Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Hobi

Beranda / Hobi / 10 Kebiasaan Buruk bagi Kesehatan
10 Kebiasaan Buruk bagi Kesehatan
0 Komentar | Dibaca 122 kali

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan tertentu, termasuk beberapa kebiasaan yang berdampak negatif untuk kesehatan. Efek kebiasaan tersebut memang tidak akan terasa dalam waktu dekat, tapi perlahan namun pasti, hal itu akan membuat kualitas kesehatan Anda menurun – bahkan, Anda harus mengunjungi dokter.

1. Duduk menyilangkan kaki
Rasanya ada yang mengganjal jika Anda tidak duduk menyilangkan kaki. Tapi, tahukah Anda bahwa menyilangkan kaki dapat menghambat aliran darah, terutama jika dilakukan dalam waktu lama? Menurut Mattina , MD, anggota dari American College of Cardiology, duduk bersilang kaki dalam waktu yang lama memperbesar risiko penyakit kanker, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya. Pernyataan itu lebih terkait dengan gaya hidup sedentary atau gaya hidup yang cenderung diam atau duduk.

Solusi: Ada baiknya setelah duduk lama, Anda istirahat dengan jalan dan berkeliling selama beberapa saat. Jika Anda di kantor, coba untuk keluar kantor dan berjalan di luar ruangan – sambil mengunjungi wanita gebetan Anda di lantai atas.

2. Sering menggigit kuku.

Meskipun nampaknya tidak berbahaya, kebiasaan menggigit kuku dapat merusak pertumbuhan kuku. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat mengakibatkan rusaknya lapisan luar gigi, kelainan kuku, serta paparan bakteri seperti staphylococcus yang banyak terdapat di bawah kuku Anda..

Solusi: Menggigit kuku adalah salah satu kebiasaan yang sering dialami oleh orang yang sedang gugup atau kuatir. “Sebaiknya Anda mencari tahu penyebab kecemasan itu,” saran dari Dr. Angelica Kaner, Ph.D, seorang profesor klinis di Yale University Medical School. Anda bisa mengganti kebiasaan Anda dengan mengunyah sesuatu yang menyehatkan, seperti permen karet rendah kalori, apel, atau wortel.

3. Membunyikan persendian jari.

Ada yang menjadikan kegiatan ini sebagai kebiasaan. Membunyikan sendi itu seakan menimbulkan “kepuasan” tersendiri. Padahal, menurut Leon Benson, MD, spesialis ortopedi dan juru bicara dari American Academy of Orthopedic Surgeons, jika dilakukan terus menerus, kebiasaan ini akan menyebabkan kerusakan jaringan ligamen pada persendian Anda.

Solusi: Sebaiknya, Anda menghindari kebiasaan itu. Jika sendi Anda merasa kaku, sebaiknya Anda melakukan peregangan dan latihan fisik ringan