Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / 5 Tips Untuk Memudahkan Kamu Lulus TPA
5 Tips Untuk Memudahkan Kamu Lulus TPA
0 Komentar | Dibaca 663 kali
Benben @benben
18 December 2016

Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan salah satu tes yang sering diselenggarakan oleh universitas guna mengukur kemampuan dasar calon mahasiswanya. Tes ini melingkupi beberapa tes yakni tes kemampuan bahasa atau sering disebut tes verbal, tes kuantitatif yang identik dengan operasi hitung menghitung, tes logika (penalaran), serta tes mencocokkan gambar.

Terkesan sederhana, namun sebenarnya tes TPA tidak semudah yang dibayangkan. Perlu latihan terlebih dahulu mengingat kecepatan Anda dalam mengisi soal juga bisa menentukan berapa score yang akan Anda dapatkan. Oleh karena itu, lakukan cara yang tepat agar lulus tes TPA, seperti dengan melakukan 4 cara jitu lulus TPA berikut ini:

1.Biasakan Diri Anda dengan Soal-soal TPA Minimal 1 Bulan Sebelum Tes

belajar-menjelang-ujian

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar lulus TPA adalah dengan membiasakan diri mengerjakan soal latihan TPA minimal satu bulan sebelum tes. Sesibuk apapun, usahakan Anda berlatih mengerjakan soal TPA setidaknya 1-2 jam minimal per harinya.

Anda bisa mendapatkan buku soal TPA di toko buku terdekat. Gunakanlah buku TPA Bappenas yang berkualitas. Anda bisa meminta rekomendasi dari mereka yang sudah lulus TPA dalam memilih buku TPA yang tepat.

2.Perbanyak Kosa Kata Baru dengan Sering Membaca

buku-kamus-kosakata

Memperbanyak kosa kata baru bisa membantu Anda menaklukkan soal tes verbal. Dengan demikian, banyaklah membaca artikel-artikel berkualitas. Anda juga bisa berlatih mengerjakan teka-teki untuk menambah vocab Anda. Namun ingatlah bahwa soal verbal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Hanya saja terkadang kata yang digunakan juga merupakan kata-kata serapan dari bahasa asing.

3.Jangan Menghafal Rumus

Tidak sedikit calon peserta tes yang menghafalkan rumus untuk menaklukkan soal matematika pada tes TPA, padahal hal ini justru akan menggangu konsentrasi Anda.

Ada yang bisa hafal rumus rumit ini?

Ada yang bisa hafal rumus rumit ini?

Dengan demikian tidak usah menghafal rumus. Biasanya soal matematika dalam TPA tidak menggunakan rumus yang sulit. Intinya biasakan menjawab soal saja, dengan sendirinya Anda akan memahami proses pengerjaannya.

4.Jauhkan Rasa Penasaran Akan Soal Tertentu

Sering kali peserta tes TPA menghabiskan waktunya hanya karena penasaran pada soal tertentu. Dengan demikian, jika Anda mengalami hal ini, maka lupakan rasa penasaran tersebut dan lanjutlah pada soal berikutnya.

curang-ya

Hindari pula soal yang membutuhkan pemahaman yang dalam sebelumnya, seperti pertanyaan dalam wacana yang mempertanyakan topik dari sebuah teks tertentu. Jika Anda mendahulukan soal ini, waktu Anda akan habis. Dengan demikian fokus dahulu pada soal wacana lainnya, karena dengan mengerjakan soal lainnya secara tidak langsung Anda bisa menentukan topiknya diakhir.

5. Banyak Cari Tahu dari Internet

Menurut Datamaya Consulting, salah satu agency jasa SEO di Jakarta yang banyak berkutat dengan data analytic Google, penggunaan internet untuk keperluan pendidikan masih tergolong minim. Hal ini bisa dilhat dari Google trend pencarian term seputar “test TPA” yang suka naik turun, hanya tinggi di bulan-bulan tertentu saja.

Google Trend SEO

Trend pencarian test TPA di Google sepanjang 2016

Padahal, di internet itu begitu banyak materi dan artikel seputar TPA, baik di forum pendidikan, social media, blog, dan sebagainya. Banyak cari tahu seputar TPA tentu akan memudahkan dan membuat mental lebih siap.

Soal TPA memang bukan satu-satunya penentu diterima atau tidaknya Anda di universitas tujuan Anda. Namun walau bagaimanapun, score TPA tetap sangat memberikan pengaruh besar bagi kelulusan Anda. Dengan demikian giatlah belajar dan iringi usaha Anda dengan doa.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Teguh Firman

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0