Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Teknologi

Beranda / Teknologi / Red Start OS
Red Start OS
0 Komentar | Dibaca 134 kali
Muh Fahri @fahri7d
12 October 2016

Red Star OS Sistem Operasi Buatan Negara Korea Utara – Pasti jika kalian pernah melihat berita di televisi tentang Negara korea utara pasti kalian pernah mendengar negara ini sangat terkenal dengan sistem negaranya yang otoriter. Bukan itu saja Korea utara juga dikenal sebagai Negara yang memiliki banyak kontroversi salah satunya adalah isu tentang nuklir dan juga sebagai Negara yang menutup diri dari Negara lain di dunia. Namun di balik semua itu ketika kita melihat ke dunia komputer yang ada di Negara Korea Utara pasti kita akan kaget bahwa di Negara tersebut sudah mempunyai sistem operasinya sendiri yang di buat di negara mereka dan juga akan di gunakan oleh seluruh penduduk yang ada di Negara Korea Utara yaitu bernama Red Star OS.

Red Star OS adalah sistem operasi buatan Korea Utara yang memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Mac OS X. Sistem operasi Red Star OS mengusung tampilan desktop yang sangat mirip dengan Mac OS X. Terlihat bahwa desktop Red Star OS memilik dock dan menubar yang memiliki fungsi sama dan penampilan yang mirip dengan Mac OS X. Kabarnya, sistem operasi Red Star OS adalah sistem operasi yang resmi di Negara Korea Utara sehingga Red Star OS digunakan oleh komputer di seluruh negara tersebut dan juga dengan penduduknya.

Sedikit Gambar dari Sistem Operasi Red Star

1. Layar awal waktu Red Star OS saat booting
Seperti ini lah cuplikan gambar saat Red Star OS saat booting cukup sederhana sekali dengan background berwarna abu-abu dan juga ada tulisan yang berwarna merah mungkin itu bertuliskan Red Star OS ya bercanda kang dan saya juga tidak dapat mengartikan tulisan tersebut heheheh.
2. Halaman Login Red Star OS
Red Star OS Sistem Operasi Buatan Negara Korea Utara
Sama halnya dengan distro Linux yang lainnya tampilan login dari Red Star OS pun tidak jauh berbeda dengan halaman login dari distro Linux.
3. Desktop dari Red Star OS
Red Star OS Sistem Operasi Buatan Negara Korea Utara
Terlihat tampilan dari Red Star OS yang mirip dengan sistem operasi Mac OS ini dengan ada dock di bawah menjadi nilai tersendiri dari Red Star OS selain itu juga tampilannya yang bagus.
4. Mempunyai Office sendiri untuk membuat dokumen
Red Star OS Sistem Operasi Buatan Negara Korea Utara
Sama halnya dengan Windows yang mempunyai Microsoft Office, Red Star OS juga memiliki aplikasi office sendiri namun dari situs yang saya baca tidak ada keterangan nama dari aplikasi office ini.
5. File Manager Red Star OS
Red Star OS Sistem Operasi Buatan Negara Korea Utara
Setiap sistem operasi sudah pasti terdapat fitur File Manager yaitu untuk mengakses dokumen, data-data dan folder lain-lain. Begitu juga dengan Red Star OS mereka mempunyai File Manager yang mirip dengan File Manager “Finder” yang ada di Apple.
6. Web Browser Red Star OS
Red Star OS Sistem Operasi Buatan Negara Korea Utara
Seperti halnya dengan distro Linux yang sudah mempersiapkan browser default untuk beraktifitas di internet begitu juga dengan Red Star OS yang memiliki browser defaultnya yang bernama “Naenara” yang secara tampilannya mirip dengan browser firefox.
7. Pengaturan Desktop Red Star OS
Red Star OS Sistem Operasi Buatan Negara Korea Utara
Ini dia pengaturan desktop dari Red Star OS yang berfungsi untuk mengatur apa saja yang ada di desktop yang ingin di tampilkan dan juga ada beberapa wallpaper yang sudah default berasal dari Red Star OS.
Itulah sistem operasi resmi yang digunakan di Negara Korea Utara saya juga tidak tahu apakah seluruh penduduk di Negara Korea Utara menggunakan Red Star OS atau tidak yang terpenting inilah keistimewaan dari Negara Korea Utara yang berani membuat sistem operasi yang nantinya akan di pakai oleh warga negaranya jadi penduduk di negara tersebut. Semoga saja Negara tercinta ini bisa meniru apa yang di lakukan oleh Negara Korea Utara dalam menggunakan sistem operasi.
Sekian artikel mengenai Red Star Sistem Operasi Buatan Negera Korea Utara semoga bermanfaat bagi saya dan juga bagi anda terima kasih sudah berkunjung di iyungtux dan terima kasih banyak sudah membaca artikel ini.
source : http://www.iyungtux.web.id/2015/01/red-star-os-sistem-operasi-korea-utara.html
Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Helmi Irfansyah

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0