Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Peran dan Fungsi Penting Manajemen SDM
Peran dan Fungsi Penting Manajemen SDM
0 Komentar | Dibaca 977 kali
Tri Haryadi @talk
19 November 2016

Bagi seorang manajer dari sebuah perusahaan, pastinya tak jauh dari tugas manajemen kerja yang terbaik demi kejayaan dari instansi bersangkutan. Adanya manajemen SDM ini dimaksudkan untuk mengatur dan mengontrol setiap operasional sumber daya manusia yang ada. Satu personal dan lainnya dapat bekerja sesuai kualifikasi dan tujuan pun tercapai dengan pasti. Pengelolaan ini nantinya akan difokuskan pada visi misi dan juga spesifikasi lain agar setiap SDM yang dimiliki dan yang akan disaring benar-benar sesuai dengan kualitas yang dimaksudkan.

Dikarenkan begitu pentingnya peran manajemen dalam suatu perusahaan, untuk mempermudah pengelolaannya kini mereka yang memiliki posisi dalam manajerial bisa menggunakan software payroll & aplikasi hr gratis dari Sleekr yang bisa digunakan dengan mudah untuk mengatur beberapa fungsi penting perusahaan. Adapun fungsi-fungsi tersebut antara lain ialah:

• Membantu merencanakan setiap program yang akan diambil, begitu pula dengan setiap keputusan terbaik untuk menindaklanjuti setiap operasional yang dihadapi.
• Menjadikan proses seleksi dari setiap calon karyawan lebih detail dan memenuhi standard yang ada.
• Mempermudah penyaringan tenaga kerja baru sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan.
• Mendukung kelancaran dan ketepatan dalam program training, khususnya bagi karyawan baru.
• Mempermudah proses evaluasi operasional kerja lebih teratur dan dapat menindaklanjuti dengan kemajuan. Begitu pula dalam menyelesaikan permasalah bilamana ditemui.
• Memberikan bentuk kompensasi yang tepat kepada setiap karyawannya, entah itu secara langsung maupun tak langsung.
• Memelihara sekaligus meningkatkan operasional kerja.
• Menjadikan setiap keputusan dapat lebih adil, termasuk dalam pemutusan hukuman, hingga pemutusan kerja.

Begitu pentingnya sebuah manajemen SDM untuk kemajuan dari perusahaan.Ini semua menjadi tanggung jawab dari seorang manajer dalam memutuskan dan bertindak dalam mengelola anak buahnya. Agar proses pengontrolan ini lebih optimal, terdapat beberapa faktor yang dapat diperhatikan karena cukup mempengaruhi pengelolaan manajemen kerja. Faktor-faktor yang memberikan pengaruh itu antaranya ialah:

• Faktor pembiayaan.
• Faktor pendidikan.
• Faktor keterampilan.
• Faktor kultural.

Terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi adanya manajemen kerja di sebuah perusahaan.SDM yang sudah seperti objek dari pelaksanaan di setiap kerjaan yang ada, tentu harus bekerja sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang diinginkan. Deskripsi tersebut telah dikontrol oleh pihak manajemen guna mencapai tujuan kerja. Pengaturan demikian ini berlaku untuk semua bidang yang menjadi tanggung jawabnya. Seperti pada pekerja secara personal hingga kelompok yang bekerja dalam jalur tak sama tetapi bermaksud untuk mencapai visi misi perusahaan secara bersamaan.

Secara pastinya tiap-tiap pekerja tak selalu mempunyai tugas yang sama, tetapi nantinya dimaksudkan untuk mencapai hasil sukses yang tak jauh berbeda. Kontrol dan pengelolaan berbagai sistem ini nantinya dapat diatur oleh sang manajer dan di distribusikan ke berbagai divisi yang ada, seperti divisi akunting dan pembukuan, HRD/HCM, General Affair, dan berbagai divisi lainnya yang menjadikan integrasi SDM menjadi lebih optimal. Satu jangkauan dan lainnya saling memberikan operasional kerja yang efektif, efisien dan maksimal. Sehingga setiap pekerjaan dan tanggung jawab yang ada tak terbuang sia-sia ataupun nihil.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Tania Bae

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  22
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0