Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Apa itu #menembuslangit …?
Apa itu #menembuslangit …?
0 Komentar | Dibaca 896 kali
Muh Fahri @fahri7d
24 October 2016

menembuslangit
Menembus langit .com merupakan Proyek kolaborasi untuk menginspirasi Indonesia. Menembus Langit adalah suatu pencapaian baru untuk Indonesia terutama dalam bidang teknologi kedirgantaraan dan kajian ilmu aeronautika.

LATAR BELAKANG

Ekspedisi Menembus Langit akan menjadi suatu pencapaian baru dalam kajian ilmu aeronautika dan teknologi kedirgantaraan di Indonesia. Ekspedisi Menembus Langit diharapkan mampu memacu percepatan teknologi keantariksaan, membantu kajian ilmu aeronautika, dan menginspirasi Indonesia.
Dalam pelaksanaannya, pesawat tanpa awak atau unmanned aerial vehicle (UAV) Ai-X1 diterbangkan dengan balon cuaca ke stratosfer dan akan kembali ke titik awal secara otomatis. UAV Ai-X1 dilengkapi dengan sensor meteorologi untuk mengumpulkan data atmosfer.
Data meteorologi beserta laporan penelitian penerbangan akan diolah dan akan didistribusikan ke Universitas-Universitas terkait aeronautika di Indonesia.

Tim Menembus Langit pun akan mempublikasikan laporan penelitian stratosfer secara terbuka. Dengan ini, harapannya adalah pencapaian stratosfer bisa digunakan oleh masyarakat untuk pencapaian selanjutnya.

Ide dasar Menembus Langit diawali dari kecintaan Dian Rusdiana Hakim terhadap kedirgantaraan dan harapan untuk memberikan inovasi kepada Indonesia. Membuat pesawat tanpa awak produksi Indonesia menuju stratosfer telah menjadi impiannya semenjak 10 tahun yang lalu. Dian Rusdiana Hakim selalu yakin bahwa Indonesia mampu mengembangkan teknologi kedirgantaraan dan kajian ilmu aeronautika.

KOLABORASI

Menyadari besarnya skala dampak dari Menembus Langit, Azhar T. Pangesti dari AeroTerrascan, selaku Program Director Menembus Langit, merasa perlu untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki visi serupa.
AeroTerrascan berkolaborasi bersama Dengan Sengan Hati untuk merumuskan dan mempersiapkan ekspedisi Menembus Langit pada pertengahan tahun 2016.

Ekspedisi Menembus Langit mempunyai harapan untuk bisa menginspirasi Indonesia. Harapan tersebut terus berkembang dan semakin nyata dengan bergabungnya beberapa entitas swasta, entitas pemerintah, dan individu-individu yang siap berkontribusi untuk Menembus Langit dan membuatnya menjadi lebih baik.

DOKUMENTASI

Pengujian Sinyal Telemetri dan Temperatur

Banjaran, Bandung menjadi lokasi pertama pelaksanaan pengujian kekuatan sinyal telemetri dan temperatur.
Selain pengujian kekuatan sinyal telemetri dan temperatur, tim Menembus Langit pun melakukan latihan prosedur pengisian balon cuaca serta tali temali untuk mengikatkan balon cuaca dengan UAV. Pengujian kekuatan sinyal telemetri dilakukan dengan menggunakan bermacam-macam antena. Termasuk salah satunya adalah custom antena yang memiliki sifat high directional.

Sumber : http://www.menembuslangit.com/

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Toko Obat Herbal Online

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  4

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0