Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Merangsang Bicara Pada Anak
Merangsang Bicara Pada Anak
0 Komentar | Dibaca 235 kali
armanfajar @Anonimous
18 October 2016

Merangsang Bicara Pada Anak

Komunikasi biacara adalah keharusan bagi setiap anak. Karena bicara adalah sebuah faktor penentu bagi seorang anak untuk bisa berkomunikasi kepada orang lain. Anak mulai bicara pada usia sekitar 6 bulan. Mulai dari 1 sampai 2 suku kata yang tidak jelas. Kemudian bertahap sampai bisa menyebut sebuah kata. Kata yang biasa mereka ucapkan pertama kali adalah orang sekitar mereka seperti ibu, ayah, nenek,kakek dan lain sebagainya.

Namun terkadang ada anak yang sudah mencapai usia bicara namun belum bisa berbicara atau menyebutkan sebuah kata dengan jelas. Sebagai orang tua, tentu hal ini harus kita perhatikan. Karena jika dibiarkan saja, bisa jadi anak kita tidak bisa berbicara dengan jelas sampai mereka besar. Tentu saja hal tersebut akan membuat si anak menjadi minder dalam pergaulan mereka. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda coba untuk melatih bicara pada anak anda :

  • Biasakan berkomunikasi dengan si kecil

Usahakan untuk selalu mengajak berkomunikasi si kecil sedini mungkin meskipun mereka belum bisa mengucapkan sebuah kata dengan jelas. Hal ini diyakini akan mempercepat kemampuan berbicara si kecil. Selain itu, komunikasi yang baik akan menambah kosa kata si kecil sehingga anak kita bisa segera berbicara dengan lancar.

  • Ajari bernyanyi

Nyanyian ternyata bisa merangsang anak untuk mau berbicara tanpa mereka sadari. Sehingga hal ini dirasa sangat baik untuk anak anda yang memang baru belajar berbicara. Ajari mereka lagu atau nyanyian yang mudah mereka hapal. Sehingga mereka bisa bernyanyi sendiri ketika mereka sedang bermain.

  • Ajak bermain

Bermain adalah kesukaan setiap anak. Ketika mereka bermain, adalah saat dimana mereka belajar banyak hal. Salah satu diantaranya adalah belajar berbicara. Anda bisa melatih mereka berbicara dengan menggunakan mainan balita 1 tahun lucu yang bisa anda dapatkan di toko mainan. Mainan ini biasanya adalah mainan yang berwarna mencolok dan mempunyai bentuk yang menggemaskan. rekomendasi mainan balita bisa anda dapatkan dari dokter atau bidan yang sudah anda percayai.

  • Tanggapi setiap ucapannya

Anak yang berusia dibawah 2 tahun adalah saat dimana mereka sedang berusaha mencari perhatian orang sekitar. Berikan perhatian yang lebih kepada mereka dengan berusaha memahami setiap ucapan anak anda. Selain membuat mereka menjadi senang, setiap tanggapan yang anda berikan kepada anak anda, adalah rangsangan yang bisa membuat mereka segera berbicara dengan lancar. Selamat mencoba

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

ENDANG ARTIATI SUHESTI

wanita yang selalu menata hati
Daftar Artikel Terkait :  2
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0