Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Tidurlah dengan posisi miring ke kiri dan dapatkan 5 manfaat ini
Tidurlah dengan posisi miring ke kiri dan dapatkan 5 manfaat ini
0 Komentar | Dibaca 132 kali

Selain makan, tidur merupakan aktivitas penting untuk menunjang kehidupan manusia. Ketika kamu tidak memberikan kesempatan tubuh untuk tidur secara berkualitas, seluruh sistem akan berubah jadi kacau, suasana hati memburuk, dan tingkat kewaspadaan akan berkurang. Selain itu, kurang tidur juga mampu menyebabkan masalah pada kulit serta rambut.

Tak hanya durasi waktu beristirahat, posisi tidur juga harus kamu perhatikan sebab posisi tidur yang salah mampu mempengaruhi kesehatan. Menurut penelitian dari Consultant Internal Medicine, Fortis Hospital, India, tidur dengan miring ke kiri akan memberikan manfaat kesehatan seperti penjelasan berikut ini.
1. Mencegah naiknya asam lambung

Tidur dengan miring ke sisi kiri akan memindahkan asam lambung ke perut, bukannya malah mendorong ke kerongkongan. Kebalikannya, tidur miring ke kanan malah akan menaikkan asam lambung dan menimbulkan sensasi seperti panas terbakar di kerongkongan.

Beberapa penelitian malah menyarankan kamu untuk tidur dengan miring ke kiri setelah mengonsumsi makanan pedas yang bertujuan untuk mencegah munculnya asam lambung atau perut mulas.

2. Mengurangi dengkuran

Tidur dengan posisi telentang akan mendorong otot lidah ke bagian atas mulut yang menyebabkan masalah pernapasan dan berakhir dengan munculnya dengkuran. Sementara tidur miring ke kiri membuat posisi tubuh jadi netral sehingga bisa mencegah terjadinya dengkuran.

Selain mampu mengurangi dengkuran, tidur dengan posisi miring ke kiri juga bermanfaat untuk mencegah Obstructive Sleep Apnea atau OSA.

3. Memperbaiki kesehatan pencernaan

Kamu ingin kerja sistem pencernaanmu menjadi lebih baik? Tidurlah dengan miring ke kiri. Sebab tidur miring ke kiri membuat pergerakan limbah makanan dari usus kecil ke usus besar akan jadi lebih mudah sehingga bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan.

4. Menyehatkan sistem kelenjar getah bening