Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Teknologi

Beranda / Teknologi / Rumus Excel Yang Wajib Dikuasai Seorang Guru
Rumus Excel Yang Wajib Dikuasai Seorang Guru
2 Komentar | Dibaca 1667 kali
De Jaka @dejaka
18 March 2017

Bekerja dengan komputer tentu bukan hanya untuk pekerja kantoran saja. Para guru juga dituntut untuk melek teknologi. Pengolahan nilai untuk evaluasi hasil belajar dengan menggunakan komputer adalah hal yang sangat membantu. Salah satu program pengolah angka atau nilai yang mudah dan familiar adalah microsoft excel.

Nah apa sajakah yang harus mereka kuasai dari microsoft excel ini? Tidak semua rumus harus mereka kuasai. Inilah rumus excel yang harus dikuasai seorang guru :

1. Menjumlah Nilai

Rumus Excel yang digunakan untuk melakukan penjumlahan adalah Fungsi SUM. Standar penggunaan rumus Sum pada excel adalah:

=SUM(Angka1;Angka2;….dst)

Jika penjulahan tersebut menggunakan syarat atau kriteria tertentu maka yang digunakan adalah Rumus SUMIF. Sedangkan jika kriterianya lebih dari satu maka yang digunakan untuk melakukan penjumlahan adalah rumus SUMIFS

2. Mencari Rata-rata

Untuk menghitung rata-rata nilai fungsi excel yang dipakai adalah rumus AVERAGE. Cara menggunakan fungsi ini dalam rumus excel adalah:

=AVERAGE(Angka1;Angka2;….dst)

Jika rata-rata yang akan dihitung harus memenuhi sebuah kriteria tertentu maka gunakan rumus AFERAGEIF. apabila kriteria yang akan diterapakan pada nilai yang dihitung rata-ratanya leih dari satu maka gunakan rumus AVERAGEIFS.

3. Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah

Nilai mencari nilai tertinggi atau yang paling besar gunakanlah fungsi MAX. Cara penulisan