Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Meraih Sehat Dengan Makanan Organic
Meraih Sehat Dengan Makanan Organic
0 Komentar | Dibaca 42 kali
Melilea @melilea2201
15 March 2017

makanan-organik

Apa itu Makanan Organik ?

 Definisi makanan organik menurut Wikipedia :

Makanan organik adalah makanan yang diproduksi menggunakan metode yang tidak melibatkan masukan sintetis modern seperti pestisida sintetis dan pupuk kimia. Makanan organik juga tidak diproses menggunakan iradiasi, pelarut industri, atau bahan kimia tambahan makanan.

Sedangkan menurut American Cancer Society :

Istilah “organik” secara luas digunakan untuk menggambarkan makanan dari tanaman yang tumbuh tanpa menambahkan bahan kimia buatan, dan makanan dari hewan yang dibesarkan tanpa hormon atau antibiotik. Makanan nabati organik berasal dari metode pertanian yang tidak menggunakan pestisida konvensional atau kimia pembunuh gulma, pupuk kimia atau lumpur limbah sebagai pupuk, atau iradiasi makanan dalam pengolahan. Makanan yang dimodifikasi secara genetik tidak bisa disebut organik.

Contoh mudah dari Makanan Organik adalah ayam kampung (ayam negri) yang hidup di desa atau kampung yang bebas dari pencemaran dan makan dari makanan alami seperti bekatul dan cacing di kebun. Sedangkan ayam Broiler (ayam ras) yang diberi makan dan obat-obatan dengan campuran kimia adalah contoh makanan anorganik. Termasuk di dalamnya adalah beras organik yang di tanam di area pertanian/sawah tanpa pestisida dan pupuk kimia.

Kelebihan dan Manfaat makanan organik bagi kesehatan

Masyarakat mulai banyak yang menyadari betapa pentingnya kesehatan, sehingga sedikit banyak mulai berfikir tentang makanan organik. Makanan organik adalah makanan yang dikembangkan/ diproduksi secara alami, tanpa obat-obatan, tanpa rekayasa genetika, tanpa hormon pertumbuhan, tanpa antibiotik, tanpa vaksinasi, dll. Pada intinya, makanan organik adalah makanan yang diproduksi secara alami, kembali lagi pada apa yang telah dilakukan nenek moyang kita ratusan tahun lalu. Namun makanan yang diproduksi dengan cara ini tidaklah mudah, sehingga hasil produksinya terbatas dan harganya tentu jauh lebih mahal. Lalu benarkah makanan organik lebih baik dan sehat daripada makanan konvensional atau non-organik?…

Perbedaan utama antara makanan organik dan makanan non-organik Menurut Mayo Clinic adalah Pupuk kimia digunakan pada kebanyakan makanan produksi konvensional untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, sedangkan tanaman organik hanya menggunakan pupuk alami seperti pupuk kandang atau kompos. Tanaman pangan pada umumnya disemprot dengan insektisida sintetis, tetapi makanan organik menggunakan metode alami untuk mengatasi masalah hama dan serangga. Produk konvensional menggunakan herbisida untuk mengatasi masalah gulma, sementara organik menggunakan tanaman lain, mengolah tanah, penyiangan, merotasi tanaman, dll untuk mematikan atau mengendalikan gulma. Ternak pada umumnya menggunakan antibiotik, hormon pertumbuhan, dan obat-obatan untuk mencegah penyakit dan memacu pertumbuhan hewan ternak. Sementara ternak organik hanya menerima pakan organik dan hanya menggunakan langkah-langkah pencegahan untuk membantu meminimalkan penyakit. Manfaat makanan organik bagi kesehatan Lebih sedikit mengandung pestisida Pestisida adalah bahan kimia seperti fungisida, herbisida, dan insektisida. Bahan kimia ini banyak digunakan dalam pertanian konvensional, dan residu akan tetap menempel pada makanan yang kita makan. Sisa pestisida ini bahkan tidak bisa dihilangkan dengan proses mencuci, karena bisa terserap oleh akar dan mengendap didalam tumbuhan. Residu pestisida ini merupakan neurotoksin yang meracuni syaraf. Karena terbebas dari bahan kimia, tanaman pangan organik pasti lebih sehat dalam jangka panjang.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SUTISNA, S.Pd. SD.

Hidup apa adanya
Daftar Artikel Terkait :  13
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0