Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Malang
Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Malang
0 Komentar | Dibaca 585 kali

Malang. Semua orang mungkin sudah mengetahui satu kota di Jawa Timur ini. Di kenal dengan Kota Apel, Malang ternyata memiliki banyak alasan untuk disinggahi para pelancong dari berbagai penjuru negeri ini sekedar untuk berwisata atau untuk menghilangkan penasaran terkait keeksotikan kota ini. Dengan hawa yang sejuk dan dingin, menjadikan Malang ini sebagai salah satu wilayah di Jawa Timur yang masuk dalam kategori subur tanahnya, sehingga hampir semua buah dan sayur serta bunga, yang ditanam di Malang akan tumbuh hijau dan subur. Namun tau kah kalian, ada beberapa alasan lain yang menjadikan kota yang dijuluki Kota Pelajar ini, menjadi banyak diminati oleh para calon Mahasiswa/i untuk meneruskan pendidikan Sarjana atau Magister nya di Kota Malang ini? Padahal jika kalian tau, di Malang hanya ada tiga Perguruan Tinggi Negerinya. yaitu Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Univeritas Brawijaya, dan Universitas Negeri Malang. Selain ketiga itu merupakan Perguruan Tinggi Swasta semua. Alasan alasan tersembunyi itu diantaranya:

1. Lingkungan dan Suasana Nyaman

Lingkungan alam yang mendukung di Malang, menjadikan salah satu alasan banyak calon Mahasiswa kepincut untuk melanjutkan studinya disini. Diapit banyak pegunungan menjadikan hawa sejuk dan adem sering kali menjadi mood boster bagi para mahasiswa dalam proses belajarnya, sehingga membuat belajar menjadi efektif dan menyenangkan. Banyak sekali ruang terbuka hijau dan taman-taman di sudut-sudut kota Malang yang dilengkapi dengan gazebo dan tempat duduk, sebagai sarana diskusi dan belajar bagi para mahasiswa yang merasa penat di kampus.
Menjadi mahasiswa tentunya berbeda dengan siswa, karena dari segi tugas dan proses belajarnya pun berbeda, sehingga belajarnya membutuhkan lingkungan yang mendukung pula, karena itu Malang banyak dipilih karena memiliki kriteria yang mendukung tersebut. Tampaknya hal ini disadari oleh pemerintahan kota, sehingga setiap waktu, selalu ada inovasi dari pemerintah untuk menambah kenyamanan kota, dengan membangun dan menata kota tampak lebih bersih nan indah.

Hanya saja, para mahasiswa terkadang terlena dengan kesejukan Malang, sehingga menjadikan mereka malah bermalas-malasan dan sulit move on dari daya tarik kasur dan batala. Hehehe

2. Tempatnya Kampus Bonafide

Beberapa kampus bonafide (populer) banyak tersebar di Malang. Jika kalian tahu, kampus-kampus di Malang, tidak hanya yang perguruan tinggi negeri saja yang menjadi favorit. Namun perguruan tinggi swasta pun banyak diperebutkan oleh para calon mahasiswa. Apabila diklasifikasikan, terdapat beberapa kampus terkemuka yang tersebar di Jawa Timur, terdapat di dua kota, yaitu Kota Surabaya dan Kota Malang. Namun jika kota yang memiliki kampus terkemuka dan tidak begitu panas cuacanya, maka jawabannya tentunya Malang.
Kampus di Malang juga menawarkan berbagai keunggulannya masing-masing, seperti UM dengan jargon Learning University-nya, UB dengan kemajuan fakultas sains dan teknologinya, UIN dengan Bidang Keislamannya, sehingga dengan begitu, banyak menjadi pilihan oleh para calon mahasiswa untuk menentukan sesuai dengan kebutuhannya dan minatnya.

Yang paling penting, ketika kalian nanti sudah diterima di kampus Malang, kalian menikmati dan mencintai jurusan dan kampus yang telah kalian pilih ya guys, biar ilmunya manfaat…

3. Biaya Hidup Murah dan Mudah

Kalau kalian datang dari luar jawa timur, mungkin kesan pertama yang akan kalian dapat ketika pertama kali membeli makan di Malang, pastinya harganya yang murah dan porsi yang porposional (tentunya porsi mahasiswa ya.. Hehehe) untuk mahasiswa. Ya betul… Di malang berjejeran aneka warung dan tempat makan yang murah murah banget. Jika kalian mau survey, coba saja setiap pagi, hari Senin-Jumat setiap pukul 06.00-09.00 WIB kalian mengunjungi soto gerobak, yang ada di belakang pintu gerbang belakang kampus UIN, dengan cuma bawa uang 5000rb kamu sudah dapat semangkuk soto dan semangkuk lagi kerupuk. Kemudian sudah menjadi harga lumrah jika 7000-8000 untuk seporsi Ayam Crispy atau Lele Goreng. Tidak hanya itu, bahkan masih banyak juga warung warung yang menjual 1 porsi Nasi Pecelnya dengan hanya 5000rb. Bandingkan hal ini dengan daerah lain. lebih murah kan….
Untuk tempat tinggal saja, seperti kos dan kontrakan mahasiswa pun bervariasi, tergantung fasilitasnya. Namun untuk kos dengan kamar mandi dalam, dengan harga 2,5jt untuk setahun, banyak ditemukan di sekitaran kampus-kampus Malang. Sedangkan untuk memenuhi keperluan mahasiswa yang lain, Mall mall banyak tersebar di Malang, disamping itu banyak juga swalayan yang menjual berbagai macam barang serba ada. Coba saja cek di Jalan Gajayana, tepatnya swalayan Sardo. dari mulai pakaian sampai garam pun dijual disini. sehingga kalian akan bisa mendapat banyak barang, yang kalian temukan dalam satu tempat saja. Mudah banget kan….

4. Banyak Tempat Eksotis

Eksotis. Jika dihitung, tentunya tidak akan selesai menjelaskan dalam beberapa lembar terkait tempat eksotis di Malang. dari mulai Pantai, seperti Pantai Balaekambang, Pantai Goa Cina, Pantai Perawan, Pantai Sendiki, dan pantai pantai yang lain, semuanya tersebar melimpah di Malang ini, tepatnya Malang daerah selatan. Sehingga ketika mahasiswa menemukan kejenuhan kota, banyak yang selanjutnya berencana dengan teman sekelasnya untuk berlibur ke Pantai. Tempat eksotis lainnya yaitu Pegunungan dan Coban-cobanan (Air Terjun). tercatat seperti Coban Rondo, Coban Talun, Coban Pelangi, Coban Pitu, Gunung Panderman, Welirang, Arjuno, dan lain lain, semuanya berada di Malang. Bahkan jika kamu berminat ke Gunung Bromo, jaraknya hanya sekitar 1-2 jam perjalanan dari Malang.
Itu baru tempat tempat yang berbau alam-alam, belum tempat lain seperti banyaknya tampat tempat wisata yang lain.

5. Tempat Ngopi Banyak

Ngopi…. Jangan keburu negatif ketika dengar kata Ngopi, bahwa Ngopi itu buang buang waktu, dan sebagainya. Kebiasaan yang melekat dalam orang indonesia, yaitu orang indonesia itu suka bersosialisasi dan berkumpul. Atau istilah gaulnya sekarang yaitu Nongkrong. Nongkrong di Malang ini kadang sudah seperti menjadi kebutuhan bagi para mahasiswa untu saling berbagi informasi dan menjalin silaturrahim, bahkan mengerjakan tugas bareng. Kalau kalian sewaktu-waktu pergi ke Malang, kemudian teman Malang kalian mengajak Ngopi, itu artinya kalian diajak untuk bersosialisasi dengan ngobrol, diskusi, bahkan berbicara bisnis juga. Walaupun namanya ngopi, tetapi tempatnya tidak selalu warung kopi atau minumnya harus kopi lho ya… Hehehe. Disini tersebar sangat banyak sekali warung kopi, eh,, lebih mirip cafe sebetulnya jika ditilik dari tempatnya yang luas dan nyaman, bahkan banyak tersedia spot untuk berfoto yang instagramable juga, sehingga menjadikan orang yang ngopi disana betah untuk berlama-lama dengan sekedar menyeruput minuman yang dipesan. Jangan khawatir terkait harga, untuk secangkir kopi saja, sudah bisa kamu nikmati hanya dengan 2rb rupiah saja. Sudah dapat kopi, sosialisasi, dan interaksi serta kebersamaan bersama kawan.

6. Sensasi kuliner yang tiada duanya

Jika ingin mencari berbagai jajanan di Malang tidaklah susah untuk dicari. Ingin yang tradisional hingga keeropa eropaan, semuanya tersaji di Kota ini. Bahkan makanan dengan nama aneh pun, sudah lazim terdengar di Kota ini. Seperti Mie Setan, Burger Butho Ijo, Bakso Presiden, Mie Tomcat, dan lain lai, mewarnai sudut sudut kota ini. (FHF)

Sumber

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

deraeretse

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0