Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Mengenal Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya
Mengenal Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya
0 Komentar | Dibaca 83 kali

Mengenal perangkat komputer dan fungsinya sangat bermanfaat untuk kita semua. Tidak hanya bagi anda yang sekarang sedang duduk di bangku sekolah guna memperdalam materi TIK. Tapi untuk anda yang memiliki komputer dan selalu bekerja dengan menggunakan komputer saat ini, atau anda yang sedang belajar komputer otodidak. Mengapa demikian ? Karena setidaknya, pengetahuan kita tentang perangkat komputer akan sedikit membantu anda ketika memilih komputer, membeli komputer dan juga apabila di kemudian hari terdapat kerusakan pada komputer anda.

perangkat keras komputer dan fungsinya

Nah untuk kali pertama, penulis akan berbagai sedikit informasi yang insyaAlloh bermanfaat untuk teman – teman semua. Apa itu ? Yaitu mengenal perangkat keras komputer dan fungsinya. Sebelumnya sudahkah anda tahu apa itu perangkat keras komputer ?

Perangkat keras komputer sering disebut dengan istilah Hardware yaitu, komponen komputer yang berwujud fisik dan dapat kita sentuh dengan tangan. Biasanya tersusun dari banyak sekali komponen elektronik yang kecil – kecil. Apa saja itu ? mari kita bahas satu – persatu.

1# – Motherboard

Motherboard disebut juga dengan istilah Mainboard, yaitu sebuah papan rangkaian inti yang berada di dalam komputer. Berfungsi untuk menancapkan atau sebagai slot komponen – komponen komputer lainnya. Papan rangkaian ini biasanya berukuran sekitar 30 x 30 cm bahkan ada juga yang lebih kecil dari itu. Di papan ini, semua perangkat komputer terpasang. Oleh karena itu ketika ada kerusakan pada papan ini, secara otomatis komputer kita dapat dipastikan tidak dapat bekerja.

2# – Processor

Ini adalah sebuah komponen yang cukup mahal harganya dibanding dengan lainnya. Processor sangat mempengaruhi kerja komputer, salah satunya pada kecepatan operasinya. Processor adalah salah satu komponen yang terpasang di slot Motherboard dengan dilengkapi pendingin. Fungsi komponen ini adalah sebagai unit processi