Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Mengenal Risiko Gadai BPKB Mobil Untuk Pinjaman Dana
Mengenal Risiko Gadai BPKB Mobil Untuk Pinjaman Dana
0 Komentar | Dibaca 543 kali

Semudah apapun pinjaman dana di sebuah lembaga finansial, termasuk pinjaman dana dengan jaminan BPKB mobil, pasti memiliki risiko. Karena itulah, perlu kiranya mengenal risiko jenis pinjaman dana yang Anda ambil agar tetap mendapatkan perlindungan hak sebagai peminjam dari lembaga tersebut.

Gadai BPKB mobil untuk pinjaman dana memang banyak dipilih masyarakat karena prosesnya dirasa lebih mudah dan cepat. Selain pegadaian, bank atau koperasi  lembaga finansial seperti leasing pun menjadi salah satu tempat penyelenggara pinjaman dana dengan jaminan asset, termasuk BPKB mobil. Dengan begitu gencarnya penawaran dan promosi produk pinjaman dana, tak jarang membuat masyarakat tergoda dan lebih memilih jasa gadai BPKB mobil tersebut, padahal diantara jasa tersebut bisa saja masih ada belum jelas izin usahanya. Maka, untuk mencegah terjadinya risiko penipuan, ada baiknya memilih jasa pegadaian yang resmi dengan izin yang jelas mempunyai dasar hukum.

Hal ini penting karena bila Anda mengambil pinjaman dana dari perusahaan gadai yang memiliki izin, maka saat gagal bayar biasanya akan ada proses negosiasi untuk reschedule pinjaman, seperti dengan cara meringankan besarnya angsuran atau memperpanjang jangka waktu pembayarannya. Bukan dengan cara menagihnya melalui debt collector yang akan memaksa Anda untuk membayar cicilan dan bila tidak bisa mereka akan menyita mobil Anda sebab BPKB telah resmi dijaminkan.

Risiko lain bila Anda menggunakan jasa pinjaman dana dari perusahaan yang tidak jelas izinnya adalah adanya tawaran bunga yang begitu rendah sehingga membuat Anda tergiur untuk mengambil pinjaman di perusahaan tersebut. Padahal, biasanya janji ini bentuk pembayarannya dialihkan pada biaya lain yang jika Anda hitung kembali tentu angkanya menjadi tidak wajar. Bahkan hingga melebihi jumlah bunga yang telah ditetapkan pada umumnya.

Dengan mengetahui beberapa risiko tersebut, penting kiranya memilih produk pinjaman dana melalui gadai BPKB mobil yang diselenggarakan oleh perusahaan terpercaya. Untuk itu, Anda perlu melakukan cek dan ricek terlebih dahulu terhadap perusahaan tersebut sebelum mengambil keputusan untuk memilih produknya. Sehingga Anda pun terhin