Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Gadget

Beranda / Gadget / Layar Sentuh Pada Mobil Tingkatkan Resiko Kecelakaan
Layar Sentuh Pada Mobil Tingkatkan Resiko Kecelakaan
0 Komentar | Dibaca 165 kali
armanfajar @Anonimous
13 October 2016

Nyaris semuanya mobil keluaran paling baru telah dilengkapi monitor sentuh (touchscreen) pada dashboard. Walau berkesan moderen serta dapat memanjakan penumpang, rupanya piranti itu malah dapat jadi sumber petaka.

Gary Rae dari organisasi pemerhati keselamatan berkendara, Brake mengatakan 90 % kecelakaan berlangsung karena perhatian pengemudi teralihkan. Angka itu didapat dari hasil riset yang dikerjakan perusahaan asuransi serta otoritas transportasi Inggris.

 

Menurut dia touchscreen jadi satu diantara aspek yang bikin perhatian pengemudi teralihkan. Terutama piranti itu bisa dikaitkan ke smartphone serta Internet yang berarti terkecuali untuk terhubung peta digital global positioning sistem (GPS) dapat juga untuk berselancar di Facebook, Twitter, ataupun media sosial yang lain.

 

“Sudah terang kalau menghubungkan aplikasi di smartphone ke touchscreen pada mobil dapat mengalihkan perhatian pengemudi sampai punya potensi mengakibatkan kecelakaan. Pabrikan ataupun pihak berkaitan semestinya lakukan pembatasan pada piranti ini, ” ungkap Gary seperti diambil Solopos. com dari Dailymail, Jumat (23/9/2016).

 

Searah dengan pandangan Gary, Institute of Advanced Motorists (IAM) juga menyampaikan mesti ada kiat baru yang diaplikasikan untuk menangani permasalahan yang bisa muncul dari feature touchscreen pada mobil.

 

Hasil riset IAM mengatakan saat pandangan pengemudi teralihkan sepanjang 2, 5 detik saja, mobil dapat melaju sejauh 27 mtr.. Pada jarak itu beberapa hal yang dapat berlangsung, seperti kendaraan di depan mengerem mendadak atau ada pejalan kaki yang menyeberang.

 

Meski sekian pabrikan otomotif mengklaim kalau monitor yang dipasang pada dashboard mobil telah di desain spesial dengan memperhitungkan segi keselamatan. Feature yang dipertunjukkan pada menu manfaat bisa diaktifkan ataupun dimatikan tanpa ada butuh saat lama.

 

Diluar itu sebagian feature juga tak mesti dibuka lewat touchscreen lantaran bisa diaktifkan lewat tombol switch control pada setir ataupun lewat perintah nada (voice command).

 

Sesaat juru bicara Kementerian Perhubungan Inggris menyampaikan negaranya mamiliki jalanan paling aman didunia. Walau demikian ia kembalikan masalah keselamatan semuanya pada pengemudi agar bertanggungjawab atas apa yang dikerjakan sepanjang berkendara.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Open Trip

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0