Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Travelling

Beranda / Travelling / Tips untuk Mereka yang Pertama Kali ke Luar Negeri
Tips untuk Mereka yang Pertama Kali ke Luar Negeri
0 Komentar | Dibaca 178 kali

Sebelum ada budget airlines alias penerbangan bertarif murah, berlibur ke luar negeri menjadi suatu hal yang sangat mewah. Istilahnya, cuma orang kaya yang bisa jalan-jalan ke luar negeri. Tapi kini jaman sudah berubah. Seperti slogan salah satu airlines, “Now everybody can fly”. Yoi, saya setuju sekali dengan itu! Dengan rajin menabung, Anda pasti bisa kok liburan ke luar negeri. Berlibur ke luar negeri pastinya akan terasa berbeda. Lebih banyak pula hal yang harus disiapkan. Bagi Klikers yang baru akan berlibur ke luar negeri untuk pertama kalinya, ada baiknya untuk membaca artikel ini. Berikut 10 tips untuk mereka yang pertama kali ke luar negeri:

1. Mengurus Paspor atau visa

Untuk bisa berlibur ke negara lain, pastinya Anda akan membutuhkan paspor. Anda tidak akan bisa membeli tiket pesawat jika tidak punya paspor. Saran saya, buatlah paspor walaupun mungkin Anda belum punya rencana untuk ke luar negeri. Siapa tahu tiba-tiba ada promo tiket pesawat murah. Anda bisa membuat paspor biasa atau e-paspor. Biaya pembuatan e-paspor tentu saja lebih mahal dibandingkan paspor biasa. Perlu diingat, paspor hanya bisa digunakan hingga 6 bulan sebelum masa berakhir paspor. Perhatikan juga bahwa ada beberapa negara yang mewajibkan Visa untuk bisa masuk ke negaranya. Anda dapat mengurus Visa di Kedutaan Besar negara bersangkutan. Ada juga beberapa negara yang memungkinkan Anda mengurus Visa lewat agen perjalanan.

2. Booking tiket pesawat dan hotel

Setelah memiliki paspor, Anda bisa mencari tiket pesawat dengan harga promo. Jangan lupa untuk langsung membeli tiket pulang. Ini untuk memudahkan Anda saat diwawancara di imigrasi ataupun dalam perihal pengurusan visa. Untuk penginapan, Anda WAJIB untuk mem-booking penginapan terlebih dulu. Anda bisa membeli via Online Travel Agent atau di situs-situs penjualan hotel online yang terpercaya. Sebaiknya Anda mencari tahu dulu lokasi hotel yang menjadi pilihan Anda. Pilihlah hotel yang dekat dengan jalur transportasi umum seperti bus. Ingat-ingatlah alamat hotel tempat Anda menginap.

3. Menukarkan mata uang

Tukarkan mata uang rupiah dengan mata uang negara tujuan. Siapkan jumlah yang cukup. Bukan hanya untuk men