Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
0 Komentar | Dibaca 145 kali
Dede Sobirin @dedesobirin
17 November 2016

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan – PT Pertamina (Persero) memperoleh penghargaan untuk kategori Asia’s Best CEO, CFO, Environmental Responsibility, Corporate Social Responsibility, Investor Relations Company, dan Investor Relations Professional, dalam acara Asian Excellence Recognition Awards yang diadakan oleh New Initiative Media Limited. Sebanyak empat unit bisnis PT Pertamina
(Persero), yaitu AGH Kamojang, PT Badak NGL, TBM Rewulu, dan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai memperoleh PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Tentang PERTAMINA

 

PT Pertamina (Persero) diberi penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas upayanya mengelola dan mengendalikan gratifikasi dengan baik di antara BUMN di Indonesia. Pertamina (dahulu bernama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara) adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Pertamina masuk urutan ke 122 dalam Fortune Global 500 pada tahun 2013.

Pertamina pernah mempunyai monopoli pendirian SPBU di Indonesia, namun monopoli tersebut telah dihapuskan pemerintah pada tahun 2001. Perusahaan ini juga mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun.

pertamina

pertamina

Pertamina adalah hasil gabungan dari perusahaan Pertamin dengan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. Penggabungan ini terjadi pada 1968. Direktur utama (Dirut) yang menjabat dari 2009 hingga 2014 adalah Karen Agustiawan yang dilantik oleh Menneg BUMN Syofan Djalil pada 5 Februari 2009 menggantikan Dirut yang lama Ari Hernanto Soemarno.

Pelantikan Karen Agustiawan ini mencatat sejarah penting karena ia menjadi wanita pertama yang berhasil menduduki posisi puncak di perusahaan BUMN terbesar milik Indonesia itu. Karen Agustiawan mengundurkan diri sebagai Dirut pada 1 Oktober 2014 dan menjadi dosen guru besar di Harvard University, Boston, Amerika Serikat.

Selanjutnya pada 28 November 2014, Presiden Joko Widodo memilih Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Ia menggantikan Karen Agustiawan yang mengundurkan diri

Kegiatan Pertamina dalam menyelenggarakan usaha di bidang energi dan petrokimia, terbagi ke dalam sektor Hulu dan Hilir, serta ditunjang oleh kegiatan anak-anak perusahaan dan perusahaan patungan.

Pada tahun 2013, Pertamina menempati peringkat 122 dari 500 perusahaan terbaik dunia versii Fortune Global.

Visi dan Misi Pertamina

Visi :

  • Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia.

Misi :

  • Menjalankan usaha minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat (Pertamina, 2012).

Keunggulan PERTAMINA

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan sebagai perusahaan energi nasional kelas dunia memiliki keunggulan-keunggulan, diantaranya yaitu :

  1. Mengoperasikan bisnis yang terintegrasi dari hulu hingga hilir, menjadikan Pertamina sebagai Perusahaan yang mampu menghadapi persaingan kelas dunia.
  2. Melakukan inovasi Pertamina tanpa henti, yangdibuktikan melalui Continuous Improvement Program (CIP) dengan value creation Rp8 triliun tahun 2014.
  3. Memiliki wilayah operasi blok migas internasional di Asia Tenggara, Afrika, dan Timur Tengah.
  4. Memenuhi standar kelas dunia, yang dibuktikan dengan mengurangi drilling time dan rig moving, pengeboran
    lebih cepat 311 hari dari yang ditargetkan di lapangan Banyu Urip, Blok Cepu.
  5. Mengembangkan teknologi eksplorasi, produksi minyak dan gas serta panas bumi sesuai kondisi geologis, topografi dan sosial Indonesia, dengan melibatkan perguruan tinggi.
  6. Memiliki kemampuan meningkatkan produksi migas sebesar 3% di Indonesia untuk periode 2010-2013 ketika operator lain mengalami penurunan.
  7. Menjaga keseimbangan ekonomi, sosial dan lingkungan, yang diwujudkan dengan memperoleh 4 PROPER Emas dan 42 PROPER Hijau tahun 2014, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta penghargaan dalam dan luar negeri.
  8. Mengoperasikan Very Large Gas Carrier (VLGC) terbesar di dunia, yaitu Pertamina Gas 1 dan Pertamina Gas 2 dengan kapasitas masing-masing 84.000 CuM.
  9. Memiliki infrastruktur dan jaringan distribusi memadai dan terintegrasi, didukung oleh 8 Marketing Operation Region, 557 unit Stasiun Pengisian Bulk Elpiji, 62 unit Depot Pengisian Pesawat Udara, 21 unit Terminal LPG, 3 unit LOBP, 109 unit Terminal BBM, 5.155 unit SPBU, 25 unit SPBG, 1.624 unit jalur Pipa Gas, 192 unit Kapal Tanker, 14 unit STS, 135 Terminal Khusus, 214 Dermaga, 19 unit SPM, 12 unit CBM dan 6 unit Pengolahan.
  10. Menyediakan energi secara luas bagi kehidupan manusia dengan tetap berkontribusi positif terhadap planet bumi, seperti program pengurangan emisi CO2 dan program menabung 100 juta pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap pemanasan global (global warming) dan kelestarian lingkungan.

RENCANA JANGKA PANJANG PERUSAHAAN

Aggressive Upstream dan Profitable Downstream, merupakan payung besar strategi Pertamina untuk mewujudkan visi Pertamina menjadi Perusahaan energi kelas dunia yang tertuang dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) 2012-2016 PT Pertamina (Persero), dengan tiga pilar strategi utama:

  • Meningkatkan cadangan dan produksi energi sektor hulu, dengan cara:
  1. Meningkatkan cadangan dan produksi migas secara organik melalui kegiatan eksplorasi serta pengembangan dan optimasi produksi.
  2. Meningkatkan cadangan dan produksi anorganik melalui akuisisi yang berfokus pada lapangan produksi.
  • Menjadi pemain gas, energi baru dan terbarukan yang terkemuka dan terdepan di seluruh value chain sektor gas, dengan cara:
  1. Meningkatkan intensitas kegiatan usaha sektor niaga gas.
  2. Meningkatkan usaha energi baru dan terbarukan di Indonesia dan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan kelas dunia merealisasikan proyek-proyek yang memiliki kelayakan komersial.
  3. Meningkatkan produksi dan cadangan geothermal.
  4. Mengembangkan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi Gas Metana Batubara (GMB), shale gas dan potensi energi baru dan terbarukan lainnya secara selektif.
  • Selain ketiga pilar strategi utama, Rencana Jangka Panjang Perusahaan didukung oleh strategi-strategi operasional.
Produk-Produk PERTAMINA

Pertamina mempunyai berbagai produk yang telah beredar di seluruh Nusantara yang terdiri dari:

  • Pelumas
  • Petrokimia
  • Gas
  • Non BBM
  • Bahan Bakar Subsidi
  • Bahan Bakar Khusus (BBK)
  • Bahan Bakar Minyak (BBM)

Produk Pertamina Untuk Konsumen diantaranya adalah :

  1. Pertalite
  2. ELPIJI 3 Kg
  3. ELPIJI 12 kg
  4. Bright Gas 220 Gram
  5. Bright Gas 5,5Kg
  6. Bright Gas 12 kg

Jenis bahan bakar apa yang digunakan pada sepeda motor pada umumnya? Premium, Pertamax atau Pertamax Plus? Mungkin pengendara juga masih bingung di antara ketiganya, dan lebih memlih Premium karena faktor harga yang relatif lebih murah dari bahan bakar lainnya, tanpa memperhatikan kondisi mesin dan kebutuhan dari mesin pada motor.

Secara teknis, pilihan akan menggunakan bahan bakar jenis apa tergantung dari pada rasio kompresi yang dimiliki pada motor. Rasio kompresi ini merupakan rasio atau perbandingan kompresi atau tekanan yang akan terjadi ketika piston naik dan piston turun ( TMA dan TMB ).

Rasio kompresi ini tidak perlu di hitung sendiri, karena pabrikan – pabrikan motor pasti sudah pasti merilis rasio kompresi dari motor-motor yang dijual di dalam brosur. Dan biasanya pula, pabrikan akan memberikan rekomendasi jenis bahan bakar yang wajib diisikan ke dalam tanki bahan bakar.

KONTAK PERTAMINA

Alamat Kantor Pusat
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110
Telp  : 1 500 000
Email : pcc@pertamina.com

PT PERTAMINA (PERSERO) menerima setiap telepon dan email dari masyarakat umum yang meminta penjelasan tentang penawaran (kerjasama) bisnis, tawaran kerja, undian berhadiah dan pemberian uang. Untuk itu berhati-hatilah dan selalu waspada ya terhadap penipuan yang tidak bertanggung jawab.

Nah itu dia sobat http://wacana.siap.web.id/author/dede-sobirin sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Jangan lupa baca juga postingan sebelumnya terkait staedtler pensil terbaik untuk anak dan juga ada postingan mengenai Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum. dan yang terakhir ada postingan mengenai Tips Memilih Jasa Logistics Terpercaya di Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya. Demikianlah tentang Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

DARYAMAN

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0