Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Teknologi

Beranda / Teknologi / Tips Aman Menjaga Kabel USB Agar Tetap Awet
Tips Aman Menjaga Kabel USB Agar Tetap Awet
0 Komentar | Dibaca 219 kali
Aris Resdianto @infoweb
01 December 2016

Sekarang ini jual kabel usb merupakan barang yang sangat dibutuhkan, terlebih untuk pengguna gadget yang multitasking. Alat seperti kabel data ini sudah pasti sangat berguna. Namun sayangnya, karena sering menggunakan alat ini, terkadang mereka melakukan perawatan yang kurang maksimal sehingga kabel mudah rusak atau tidak terbaca oleh perangkat. Jika kabel data yang rusak merupakan kabel biasa, mungkin gampang saja untuk membelinya, namun jika kabel yang rusak merupakan kabel dari gadget Iphone, pasti akan sayang sekali. Lantas, bagaimana cara menjaga kabel ini agar tetap awet?

Pertama, hindari terlalu sering mencopot dan memasang kabel data atau USB. Walaupun pada dasarnya kabel ini sering sekali kita gunakan di banyak komputer atau laptop, namun jika Anda sering memasang dan mencabut kabel, nantinya konektor dari kabel menjadi aus. Hal ini dikarenakan gesekan yang berada di tembaga akan membuat kepala dari konektor mengalami penipisan sehingga tidak akan terjadi kontak antar tembaga. Hal ini bisa membuat pasokan listrik serta arus data menjadi terganggu dan bisa merusak kontroler.

Kedua, penggunaan yang tidak wajar. Semua barang yang digunakan tidak secara wajar tentu saja akan memperpendek umur dari barang tersebut. termasuk untuk kabel USB handphone bukalapak ini. jika Anda menggunakan kabel secara terus menerus setiap hari, bisa dipastikan kabel akan cepat rusak. Jika tidak digunakan, segera cabut kabel dan tata dengan rapi. Jika seharian kabel menancap di komputer, ia akan semakin panas dan memperpendek umur dari kabel.

Ketiga, simpan di tempat yang paling tepat. Ini yang sering tidak di sadari oleh pengguna kabel data. Mereka begitu saja menyimpan kabel di sembarang tempat. padahal penyimpanan di sembarang tempat akan membuatnya tidak awet. Bisa saja nantinya terdapat tikus-tikus yang menggigiti dan akhirnya kabel menjadi tidak bisa digunakan. Sebenarnya, untuk menghindari gigitan tikus ini, Anda dapat melapisi kabel dengan berbagai pelapis. Dengan melapisi kabel, nantinya tidak akan ada lagi tikus-tikus yang berani menggigit kabel. Pilih pelapis kabel yang aman dan tidak menganggu kemampuan kabel.

Keempat, hindari dari jangkauan anak-anak. mengapa harus menghindarkan kabel dari jangkauan anak-anak? untuk barang-barang seperti demikian memang harus Anda jauhkan dari jangkauan anak-anak. jangan sampai mereka dapat menggapai kabel dan kemudian menarik-nariknya. Simpan kabel ini di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak seperti di tempat yang tinggi, di atas lemari. Jangan sampai hanya karena Anda lupa menyimpannya, kemudian buah hati Anda menggapainya dan merusak kabel tersebut.

Terakhir, hindari menggulung kabel dalam jumlah banyak. hal ini yang sering tidak di duga oleh para pengguna kabel USB. Biasanya, setelah mereka selesai menggunakan kabel, mereka akan menggulung kabel secara tidak beraturan. Padahal penggulungan kabel dengan tidak beraturan bisa saja memutuskan koneksi di dalam kabel, sehingga kabel tidak dapat digunakan kembali. Jika Anda ingin menyimpan kabel, Anda boleh saja melipatnya atau menggulungnya, asalkan tidak dalam jumlah banyak, atau dengan ukuran gulungan yang kecil-kecil. Lebih baik Anda menggulung dalam jumlah kurang dari 6 gulungan, jadi gulungan yang digunakan lebih besar. Dengan gulungan-gulungan besar ini, kabel Anda akan tetap aman, sekaligus Anda dapat menyimpannya di tempat yang aman. Sebenarnya, awet atau tidaknya kabel data bukan berada pada merk yang dimiliki oleh kabel tersebut melainkan perlakuan penggunaan dari kabel.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Mahfud

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0