Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Mengenal Jenis – jenis Surat Yang Sering Digunakan
Mengenal Jenis – jenis Surat Yang Sering Digunakan
0 Komentar | Dibaca 114 kali

Jenis – jenis surat dapat kita bedakan menjadi dua jenis kategori besar, yaitu surat resmi dan surat tidak resmi. Sebelumnya sudah tahukah anda apa itu definisi surat ? Surat dapat didefinisikan sebagai alat atau sarana komunikasi tertulis yang disampaikan antara pihak yang satu dengan  lainnya yang mencangkup tujuan dan fungsi tertentu seperti, pemberitahuan, permintaan, gagasan atau ide dan lain sebagainya.

jenis - jenis surat

Dengan surat kita dapat memberikan kabar tentang keadaan kita, namun belakangan ini dengan munculnya berbagai macam inovasi dalam dunia teknologi. Surat semakin jarang digunakan. Orang lebih cenderung menggunakan email atau surat elektronik ketimbang harus menggunakan tulisan walau pun, masih ada juga yang menggunakannya sedikit.

Adapun Jenis surat kita bisa bedakan menjadi dua jenis secara global yaitu surat resmi dan surat tidak resmi.

1# – Surat Resmi

Surat resmi adalah jenis surat yang dibuat oleh satu pihak kepada pihak lainnya dalam bentuk formal atau dalam hal urusan dinas, baik itu pemerintah atau pun swasta. Contoh surat yang dikeluarkan dari pemerintah baik itu dari dinas propinsi, pendidikan, dan instansi pemerintah lainnya kepada instansi lain diatas atau di bawahnya atau juga pada perorangan menyangkut urusan dinas. Atau bisa juga dari satu perusahaan satu ke perusahaan lainnya.

Salah satu ciri dari surat resmi yang paling menonjol adalah adanya KOP surat atau sering disebut kepala surat. Biasanya surat resmi dibuat dengan menggunakan komputer dengan software microsoft word. Adapun cara membuat surat resmi tentu saja pernah kita pelajari pada saat sekolah. Namun terkadang banyak yang kesulitan dalam hal membuat kop surat. Bagi anda yang ingin belajar membuat surat resmi dan kesulitan membuat kop surat. Bisa baca panduan cara membuat kop surat resmi yang mudah di website belajar komputer.

2# – Surat Tidak Resmi

Surat tidak resmi adalah kebalikan dari surat resmi. Yaitu surat yang dikirimkan dari satu orang kepada orang lainnya dan bukan urusan dinas. Surat tidak resmi ditunjukan secara pribadi dari orang yang satu kepada orang lainnya. Surat tidak resmi tidak memerlukan kop surat. Jenis surat ini cukup banyak sekali termasuk diantaranya surat dari anda kepada keluarga anda, atau kepada teman dan sejenisnya. Membuat surat seperti ini tidaklah sulit dan biasanya tidak membutuhkan software.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0