Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Sejarah Hari Guru Nasional 25 November
Sejarah Hari Guru Nasional 25 November
0 Komentar | Dibaca 944 kali

Wacana.sukaWebID. Tahu Anda bahwa menjelang akhir November merupakan dimana hari jadi guru-guru Indonesia. Ya, atau lebih tepatnya Hari Guru Nasional. Tapi, tahukah Anda sejarah hari guru nasional 25 November?. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994, 25 November adalah Hari Guru Nasional. Di satu hari yang sangat spesial ini para guru mendapatkan perhatian lebih. Karya mereka diapresiasi, perjuangan mereka diakui dan juga kesejahteraan mereka juga sangat diperhatikan.

Sejarah Hari Guru Nasional 25 November

Pengakuan hari guru nasional sendiri memiliki sejarah dan juga lila liku yang panjang dalam sejarah terbentuknya ini. Jiuka menilik dari sejarah dan catatan masa lalu, momentum ini bermula saat perjuangan para guru di tanah air melalui organisasi yang dibentuk bernama guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912.

Pada masa kolonial belanda, organisasi unitaristik ini beranggotakan para guru bantu, guru desa, kepala sekolah dan juga penilik sekolah yang mempunyai satu visi dan pandangan. Pada umumnya mereka memiliki tugas di sekolah desa dan juga sekolah rakyat angka dua. Di masa yang sama, berkembang juga organisasi guru dengan beragam latar belakang seperti keagamaan, kebangsaan dan juga lainnya.

Berawal dari sinilah kesadaran bangsa dan semangat perjuangan kian muncul dan memuncak. Keduanya mendorong para guru pribumi untuk memperjuangkan persamaan hak dan posisi dengan pihak kolonial belanda.

Secara bertahap jabatan kepala HIS yang dahulu dipegang oleh orang belanda mulai diambil alih oleh orang pribumi. Dan pada masa ini juga terbitlah cita – cita guru yang mempunyai kesadaran bahwa perjuangan para guru di indonesia tidak lagi tentang perbaikan nasib maupun kesamaan hak dan posisi dengan belanda, namun juga mengenai tentang perjuangan nasional untuk memerdekakan bangsa bernama Indonesia.

Pada zaman Jepang, Persatuan guru Indonesia dibungkam dan sekolah dilarang untuk melakukan aktifitas. Barulah setelah kemerdekaan 17 agustus 1945, PGI kembali menggeliat dengan aksi dan program kerjanya. Kongres guru yang diadakan pada tanggal 24 – 25 November 1945 di surakarta membuahkan hasil.

Serupa dengan sumpah pemuda, semangat persatuan mendasari pelaksanaan kongres guru Indonesia. Para peserta kongres pun sepakat menghapus semua organisasi dan kelompok guru berlatar perbedaan tamatan, lingkungan dan juga perbedaan lain . inilah cikal bakal bersatunya guru – guru yang aktif mengajar, pensiunan yang aktif berjuang dan pegawai pendidikan yang dibentuk.

Mereka pada akhirnya menginisiasi kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ) pada tanggal 25 November 1945 dan sejak itulah pemerintah menetapkan hari lahir PGRI menjadi Hari Guru Nasional dan momentum penghormatan kepada pahlawan tanpa tanda jasa tersebut.

Bagaimana? Cukup dimengerti bukan artikel ini? Ya, menjelang akhir November, dimana Kita memperingati Hari Guru. Ingat di tanggal tersebut yah. Jangan sampai kita melupakannya. Betapa penting guru-guru di muka bumi ini.

Terakhir kalimat, terimakasih sudah menyita waktunya untuk mendapat sedikit info ini dengan judul sejarah hari guru nasional 25 November. Sekali terimakasih. Salam hormat.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

ALI MURSYID

Belajar dan mengajar sesuai tuntunan Q.S. 58 : 11 dan Q.S. 9 : 120 dan Sunnah Nabi melalui hadits yang terd ...
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0