Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Seni Budaya dalam Dunia Pendidikan
Seni Budaya dalam Dunia Pendidikan
0 Komentar | Dibaca 878 kali

Contoh Artikel Singkat Tentang Pendidikan Seni dan Budaya       Dimensi Seni dan Budaya dalam Dunia Pendidikan .
Seni adalah sebuah kata  yang semua orang pasti mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon  kata Seni berasal dari kata “Sani” yang artinya “jiwa yang luhur/ketulusan jiwa. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah art (artivisial) yang artinya barang/karya dari sebuah kegiatan.

Budaya
adalah cara hidup suatu bangsa atau umat budaya dan dilihat sebagai pancaran ilmu dan pemikiran yang tinggi dan murni dari sesuatu bangsa atau untuk menyatukan kehidupan berasaskan peradaban.

Sedangkan
pendidikan adalah usaha sadar dan terencana dalam membantu manusia untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya agar manusia mampu mengemban tugas yang diberikan kepadanya.
Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa seni dan budaya memiliki peran penting dalam sebuah pendidikan. Tanpa adanya seni dan budaya, seorang pendidik tidak akan maksimal dalam mendidik peserta didiknya. Karena seni dan budaya adalah jalur paling mudah dalam membentuk karakter seseorang. Sebagai seorang mahasiswa sangat perlu pendidikan seni dan budaya ini, karena biarpun gaya kalau tidak mengenal seni dan budaya sama saja hidupnya akan monoton.
Menurut mahasiswa yang berinisial (R) “Seni dan Budaya itu katrok (kampungan/norak) karena sudah tidak zaman lagi memakai kebaya, menari tari tradisional, kan itu sudah “jadul”(kuno) (ucap mahasiswa ini). Memang seni dan budaya adalah warisan leluhur, tapi bukan berarti jadul! Tugas kita untuk melestarikannya, malah yang tidak acuh terhadap seni dan budaya itu yang katrok Maunya “Rok Norok” orang Barat. (“Rok norok” bahasa madura yang bermakna hanya ikut-ikutan)
“Jangan hanya berintelektual saja, Kesenian juga butuh untuk menyatukan emosional antar personal.”
Kemarin pada tahun 2007-2012 Seni dan Budaya di Negara kita hampir punah, kehilangan Eksistensinya. Tahun sekarang Seni dan Budaya dimensinya sangat besar didalam pendidikan. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 32 ayat 1 yang berbunyi “Negara memajukan kebudayaan Nasional Indonesia ditengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam  memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.”
Hingga pada saat ini Seni dan Budaya banyak diterapkan disekolah sampai perguruan tinggi diantaranya ekskul teater, music, tari, dll. Juga perguruan-perguruan tinggi yang mulai dikhususkan untuk pendidikan Seni dan Budaya sendiri.
Tidak hanya itu, kalau kemarin-kemarin kitasering ikut aksi didepan gedung DPR yang berakhir anarkis alangkah baiknya jika sekarang aksinya dengan mencipta karya. Mencipta atau membaca puisi kek, nyanyi kek, atau melukis namun sesuai dengan tema aksi.Yang seperi itulah lebih diapresiasi oleh pemerintah.
Jadi sangatlah erat hubungan seni dan budaya dengan pendidikan, jangan pernah menganggap seni dan budaya hanyalah sesuatu yang tidak penting kita pelajari. Tapi terus tanamlah seni dan budaya dalam jiwa kita dengan terus Berkarya.

Source by : http://komunitasseni-iain-j.blogspot.co.id/2016/05/contoh-artikel-singkat-tentang-pendidikan-seni-budaya.html and https://www.youtube.com/watch?v=X572RXw-B8g

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

POPOH HAPADOH

Senang bergaul, humoris, tapi kadang suka kebablasan juga sih. ya......kadang-kadang suka nyanyi juga, kei ...
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0