Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Dampak Penyertaan Modal Negara Terhadap Perusahaan BUMN
Dampak Penyertaan Modal Negara Terhadap Perusahaan BUMN
0 Komentar | Dibaca 408 kali

Setidaknya ada tiga point yang harus diperhatikan mengenai dampak dari Penyertaan Modal Negara pada perusahaan BUMN diantaranya adalah :

Right Issue dimana semua ditetapkan dibawah harga pasar

Ini artinya secara sengaja pemerintah membuat moment Penyertaan Modal Negara agar tidak dimanfaatkan oleh investor tertentu untuk bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek. Karena tujuannya sendiri adalah untuk pembangunan infrastruktur dengan melalui tangan BUMN. Nah, jika beberapa perusahaan BUMN mampu menggunakan dana setoran pemerintah ini untuk bisa menjalankan proyek infrastruktur dengan lebih maksimal maka hal tersebut bisa meningkatkan kinerja dari perusahaan dan secara otomatis sahamnya akan terdongkrak naik, Maka barulah beberapa pemegang saham akan mendapatkan keutungan. Tapi para BUMN memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa melakukan investasi tambahan modal yang mereka terima sehingga nantinya hasil kinerja keuangan akan baik dan mungkin akan sangat diuntungan hanyalah investor yang memiiki saham dalam jangka panjang.

Multiper Effect dari Penyertaan Modal Negara

Dengan adanya struktur modal yang jauh lebih kuat maka para BUMN akan bisa mengajukan sejumlah pinjaman ke bank. Dana PMN Plus pinjaman ini diterima oleh BUMN untuk membayar segala jenis keperluan dalam sebuah proyek dan pembayaran. Nah untuk karyawan yang mendapatkan gaji maka mereka bisa membeli segala keperluan kebutuhan pokok yang maka uangnya nanti akan disalurkan ke Pemerintah juga dan pada akhirnya menyebar ke seluruh masyarakat.

Hubungannya dengan IHGS

Dengan meningkatnya nilai dari aset dan modal bersih dari sebuah perusahaan BUMN, maka market cap perusahaannya akan turut meningkat, dan ini akan sangat menarik minat dari investor yang ada di luar untuk bisa kembali menempatkan investasi. Karena untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar maka mereka biasaya hanya akan mau melakukan investasi saham dalam jumlah yang cukup besar. Karena setelah right issue, biasanya tentu saja ada banyak peningkatkan dari marketcap yang terjadi di BUMN maka ini adalah kesempatan untuk menarik investor asing yang sekarang banyak yang keluar dari pasar saham Indonesia.

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Andrianna

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0