Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / 7 Plugin Penting WordPress Yang Sering Digunakan
7 Plugin Penting WordPress Yang Sering Digunakan
0 Komentar | Dibaca 126 kali

plugin wordpress

WordPress adalah salah satu Platform blog gratis yang paling populer saat ini, selain mudah di customization, WordPress juga didukung banyak plugin-plugin gratis dan berbayar. saat ini terdapat 46.000 lebih Plugin-plugin wordpress yang bisa kamu gunakan untuk melakukan optimasi blog dakwah kamu.

Berikut adalah 7 Plugin gratis WordPress yang sering digunakan para blogger untuk mengoptimalkan sebuah blog.

1. Yoast SEO

wordpress-seo
Yoast Seo Image: WordPress

Sebagai seorang blogger, tentu Plugin yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi mereka, Yoast SEO adalah salah satu Plugin WordPress yang banyak digunakan oleh para blogger pemula maupun advance. Plugin Yoast SEO berfungsi untuk mengoptimalkan SEO (Search engine optimization) blog kamu agar lebih ramah di Mesin pencari. 

Plugin ini ini dapat membantu kamu mengatur Judul blog, keyword, meta discription, XML sitemap dan masih banya fitu-fitur lainnya yang tentu dapat meningkatkan SEO blog kamu.


2. WP Smush – Image Optimization

screenshot-2
WP Smush Image: WordPress

Salah satu daya tarik sebuah blog adalah terdapatnya gambar, yang mana gambar tersebut dapat membantu pembaca lebih memahami isi sebuah postingan. Namun jika di dalam blog terdapat gambar-gambar yang begitu banyak dengan ukuran file yang besar, maka hal tersebut dapat mengakibatkan loading sebuah blog/artikel menjadi lamban.

Nah, Plugin  WP Smush ini berguna untuk mengatasi masalah tersebut, Plugin ini akan mengkompres secara otomatis ukuran gambar yang terdapat dalam sebuah blog/website WordPress sehingga loading blog akan lebih cepat.


3.SEO Friendly Images

Plugin seo friendly images
Seo friendly images: WordPress

Masih bicara mengenai gambar, menambahkan ALT dan TITLE atribut sebuh gambar juga merupakan bagian penting untuk optimasi blog pada mesin pencari (SEO). Plugin SEO Friendly Images ini dapat kamu gunakan untuk memberikan reltag alt dan title pada gambar secara otomatis.


4. WP Super Cache

wp-super-cache
Images source: WordPress

Kecepatan loading blog sangat mengpengaruhi traffick sebuah blog, karena selain dapat meningkatkan peringkat blog kamu di mesin pencari, tentu kecepatan loading blog juga dapat menambah kepuasan tersendiri bagi pembaca, sehingga kemungkinan besar dapat meningkatkan jumlah laman blog yang dibaca (Pageview).

Plugin WP Super Cache ini berfungsi melakukan caching pada blog dengan menciptakan file statis dalam bentuk html, sehingga ini akan mempercepat loading blog/artikel kamu. Selain compatible dengan banyak template wordpress, WP Super Cache juga sering disarankan oleh beberapa peyedia hosting.

Baca Juga:   Membuat Presentasi Modern Menggunakan HTML 5


5. iThemes Security (formerly Better WP Security)

ithemes-securitySeperti yang kita ketahui, wordpress adalah sebuah platform yang bersifat Open source yang mana siapa pun berhak mempelajari, mengembangkan dan merubahnya. maka memperhatikan keamanan sebuah blog dakwah dari berbagai hal adalah penting.

Plugin iThemes Security (dulu namanya adalah Better WP Security) ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu, selain menyediakan berbagai fitur security, iThemes Security juga telah di install lebih dari 800,000 pengguna.


6. UpdraftPlus

updrafplus
image source: WordPress

Melakukan Backup rutin database dan file blog WordPress adalah sesuatu yang tidak bisa kamu hiraukan begitu saja, ini merupakan hal penting agar meminimalisir resiko kehilangan data akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika melakukan Backup secara manual bagi kamu sedikit melelahkan, maka plugin UpdraftPlus ini bisa kamu coba. Plugin ini dapat melakukan backup secara otomatis sesuai jadwal yang kamu atur serta file backup tersebut dapat langsung terkirim ke layanan Cloud seperti (Amazon S3, Dropbox, Google Drive, Rackspace Cloud, DreamObjects, FTP, Openstack Swift, UpdraftPlus Vault dan email.


7. Google Analytics by MonsterInsight

plugin-google-analytics
image source: WordPress

Evaluasi dan memahami pembaca blog adalah salah satu faktor kesuksesan sebuah blog, dan itu dapat kamu mulai dengan cara Menggunakan Google AnalyticsGoogle Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web.

Dengan Google analytics kamu dapat melihat dan menganalisa performa blog kamu, mulai dari jumlah keseluruhan pengunjung blog, jumlah laman yang dibaca, lama kunjungan, lokasi pengunjung, asal traffick, keyword pengunjung, device pengunjung, browser yang digunakan dan masih banyak lagi.

Fungsi Plugin Analytics by MonsterInsight ini adalah mempermudah kamu dalam menghubungkan google analytics tadi dengan blog kamu, selain itu plugin ini telah di download sekitar 11 juta pengguna.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Ahmad Abdul Basyir

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0