Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Daftar Orang Terkaya RI pada 2016, Siapa Teratas?
Daftar Orang Terkaya RI pada 2016, Siapa Teratas?
0 Komentar | Dibaca 2010 kali

Hingga saat ini, kondisi ekonomi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang termasuk lambat, yakni hanya sekitar 4.7% pada tahun 2016. Padahal tahun sebelumnya, Indonesia mengalami pertumbuhan sekitar 5.02%. Meski demikian, di Indonesia tetap terdapat konglomerat-konglomerat yang memiliki kekayaan cukup menggiurkan.

Di antara daftar nama konglomerat terkaya di Indonesia berikut ini, ada beberapa nama lama yang masih betah bertahan. Namun ada juga nama-nama baru yang berhasil menggantikan beberapa nama lama. Siapa sajakah itu? Berikut ini merupakan 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2016.

10. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy Kusnadi Sariaatmadja via ytimg.com

 

Eddy Kusnadi Sariaatmadja merupakan pemilik dari Emtek Group yang memiliki kekayaan sebesar USD 1,6 miliar (sekitar 20,8 triliun) hingga saat ini. Ia merupakan pemilik dari SCTV dan Indosiar, yang termasuk sebagai saluran televisi terbesar di Indonesia. Sebelum terjun ke dunia hiburan, Eddy memulai karirnya dalam bidang teknologi. Awalnya ia membentuk perusahaan distributor komputer Compaq di Indonesia dengan bendera PT Elang Mahkota Teknologi, cikal bakal dari Emtek Group. Baru setelah itu ia mendirikan PT Surya Citra Media Tbk dengan merek utama “SCTV”. Tidak berhenti di situ saja, ia pun memutuskan untuk mengakuisisi Indosiar dari Grup Salim. Selain itu, Eddy juga mengembangkan bisnis perkebunan bernama PT London Sumatra Tbk yang menghasilkan kelapa sawit, karet, kakao, kopi, dan masih banyak lainnya.

9. Peter Sondakh

Peter Sondakh

Peter Sondakh via straitstimes.com

 

Peter Sondakh melanjutkan bisnis ayahnya yang fokus memproduksi minyak kelapa dan mengekspor kayu. Pada usia 20 tahun, ayah Peter meninggal. Sehingga ia harus mengambil alih bisnis mencari nafkah untuk keluarga, terlebih lagi ia harus membiayai ibu serta empat orang. Saat berusia 22 tahun, ia mendirikan perusahaan bernama PT. Rajawali Corporation. Melalui perusahaan ini, Peter Sondakh berbisnis properti sebagai perluasan dari bi