Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Obat Herbal Jantung Bengkak Kardiomegali
Obat Herbal Jantung Bengkak Kardiomegali
0 Komentar | Dibaca 1326 kali
Diherbal @diherbaloke
09 March 2017

Obat Herbal Jantung Bengkak Kardiomegali – Jantung bengkak atau pembengkakan jantung atau yang sering dikenal juga dengan nama pembesaran jantung ( cardiomegaly ), adalah suatu kondisi dimana ukuran jantung membesar melampaui ukuran jantung normal. Yang dimana jantung bengkak ini muncul karena respons pada kerusakan terhadap otot jantung.

Berbahayakah Pembengkakan Jantung?

Mengenai seberapa bahaya pembengkakan jantung itu tergantung dari penyakit yang mendasarinya. Dibawah ini terdapat beberapa jenis penyakit yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan jantung, antara lain :

  1. Hipertensi ( tekanan darah tinggi )

Tekanan darah yang tinggi membikin jantung memompa lebih ekstra buat memenuhi aliran darah ke seluruh tubuh. Apabila hal ini terjadi dalam jangka panjang, maka jantung akan memperbesar diri sehingga jantung tampak membengkak.

  1. Penyakit Katup Jantung

Beberapa jenis penyakit yang memicu terjadinya kerusakan katup jantung dan mengakibatkan jantung mengalami pembesaran ialah demam rematik ( sebuah penyakit peradangan serius yang bisa secara permanen mempengaruhi struktur dan fungsi jantung ), kelainan jantung bawaan dari lahir, dan endokarditis ( sebuah keadaan medis yang di tandai dengan adanya infeksi pada lapisan dalam jantung ).

  1. Anemia ( kurang darah merah )

Anemia merupakan sebuah keadaan pada saat tidak ada sel-sel darah merah yang sehat buat mengangkut cukup oksigen dan mencukupi buat jaringan. Hal ini memicu jantung mesti memompa lebih banyak darah buat menebus kekurangan oksigen di dalam darah, sehingga lambat laun jantung menjadi membesar.

Tindakan Penanganan Pembengkakan Jantung

Penanganan pembengkakan jantung yang dapat dilakukan juga tergantung dari penyakit yang mendasarinya, antara lain seperti :

  1. Apabila pembengkakan jantung di akibatkan oleh hipertensi ( tekanan darah tinggi ), maka penyakit hipertensi yang terjadi mesti di atasi terlebih dulu. Dokter biasanya akan memberikan obat anti-hipertensi seperti diuretik ( yang fungsinya buat menyusutkan total natrium dan air dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan beban jantung ) dan angiotensin-converting enzyme ( obat ini berfungsi buat mengurangi tekanan darah dan menaikkan kemampuan organ jantung dalam memompa ).
  2. Bila pembengkakan jantung terjadi di picu oleh anemia, maka anemia yang terjadi mesti di tangani terlebih dulu. Dan apabila mengalami kekurangan zat besi / asam folat, maka perbaiki asupan zat besi dan asam folat dalam tubuh dengan mengkonsumsi suplemen zat besi & asam folat.
  3. Pada kelainan katup jantung, mesti dilakukan tindakan operasi buat menangani masalah katup jantu