktober th 2009, batik Indonesia dipercaya oleh UNESCO yang merupakan Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Akar Peristiwa & Perkembangan Batik di Indonesia

Etimologi, Histori, & Perkembangan Batik Indonesia
Kata “batik” sendiri adalah kata yg berasal dari bahasa Jawa. Ada dua mungkin saja menyangkut darimana munculnya kata ini, di mana salah satunya merupakan dari kata amba (posting) & titik. Barangkali lain yaitu kata ini berakar dari bahasa Proto-Austronesian “beCik” yg berarti utk menato. Awal mula kata batik dalam peristiwa batik Indonesia sendiri muncul di Ensiklopedi Britanika kepada thn 1880 dgn tulisan battik.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SUSANDI,S.Pd.

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0