Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Kuliner

Beranda / Kuliner / 30 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan
30 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan
0 Komentar | Dibaca 198 kali

Kandungan Gizi dan Nutrisi pada Buah Pisang

Buah pisang sudah diketahui sangat banyak manfaatnya oleh masyarakat. Akan tetapi, sebagian besar masyarakat belum mengetahui peran gizi dan nutrisi apa saja yang ada pada buah pisang. Buah pisang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat kaya. Sangat banyak hingga daftar gizi dan nutrisinya pun sayang jika tidak kita paparkan bersama-sama berikut ini. Hasil kandungan gizi dan nutrisi buah pisang berikut ini ditemukan dalam 1 buah pisang. Rinciannya adalah sebagai berikut.

  • Kandungan vitamin A sebanyak 81 UI
  • Kandungan vitamin B6 sebanyak 0,5 miligram
  • Kandungan vitamin C sebanyak 9 miligram
  • Kandungan kalium sebanyak 450 miligram
  • Kandungan potassium sebanyak 400 miligram
  • Kandungan magnesium sebanyak 34 miligram
  • Kandungan karbohidrat sebanyak 23 gram
  • Kandungan protein sebanyak 1 gram
  • Kandungan folat sebanyak 25 microgram
  • Kandungan mangan sebanyak 0,3 miligram
  • Kandungan riboflavin / vitamin b12 sebanyak 0,1 miligram
  • Kandungan niacin / vitamin b3 sebanyak 0,8 miligram
  • Kandungan zat besi sebanyak 0,3 miligram
  • Kandunga serat sebanyak 3 gram
  • Kandungan sodium sebanyak 1 miligram

Kandungan-kandungan gizi dan nutrisi tersebut adalah yang menjadi latar belakang mengapa pisang memiliki manfaat yang sangat kaya. Setiap kandungan gizi dan nutrisi memiliki penjelasan umum, antara lain adalah seperti berikut ini.

Kandungan Vitamin yang Tinggi pada Buah Pisang

Vitamin pada buah pisang ada dalam beberapa jenis dan macam vitamin. Vitamin-vitamin tersebut antara lain adalah vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Berikut ini penjelasan lebih dalam mengenai masing-masing vitamin.

  • Vitamin A; jumlah vitamin A dalam buah pisang cukup tinggi jumlahnya. Memiliki nama lain retinol atau retinoic acid. Sangat baik sebagai pemasok antioksidan dalam tubuh. Antioksidan yang didapatkan melalui konsumsi dari buah pisang juga mampu melawan berbagai jenis penyakit.
  • Vitamin B12; salah satu jenis vitamin yang terdapat dalam buah naga dalam jumlah yang cukup banyak. Dikenal juga dengan nama riboflavin yang memiliki manfaat dalam mendukung kerja sistem saraf dan sistem pembentukan DNA. Selain itu, riboflavin juga memiliki peranan penting dalam pembentukan hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh manusia.
  • Vitamin B3; vitamin ini dikenal juga dengan nama niasin. Merupakan vitamin yang sangat bermanfaat untuk mengikat kolesterol jahat dan menguranginya menumpuk dan membahayakan kondisi tubuh. Sehingga buah naga, merupakan buah yang sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita kolesterol tinggi.
  • Vitamin B6; merupakan vitamin yang dikenal juga dengan nama prydoxine. Vitamin B6 ini terkandung pada buah pisang dalam jumlah yang cukup dominan. Karena terdapat kandungan vitamin B6 pada buah pisang, maka dengan menggunakan buah pisang kebutuhan kulit, wajah, dan rambut serta kesehatan akan vitamin dapat tercukupi dengan baik.
  • Vitamin C; kadar vitamin C dalam buah pisang sangatlah tinggi jumlahnya. Jika kita rutin mengonsumsinya, maka kebutuhan tubuh akan vitamin C dapat tercukupi dalam satu kali konsumsi saja per harinya. Sehingga buah pisang dipercaya menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi harian oleh anda.

Kandungan Mineral yang Tinggi pada Buah Pisang

Buah pisang mengandung beberapa jenis mineral yang dapat membantu sistem-sistem dalam tubuh manusia. Mineral yang pasti dan ada dalam jumlah banyak di dalam buah pisang adalah kalium, potassium, folat, mangan, zat besi, sodium, dan magnesium. Ketujuhnya memiliki banyak peranan penting dalam tubuh manusia. Bayangkan saja betapa kayanya buah pisang dalam satu buahnya. Anda dalam sekali konsumsi dapat memasok tujuh mineral sekaligus. Sehingga kemampuan buah pisang untuk menyediakan mineral sangatlah dibutuhkan manusia. Itulah yang menyebabkan alasan buah pisang memiliki manfaat yang sangat banyak.

Kandungan Karbohidrat yang Tinggi pada Buah Pisang

Ternyata buah pisang merupakan tumbuhan yang kaya akan karbohidrat. Jumlah karbohidrat tersebut dapat membantu tubuh dengan sangat bermanfaat dalam hal kesehatan ataupun kecantikan. Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai makanan penunda lapar. Manfaat lebih detailnya akan disampaikan di bagian berikutnya.

Kandungan Protein yang Tinggi pada Buah Pisang

Protein diketahui sebagai nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung proses metabolisme dalam tubuh manusia. Sayangnya, kebanyakan jenis konsumsi manusia saat ini sangat rendah protein dan lebih tinggi lemak. Buah pisang merupakan salah satu tumbuhan dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Protein juga merupakan salah satu kandungan buah pisang yang menjadi alasan manfaat buah pisang sangatlah banyak. Untuk tahu apa saja manfaat buah pisang yang dilatarbelakangi oleh kandungan protein akan dijelaskan di bagian berikutnya.

Kandungan Serat pada Buah Pisang

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, buah pisang memiliki kandungan serat yang jumlahnya cukup banyak. Serat sangat dibutuhkan oleh manusia untuk membantu memperlancar sistem pencernaan manusia. Serat dalam buah pisang pun menjadi alasan semakin banyaknya manfaat buah pisang bagi manusia. Penjelasannya pun akan dijelaskan di bagian selanjutnya.

Setelah mengetahui lebih jauh tentang kandungan-kandungan gizi dan nutrisi pada buah pisang, tentu tidak lengkap rasanya tanpa mengetahui manfaat dari buah pisang itu sendiri. Bagian selanjutnya akan kita ketahui manfaat dari buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan tubuh manusia.

30 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah pisang sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Akibat kandungannya tersebut, buah pisang memiliki sangat banyak manfaat. Manfaat buah pisang khususnya ada dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Penggunaan buah pisang pun dapat dipercaya aman dan tidak beresiko. Sehingga semakin banyak orang yang memanfaatkan buah pisang untuk kebutuhannya. Berikut ini 30 manfaat buah pisang baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan.

read this: Alat pemadam api murah

read this: Alat Pemadam Api

1). Mengobati Penyakit Lambung (Maag)

Terdapat mitos bahwa kandungan pada buah pisang dapat meningkatkan asam lambung dan gas lambung, maka penderita maag tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak. Padahal, kandungan dari buah pisang ini yang akan mampu mengobati rasa nyeri pada lambung.

Anda dapat mengonsumsinya ketika nyeri perut karena maag anda kambuh. Konsumsilah buah pisang tersebut seperti seakan-akan obat lambung anda. Dengan melakukannya secara rutin, anda akan mendapati kondisi maag yang lebih baik dari sebelumnya.

read this: Tabung pemadam api

read this: tabung pemadam api murah

2). Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Kalium pada satu buah pisang seperti yang telah diketahui di atas, sangatlah tinggi jumlahnya. Kandungan kalium ternyata sangatlah bermanfaat untuk membantu kerja ginjal. Sehingga, konsumsi rutin buah pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal.

read this: Jasa Pembuatan Website

read this: School Management System

3). Program Diet / Mengurangi Berat Badan

Buah pisang merupakan buah yang memiliki kandungan fruktosa dengan berindeks glikemiks yang rendah. Kandungan jenis gula ini tentu sangat bagus, membuat buah pisang sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya juga dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Selain itu, kandungan serat pada buah pisang pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan membuat anda lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, konsumsilah buah pisang sebagai bagian dari program diet anda.

read this: Alat pemadam murah

read this: Tabung pemadam api

4). Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi dalam buah pisang berupa potassium dan serat dapat membantu mencegah kerusakan pada sistem peredaran darah. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengonsumsi buah pisang ditemukan sangatlah kecil jumlahnya. Manfaat buah pisang dalam menjaga  kesehatan jantung pun dapat terjaga.

read this: Alat Pemadam Api 

read this: Alat Pemadam Kebakaran

5). Mengurangi Sakit yang dirasakan Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, salah satu jenis buah pisang diketahui mampu mengobati sakit diabetes. Pisang ini dikenal dengan nama pisang goroho, dari makassar. Oleh karena itu, buah pisang sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

read this:  Alat pemadam api murah

read this: alat pemadam

6). Membantu Menghilangkan Jerawat

Dalam bidang kecantikan, manfaat buah pisang salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Kandungan buah pisang yang kaya akan vitamin membuatnya mampu menutrisi kulit wajah dan mudah menghilangkan jerawat ataupun bekasnya. Gunakanlah buah pisang dengan ditumbuk hingga halus dan tempelkan pada wajah. Bersihkan tempelan pisang pada wajah yang berjerawat setelah setengah jam penggunaan. Ulangi penggunaan sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

read this: Alat Pemadam api

read this: Alat pemadam kebakaran

7). Mengobati Penyakit Anemia

Buah pisang kaya akan zat besi. Kandungan ini sangat baik bagi para penderita anemia. Dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin, penderita anemia dapat merasakan kondisi tubuh yang membaik dan tidak lagi mudah jatuh dan drop.

8). Menyembuhkan Luka Bakar

Buah pisang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja membangun jaringan baru di jaringan kulit yang mengalami luka bakar. Anda cukup menumbuk buah pisang hingga halus. Oleskan hasil tumbukkan buah pisang tersebut ke bagian kulit yang mengalami luka bakar.  Jika sudah, maka tunggu selama beberapa saat sebelum dibuka dan kembali disiram.

9). Mengurangi Rasa Gatal Akibat Sengatan Serangga

Setelah digigit atau disengat oleh serangga, anda akan mendapati kulit anda berbentol-bentol dan mungkin juga gatal. Anda akan menemukan anda menggaruk bekas sengatan tersebut karna sangat gatal. Garukkan anda dapat membuat luka dan kulit anda menjadi semakin kurang. Sehingga penggunaan buah pisang untuk mengurangi rasa gatal akibat sengatan serangga sangat disarankan. Lakukan dengan menghaluskan buah pisang dan menempelkannya di bagian kulit yang gatal.

10). Membantu Proses Metabolisme

Gangguan pada sistem pencernaan bukanlah hal istimewa lagi saat ini. Kebiasaan hidup yang penuh jadwal menyebabkan konsumsi makanan pun menjadi tidak teratur dan terkadang minim sekali kandungan serat. Buah pisang merupakan salah satu buah yang kandungan seratnya cukup tinggi dan baik untuk kebutuhan pelumas sistem pencernaan. Anda dapat mengonsumsi buah pisang secara rutin untuk mendapatkan sistem pencernaan yang baik dan lancar. Konsumsilah buah pisang sebanyak dua kali dalam sehari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11). Mengatasi Rasa Sakit saat Menstruasi / Haid

Rasa sakit saat menstruasi / haid yang sering dialami oleh wanita dapat diatasi dengan mengonsumsi buah pisang. Buah pisang memiliki kandungan mineral yang baik untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Konsumsilah buah pisang secara teratur saat sedang haid dan rasakan manfaatnya bagi anda.

12). Menghaluskan Permukaan Kulit Wajah

Buah pisang kaya akan vitamin yang sangat baik untuk kulit wajah. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga permukaan kulit wajah tetap halus dan lembut. Gunakan pisang sebagai masker dengan menghaluskannya. Tambahkan sedikit madu dan oleskan pisang dan madu tersebut ke seluruh wajah secara merata. Diamkan selama setengah jam sebelum anda bilas hingga bersih.

13). Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan potassium dan kalium dalam pisang sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Kedua mineral ini terkandung cukup banyak jumlahnya pada buah pisang. Sehingga konsumsi buah pisang sangatlah disarankan bagi anda yang mengalami masalah dalam peredaran darah dan sejenisnya.

14). Memperbaiki Kondisi Mata yang Minus

Kesehatan mata sangatlah berkaitan dengan kecukupan vitamin A. Buah pisang diketahui memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Kandungan buah pisang ini yang dapat menyebabkan kondisi mata penderita kelainan minus dapat diperbaiki secara perlahan-lahan. Konsumsilah pisang secara rutin untuk memperbaiki kemampuan penglihatan anda.

15). Memperbaiki Kondisi Mood

Buah pisang memiliki kandungan triptofan yang baik untuk memproduksi hormone serotonin. Hormone serotonin merupakan hormone yang mengatur suasana hati / mood seseorang. Jumlah hormone serotonin yang diproduksi dengan banyak dapat membuat seseorang memiliki kondisi mood yang lebih baik. Oleh karena itu, jika anda sedang merasa kesal anda dapat mengonsumsi pisang dan mendapati diri anda kembali bahagia.

16). Menyeimbangkan Jumlah Cairan dalam Tubuh Manusia

Tubuh memerlukan asupan cairan yang tidak boleh kurang. Jika terjadi kekurangan cairan, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan mudah jatuh sakit. Oleh karena itu, pisang yang memiliki kandungan kalium cukup tinggi dapat mengatasi kebutuhan akan cairan dalam tubuh manusia ini. Kebutuhan cairan dalam tubuh manusia akan dapat diseimbangkan dengan mengonsumsi pisang secara rutin.

Baca Juga :  30 Manfaat daun Pepaya untuk kesehatan & kecantikan

17). Mengobati Sembelit

Kandungan serat pada buah pisang tentu sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Salah satunya adalah bermanfaat dalam mengatasi sembelit. Kandungan serat dapat mengobati sembelit dan melancarkan kembali pencernaan anda. Konsumsilah buah pisang mulai saat ini untuk mendapatkan kondisi pencernaan yang lebih sehat tanpa terganggu oleh sembelit.

18). Mencukupi Kebutuhan Energi dalam Tubuh Manusia

Terkadang konsumsi dari makanan yang dikonsumsi oleh manusia tidak mencukupi kebutuhan energi dari manusia tersebut. Sehingga dibutuhkanlah makanan pendamping yang dapat memberikan asupan energi tambahan. Pisang memiliki kandungan yang lengkap dan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi tambahan tersebut. Oleh karena itu, konsumsilah pisang untuk mengatasi rasa lapar yang menyerang anda.

19). Mengobati Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi saat ini sangat umum menyerang manusia, akibatnya pun tidak main-main, bisa menyebabkan stroke pada manusia. Oleh karena itu, untuk menjaga tingkat tekanan darah tetap dalam batasan normal konsumsilah pisang. Buah pisang mampu menjaga tekanan darah dan menurunkannya jika sudah terlalu tinggi.

20). Meningkatkan Kecerdasan Otak

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mampu merangsang kemampuan kecerdasan otak. Sehingga buah pisang sangat cocok diberikan sejak masih bayi. Usia bayi merupakan usia perkembangan otak yang paling penting. Oleh karena itu, berikanlah pisang untuk dikonsumsi bagi anak-anak yang membutuhkan perkembangan kecerdasan otak.

21). Menjaga Kesehatan Kardiovaskuler

Satu lagi manfaat kandungan potassium pada buah pisang adalah menjaga kesehatan kardiovaskuler. Mulai dari fungsi dan kondisinya akan terjaga dan bekerja dengan optimal. Oleh karena itu, konsumsilah pisang secara rutin dan dapatkan kesehatan kardiovaskuler anda tanpa perlu banyak biaya.

22). Mengatasi Penyakit Asma

Penyakit asma merupakan penyakit yang umumnya diturunkan dari orang tua. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin sering anak mengonsumsi pisang minimal 1 buah sehari dapat menurunkan resiko anak tersebut terkena penyakit asma. Sehingga, konsumsi buah pisang sangatlah disarankan untuk mengatasi penyakit asma.

23). Mengobati Penyakit Diare

Kalium merupakan kandungan buah pisang yang mampu mengobati diare. Jadi jika anda mengalami diare, segeralah konsumsi pisang sebelum kondisi semakin parah.

24). Mengobati Masalah dalam Lambung

Sebagian besar masalah lambung dapat diatasi oleh kandungan nutrisi dalam buah pisang. Sehingga, bagi para penderita yang mengalami masalah lambung dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang secara rutin.

25). Menjaga Suhu Tubuh

Suhu tubuh sering naik dan turun karena kondisi lingkungan yang dihadapi. Akan tetapi manusia memiliki suhu tubuh normal di 36 derajat celcius. Sehingga jika anda merasa suhu tubuh anda tidak normal, lakukan pertolongan pertama dengan mengonsumsi buah pisang.

26). Mengobati Penyakit Liver

Jika anda memiliki kenalan yang menderita penyakit liver, maka anda perlu memberitahukan untuk mengonsumsi pisang dan madu secara rutin. Kandungan keduanya dapat menjaga kondisi liver dan meningkatkan nafsu makan bagi para penderita liver.

27). Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah pisang memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi anda.

28). Konsumsi Baik untuk Ibu Hamil

Saat hamil ibu perlu asupan asam folat yang tinggi untuk mencegah cacat pada janin. Oleh karena itu, konsumsi buah pisang sangat baik untuk ibu hamil. Karena buah pisang mengandung asam folat yang cukup tinggi.

29). Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berbagai vitamin dalam buah pisang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan kinerja sistem imun. Sehingga sistem imun akan kuat melawan bakteri dan penyakit yang mencoba menyerang tubuh.

30.) Meningkatkan Aliran Oksigen ke Otak

Aliran oksigen ke otak sangat diperlukan untuk mempertahankan kesehatan dari otak. Pisang memiliki kandungan nutrisi yang mampu melancarkan aliran tersebut, sehingga otak pun dapat bekerja dengan maksimal

Demikianlah tadi kandungan gizi dan nutrisi pada buah pisang. Kita juga sudah mengetahui manfaat yang dapat dirasakan oleh manusia dari buah pisang. Penggunaan buah pisang untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan sangatlah aman dan tidak menimbulkan resiko yang membahayakan. Semoga dapat bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhan anda akan informasi.

Sunmber:

http://bit.ly/2nYawJi

http://bit.ly/2obJ2iz

jual alat pemadam api murah

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

aswdqrwte

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0