Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Mengenal lebih dekat dengan Raja Salman
Mengenal lebih dekat dengan Raja Salman
0 Komentar | Dibaca 4319 kali
Hayan @aiphayan
28 February 2017

Salman bin Abdulaziz Al Saud adalah Raja Arab Saudi yang ketujuh, sekaligus Penjaga Dua Kota Suci, dan pemimpin Wangsa Saud saat ini. Salman adalah anak ke-25 dari Ibnu Saud dan menjadi raja untuk menggantikan kakaknya, Raja Abdullah, yang meninggal pada 25 Januari 2015.

Sebelumnya, Salman menjadi Deputi Gubernur Riyadh sebelum akhirnya menjabat sebagai Gubernur Riyadh selama 48 tahun dari 1963 hingga 2011. Pada tahun yang sama, Salman ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan. Kemudian di tahun 2012, Salman dinobatkan sebagai Pangeran Mahkota ketika salah satu saudaranya, Nayef bin Abdul-Aziz al Saud meninggal dunia.

Salman dinobatkan sebagai Raja Arab saudi ketika usianya menginjak 79 tahun. Salman dikenal memiliki pandangan konservatif dan tradisional, sama dengan saudaranya. Sebelumnya salman telah banyak mengurus urusan kerajaan ketika kakaknya menghadapi masalah kesehatan saat memimpin sebagai raja. Setelah memegang kuasa, Salman melakukan reshuffle kabinet pada 30 Januari 2015.

Salman lahir pada tanggal 31 Desember 1935 di Riyadh, Arab Saudi. Bersama keenam saudara laki-lakinya, Salman disebut sebagai Sudayri Seven, yaitu tujuh putra yang lahir dari istri yang paling dicintai oleh Abdulaziz bin al-Saud, Hussa binti Ahmad Sudayri. Salman dibesarkan di Istana Murabba dan menjalani pendidikan awalnya di Princes School, Riyadh, tempat anak-anak raja menimba ilmu.

Salman menikah sebanyak tiga kali. Istri pertamanya Sultana binti Turki Al Sudairi meninggal di usia 71 pada tahun 2011. Pada pernikahan ini, Salman mendapatkan enam anak, antara lain Fahd bin Salman, Ahmad bin Salman, Sultan bin Salman, dan Abdulaziz bin Salman, Faisal bin Sultan, dan Hussa binti Salman.

Istri keduanya adalah Sarah binti Faisal Al Subai’ai. Dari pernikahan ini Salman memiliki putra bernama Saud bin Salman. Sementara dari pernikahan ketiganya dengan Fahda binti Falah bin Sultan Al Hithalayn, Salman dikaruniai lima anak, antara lain Mohammed bin salman, Turki bin Salman, Khalid bin Salman, Nayif bin Salman, Bandar bin Salman, dan Rakan bin Salman.

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mendapatkan banyak penghargaan hingga saat ini, antara lain Doktor Honoris Causa dari Universitas Umm Al-Qura, Arab saudi (2008), Doktor Honoris Causa dari Jamia Millia Islamia, India (2010), Doktor Honoris Causa dari Universitas Islam Madinah, Arab Saudi (2011), Doktor Honoris Causa dari Institut Sains dan Teknologi Sarajevo, Bosnia Herzegovina (2013), dan Doktor Honoris Causa dari Universitas Waseda, Jepang (2014).

Penghargaan yang diperoleh Raja Salman

Karir Raja Salman

  • 1954-1955 : Wakil gubernur kota Riyadh
  • 1955-1960 : Gubernur kota Riyadh
  • 1963-2011 : Gubernur kota Riyadh
  • 2011-2012 : Menteri Pertahanan Kerajaan Saudi Arabia
  • 2012-2015 : Putra Mahkota Kerajaan Saudi Arabia
  • 2015-Sekarang : Raja Kerajaan Saudi Arabia[7] 

 

sumber 1 sumber 2

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

M. IQBAL FARDIAN

Saya adalah seorang guru di SMA PGRI Glenmore Banyuwangu, menyukai menulis dan memotret.
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0