Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Menulis PTK
Menulis PTK
0 Komentar | Dibaca 255 kali

Menyusun karya ilmiah, kini menjadi satu kewajiban bagi seorang tenaga pendidik. Karya ilmiah itu, bisa berupa karya tulis popular di media massa, dan juga bisa berupa hasil penelitian. Kedua hal itu, memang, bila kita tanpa ada pembiasaan dImage result for Geografi Momon Sudarmaan dibiasakan, agak sulit untuk memulai dan melaksanakannya. namun, bila kita sudah memaksakan diri untuk memulai dan membiasakannya, akan terasa mengalir begitu saja.

Saya termasuk orang yang sudah pernah memaksakan diri. Pada 10 tahun yang lalu, rasanya berat, dan paling malas untuk menulis, atau menuliskan gagasan yang ada dalam benak. Tetapi, untuk hari-hari terakhir, rasanya, senantias ingin setiap saat berhadapan dengan komputer untuk sekedar curahatan. Entah mengapa, curhat di komputer, terasa lebih mengalir sekarang ini, dibandingkan beberapa waktu sebelumnya.

Hingga, tidak terasa dalam tahun 2015, saya sendiri sudah bisa melahirkan karya yang diras

Image result for Geografi Momon Sudarma

a menjadi salah satu momentum bangkit kembali sbagai seorang penulis geografi.

Kemudian, dalam beberapa waktu berikutnya, saya pun bisa menuliskannya kembali gagasan dan pemikiran ini, kedalam karya berikutnya, yang diberi judul model-mode pembelajaran geografi.

Memang, saya sendiri, merasakan, bahwa gagasna dalam buku-buku itu, bukanlah orisinal. Tidak murni pemikiran sendiri. Gagasan dalam buku itu, adalah hasil dari bacaan, pemahaman, atau pengetahuan yang selam aini, didapat, baik selama ngobrol., kuliah atau menjalankan tugas profesi sebagai tenaga pendidik.

Dari pengalaman itulah, saya mencatatkan, bahwa cara termudah menulis itu adalah mencatatkan apa yang dirasakan, dipikirkan, dan dipahami. Hal-hal itu, adalah hal biasa dalam kehdiupan kita. Karena itu pula, kesulitan kita selama ini, kadang lebih disebabkan karena bernafsu menuliskan sesuatu, yang sesungguhnya pengetahuan kita tentang hal itu pun belum utuh.