Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Kemenag Siapkan Insentif dan BOP untuk Madrasah Diniyah
Kemenag Siapkan Insentif dan BOP untuk Madrasah Diniyah
2 Komentar | Dibaca 1291 kali

Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan agama non formal bagi anak usia sekolah. Tidak sedikit siswa sekolah dan madrasah yang juga belajar agama secara non formal di lembaga pendidikan keagamaan yang dikembangkan masyarakat, sepulang mereka dari sekolah.

Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam terus berupaya memberikan perhatian dan penguatan kelembagaan madrasah diniyah takmiliyah. Untuk tahun 2017 misal, Ditjen Pendidikan Islam telah mengalokasikan anggaran bagi ustadz dan operasional MDT.

“Berdasarkan RKKAL 2017, tahun ini kita akan memberikan insentif bagi para ustad MDT. Sudah teralokasikan anggaran untuk 4.250 guru MDT di pusat dan daerah,” ujar Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin.

Selain insentif, lanjut Kamaruddin yang juga Guru Besar UIN Alauddin Makasar ini, Ditjen Pendidikan Islam juga memmberikan bantuan operasional. “BOP untuk MDT tahun 2017 akan diberikan kepada 2.000 lembaga, pusat dan daerah, masing-masing Rp15juta,” katanya.

Kamaruddin Amin mengapresiai perkembangan MDT yang saat ini terus meningkat. Selain sukses menjaga tradisi pembelajaran keagamaan yang sudah sekian lama berlangsung secara turun-menurun, MDT kini juga mengalami sejumlah perkembangan. Hal itu antara lain ditandai dengan mulai berdirinya sejumlah MDT unggulan di setiap kab/kota. Dukungan Pemda juga terus menguat seiring dengan lahirnya perda diniyah di hampir 45% kab/kota yang ada di Indonesia.

Saat ini setidaknya ada 80ribu MDT yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian besar atau hampir 70% adalah MDT tingkat awal atau awaliyah. Sisanya tingkat menengah (wustha) dan tinggi (ulya). Sebagian besar dari MDT ini sekarang tergabung dalam Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) yang sudah terbentuk di 28 provinsi.

“Seluruh MDT yang terdaftar di Kemenag, sudah memiliki badan hokum, rekening lembaga, NPWP, serta sertifikat pendidikan dan nomor statistik. Ini menjadi bagian upaya Kemenag dalam melakukan penataan kelembagaan MDT,” tandas Kamaruddin Amin.

Sumber

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Terdapat 2 Komentar pada "Kemenag Siapkan Insentif dan BOP untuk Madrasah Diniyah"

  1. Fahmid

     |
    March 16, 2017 at 11:18 am

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh…kami pengelola MDTA Dikabupaten Barru Provinsi sulawesi Selatan yang berada dibawah naungan Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Barru…kami ucapkan terima kasih banyak kepada kemeterian Agama Republik Indonesia Dirjen pendidikan Madrasah Diniyah….semoga program ini dapat cepat terealisasikan …dalam artikel ini juga kami memohon kepada bapak kiranya perhatian terhadap MDTA khususnya peningkatan sarana dan prasarana dan peningkatan sumber daya pendidiknya…kami sudah memiliki 19 MDTA yang terintegrasi dengan Sekolah Dasar (SD) sepuluh diantaranya sudah memiliki Surat izin Operasional dan Nomor Statistik yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Barru….kendala yang kami hadapi ust adalah kurangnya sarana dan prasarana belajar,kami juga berharap Pengawas MDTA nantinya berasal dari pengelola MDTA itu sendiri..yang dipilih oleh Kemenag kaab./Kota..

  2. Fahmid

     |
    March 16, 2017 at 11:42 am

    assalamu alaikum..kami juga memohon petunjuknya bgaimana caranya memasukkan fhoto kegiatan santri kami dsini ust….

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Bang Zayn

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  2
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0