Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / PROGRAM ORANG TUA ASUH MI. NURUL FALAH MUNCUL – SERPONG
PROGRAM ORANG TUA ASUH MI. NURUL FALAH MUNCUL – SERPONG
0 Komentar | Dibaca 161 kali

16830792_248583138933102_5776718489247909596_n

Di tengah keterbatasan dalam mengembangkan madrasah, muncul pemikiran dan langkah-langkah inovatif yang menjadi solusi alternatif dalam menghadapi kesulitan tersebut. Apa yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Falah Muncul Kecamatan Serpong menunjukkan hal tersebut. Menghadapi keterbatasan pendanaan, sarana, dan keterbatasan lainnya, MI Nurul Falah Muncul mencari terobosan baru dengan cara menawarkan program orang tua asuh kepada masyarakat yang mampu. Hebatnya, setelah program tersebut bergulir, ternyata yang menawarkan diri untuk menjadi orang tua juga berasal dari masyarakat asing, seperti Perancis, Singapura, dan Amerika. Berikut adalah hasil liputan program orang tua asuh yang dikembangkan di MI Nurul Falah, seperti yang dituturkan oleh Ibu Nurlaila Ulfah, Kepala MI Nurufl Falah Muncul.

Waktu itu hari Jum’at tanggal 9 September 2016 pukul 07.30. Semua siswa dan guru melaksanakan rutinitas sholat dhuha berjama’ah, membaca asmaul husna, dan kegiatan Jumca (Jum’at membaca) di aula MIS Nurul Falah. Saya sendiri sedang berhalangan sehingga hanya mengawasi. Sambil melihat atap kelas yang hampir roboh dalam hati saya berbicara, “Bagaimana caranya mendapatkan dana untuk merenovasi atap yang mau roboh ini? Sebab, infak bulanan anak-anak sangat tidak bisa diandalkan karena keadaan orang tua juga memang tidak mampu”. Saya mencoba iseng-iseng mengetik di HP untuk meminta bantuan kepada siapa saja yang berminat menjadi orang tua asuh minimal 5 siswa saja. Hasil ketikan itu kemudian saya kirim ke HP suami yang kebetulan bekerja di Bank BRI. Maksudnya agar ada masukan ide atau saran dari suami.

Singkat cerita setelah mendapatkan masukan dari suami, akhirnya jadilah teks yang saya buat itu. Intinya adalah menawarkan program orang tua asuh bagi siswa MI Nurul Falah kepada siapa saja yang besarnya Rp. 15.000/bulan. Caranya adalah dengan memberikan bantuan tersebut ke rekening sekolah. Teks itu selanjutnya saya kirim ke semua kontak yg ada di HP saya, melalui Wa, BBM, dan SMS. Tidak disangka pada jam yang sama di hari Jumat itu banyak yang merespon dan bertanya langsung ke saya.

Singkatnya selama bulan