Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Proses Pembuatan dan Produksi Jaket Kulit Asli Garut
Proses Pembuatan dan Produksi Jaket Kulit Asli Garut
0 Komentar | Dibaca 373 kali
reza @rezars
18 November 2016

Produksi jaket kulit asli Garut dari pasar lokal hingga ke mancanegara. Tidak heran jika Garut menjadi daerah terkenal penghasil jaket kulit berkualitas.

Garut, merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan makanan khas yaitu Dodol. Tapi, tahukah Anda jika produksi jaket kulit asli Garut juga sangat populer? Selain desain yang keren dan gagah, jaket ini memiliki bahan yang tidak mudah menyerap air sehingga nyaman digunakan untuk para pengendara motor.

 

Inilah Proses produksi Jaket Kulit Asli Garut

Dalam proses produksi jaket kulit asli Garut, ada beberapa proses yang dilalui agar mendapat jaket yang bagus dan berkualitas.

Pertama proses penyamakan, yaitu dengan mengambil kulit binatang kemudian dilakukan penyamakan dengan pencucian kulit binatang, pengeringan, pencabutan bulu dan pengawetan. Biasanya, binatang yang biasa diambil kulitnya yaitu domba dan sapi. Hanya saja ada beberapa produsen yang menggunakan kulit sintesis sebagai bahan utama pembuatan jaket kulit. Proses kedua yaitu pewarnaan, biasanya dalam pewarnaan ini menggunakan warna coklat atau hitam. Ketiga yaitu proses pembuatan pola desain, di zaman yang modern ini sudah menggunakan software untuk mempercepat proses pembuatan. Tetapi, masih ada beberapa pengrajin yang menggunakan tangan untuk proses desain.

Kemudian dilanjutkan dengan proses penjahitan, biasanya pada proses ini digunakan mesin jahit secara manual atau bisa dilakukan secara konveksi untuk produksi Jaket Kulit Asli Garut ini dalam skala besar. Keterampilan dalam menjahit juga sangat diperhatikan karena dapat mempengaruhi hasil dan kenyamanan jaket tersebut. Kemudian proses terakhir adalah proses pemolesan jaket. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran atau noda selama ketika memasuki tahap produksi dan membuat jaket  tampak mengkilap.

Saat ini, jaket kulit Garut telah memasuki sektor industri yang tergabung dalam 417 unit usaha formal dan non formal dan tenaga kerja yang diserap dalam produksi ini adalah sekitar 3000 orang. Dalam produksi ini tercatat pada industri perdagangan Garut ada 50.000 potong jaket kulit mulus dan 200.000 potong jaket kulit sambung. Peminatan jaket kulit ini semakin tinggi sehingga produksi ini sudah melebarkan sayapnya ke kota besar seperti Jakarta dan Bandung serta beberapa daerah lainnya yang tersebar di Jawa Tengah, Sumatra dan Bali. Namun, dalam produksi ini ada hambatan yang dialami oleh pengrajin jaket kulit yaitu teknologi pengolahan yang modern dan lemahnya pengendalian kualitas sehingga dapat mempengaruhi citra komoditas dan pengrajin tersebut. Hingga saat ini, sentra penjualan jaket kulit Garut berada di desa-desa di sekitar kecamatan Garut Kota.

Artikel Terkait: Bahan Jaket Kulit Asli Garut

Ternyata, produksi jaket kulit asli Garut ini telah diekspor ke negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, Australia dan lainnya. Dari segi kualitas, jaket ini tidak kalah berkualitas dengan jaket-jaket kulit dengan berbagai model ternama. Jadi, jika Anda berkunjung ke daerah Garut jangan lupa untuk membeli jaket kulit khas Garut ini.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Tri Haryadi

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  11
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0