Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Ini 5 Prinsip Kerja Orang Jepang yang Patut Kamu Tiru
Ini 5 Prinsip Kerja Orang Jepang yang Patut Kamu Tiru
0 Komentar | Dibaca 105 kali
Hayan @aiphayan
29 March 2017

Siapa yang enggak tahu dengan negara bunga sakura, Jepang? Meski kalah perang, sering diguncang gempa, dan enggak memiliki banyak sumber daya alam, negeri matahari terbit ini mampu jadi salah satu raksasa industri di Asia, bahkan dunia. Ini karena orang Jepang sudah menanamkan budaya disiplin dan etos kerja yang luar biasa sejak dini. Seandainya kita bisa menerapkan etos kerja orang Jepang dalam kehidupan sehari-hari, Indonesia pasti cepat maju.

Ini dia lima prinsip kerja orang Jepang yang patut kamu tiru. Apa saja? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Tunaiku.com:

1. Prinsip Bushido

Bushido yang mengandung arti ‘ksatria’ ini merupakan kode etik golongan samurai pada masa feodal Jepang. Seorang samurai memiliki loyalitas dan totalitas terhadap tuannya. Ia bahkan rela melakukan harakiri (bunuh diri dengan menusuk perut) untuk mengembalikan kehormatan dirinya.

Nah, semangat bushido ini ternyata mengakar dalam etos kerja masyarakat Jepang. Mereka memiliki loyalitas dan pengabdian tinggi terhadap perusahaan dan bekerja dengan penuh kehormatan dan totalitas. Hal ini membuat orang Jepang cenderung loyal dan jarang berpindah-pindah perusahaan.

2. Makoto dan Ganbatte Kudasai

Makoto bisa diartikan sebagai kejujuran dan ketulusan. Dalam melakukan pekerjaannya, orang Jepang memegang teguh prinsip ini, yaitu bekerja keras dengan semangat, kejujuran, dan ketulusan.

Sementara, ganbatte kudasai adalah kata-kata penyemangat yang kerap diucapkan orang Jepang, yang dalam konteks bekerja berarti semangat pantang menyerah sampai tujuan tercapai.

3. Konsep Keishan

Keishan berarti kreatif, inovatif, dan produktif. Lewat prinsip ini, orang Jepang nggak takut untuk berkarya secara kreatif dan melakukan inovasi-inovasi yang berbeda.

Inilah mengapa kita kerap menemui hal-hal yang unik di Jepang. Selain itu, konsep ini juga membuat orang Jepang selalu terbuka mempelajari hal-hal baru saat bekerja.

4. Prinsip Kaizen

Prinsip k