Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Teknologi

Beranda / Teknologi / GNOME 3.24 Akhirnya Meluncur, Bawa Fitur Baru Night Light dan GNOME Recipes
GNOME 3.24 Akhirnya Meluncur, Bawa Fitur Baru Night Light dan GNOME Recipes
0 Komentar | Dibaca 138 kali

Berbulan-bulan ditunggu, akhirnya GNOME 3.24 “Portland” final resmi meluncur. Peluncuran ini merupakan hasil usaha para pengembang GNOME selama 6 bulan.

“Usaha enam bulan tidak akan mungkin tercapai tanpa komunitas GNOME, dibuat oleh para kontributor dan teman-teman dari seluruh dunia: pengembang, desainer, penulis dokumentasi, spesialis penggunaan dan aksesibilitas, penerjemah, pemelihara, pelajar, system administration, perusahaan, seniman, penguji, dan tidak kurang pentingnya, pengguna. GNOME tidak akan ada tanpa kalian,” kata Matthias Clasen.

GNOME 3.24 membawa hampir 30.000 perubahan yang dibuat oleh 753 kontributor. Versi ini menggunakan nama kode “Portland” menyusul diselenggarakannya acara LAS GNOME Summit di Portland, Oregon September tahun lalu.

Apa saja yang baru di GNOME 3.24?

Banyak sekali perubahan di GNOME 3.24, dari yang hanya berupa perbaikan bug hingga pembaruan fitur.

Desktop environment GNOME 3.24 meluncur dengan fitur Night Light, fitur untuk meredupkan layar diwaktu-waktu tertentu untuk membantu kenyamanan mata. Fitur Night Light ini ini mirip seperti Redshift.

GNOME Night Light

GNOME Night Light

Buat para ibu-ibu atau bapak-bapak yang hobi memasak, versi ini membawa aplikasi GNOME Recipes, aplikasi yang berisi kumpulan resep masakan, ditulis oleh angota komunitas GNOME. Aplikasi GNOME Recipes ini mengijinkan pengguna untuk menambah maupun menyunting resep, mengekspor dan mencetak daftar belanja, menambahkan catatan resep, menandai resep sebagai favorit, dsb.

Bagi para pengguna peramban Epiphany, peramban ini membawa perbaikan pada address bar serta tombol baru untuk menampilkan popup dengan daftar tab yang terbuka. Tidak lupa, peramban ini membawa lebih banyak fitur-fitur privasi.

Polari, perkakas chat IRC GNOME, telah membawa fitur untuk berbincang secara privat atau menghidupkan notifikasi ketika pengguna kembali daring (online). Dua fitur ini bisa diakses jika pengguna mengklik username pengguna lain.

Untuk menghibur para pengguna, GNOME Games menghadirkan pembaruan kinerja termasuk kemampuan untuk memainkan game Libretro.

GNOME Recipes

GNOME Recipes

GNOME 3.24 juga membawa pembaruan pada GNOME Calendar yang mampu menampilkan waktu satu pekan terutama untuk dipakai mengelola daftar acara. GNOME Software yang telah memperbarui tampilan rating user. GNOME Files (Nautilus) kini lebih mudah mengijinkan pengguna untuk mengakses berkas atau folder restricted tanpa perlu mengorbankan keamanan.

Tidak ketinggalan, GNOME 3.24 hadir dengan pembaruan tampilan Settings Users, Printers, dan Online Accounts, pembaruan notifikasi, GNOME Photos, dan pembaruan ikon. Ada juga peningkatan dukungan Flatpak dan perangkat tablet grafis Wacom.

Anda perlu bersabar beberapa saat lagi sebelum GNOME 3.24 benar-benar hadir di repositori GNU/Linux favorit Anda. 🙂

Sumber Artikel

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

BOEDI SANTOSA, S.Pd.I

Seorang Guru Non PNS, tapi tetap semangat mengabdi dan mencerdaskan anak bangsa
Daftar Artikel Terkait :  8
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0