Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Obat Herbal Batu Empedu dan Ginjal
Obat Herbal Batu Empedu dan Ginjal
0 Komentar | Dibaca 739 kali

Obat Herbal Batu Empedu dan Ginjal – Batu empedu adalah batu kecil yang biasanya terbuat dari kolesterol yang terbentuk di dalam kandung empedu. Dalam kebanyakan kasus, batu empedu tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, dalam sejumlah kecil kasus, batu empedu dapat terperangkap di dalam saluran empedu sehingga dapat mengiritasi dan membuat peradangan pada kandung empedu, atau keluar dari kandung empedu dan masuk ke bagian lain dari tubuh. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti:

  • Rasa sakit yang tiba-tiba datang di bagian perut
  • Dapat menyebabkan mual dan muntah
  • Penyakit kuning dapat terjadi pada kulit dan putih mata

Penyakit batu empedu adalah istilah umum untuk menggambarkan gejala dan komplikasi yang terkait yang disebabkan oleh batu empedu. Kandung empedu sendiri merupakan organ tubuh yang berbentuk seperti buah pir, kantong empedu terletak di bawah hati. Tujuan utama dari kandung empedu adalah untuk menyimpan cairan empedu yang diproduksi oleh hati.

Jenis Penyakit Batu Empedu

Ada tiga jenis utama dari penyakit batu empedu, diantaranya:

  • Batu empedu asimtomatik, yaitu batu empedu yang hadir dalam kantong empedu tetapi tidak menyebabkan gejala apapun.
  • Penyakit batu empedu tanpa komplikasi, biasanya disebabkan apabila batu empedu menghalangi pembukaan saluran empedu. Hal ini biasanya menyebabkan sakit perut yang berulang yang dapat berlangsung selama satu sampai lima jam. Rasa nyeri biasanya sangat jarang terjadi, penderitanya bisa saja merasakan lagi rasa sakit setelah beberapa minggu atau beberapa bulan berikutnya.
  • Penyakit batu empedu dengan komlikasi, batu empedu telah memicu berbagai komplikasi yang lebih serius, seperti radang kandung empedu (kolesistitis). Gejala penyakit batu empedu dengan komplikasi dapat menyebabkan suhu badan tinggi (demam) dari 38 C (100.4F) atau di atas itu, penyakit kuning dan sakit perut secara tiba-tiba.

Penyebab Penyakit Batu Empedu

Diperkirakan bahwa batu empedu dapat berkembang karena adanya ketidak seimbangan dalam komposisi kimia dari empedu di dalam kandung empedu. Empedu adalah cairan yang dihasilkan oleh hati untuk membantu mencerna lemak. Karena banyak batu empedu yang terdiri dari kolesterol, maka di sarankan untuk mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh. Namun, banyak juga orang yang makan makanan dengan kadar kolesterol tinggi tidak mengembangkan batu empedu, sehingga peran kolesterol dalam membentuk batu empedu masih belum pasti. Namun dapat di ketahui bahwa batu empedu lebih sering terjadi pada kelompok berikut ini:

  • wanita, terutama mereka yang telah hamil
  • orang yang kegemukan
  • orang-orang yang telah berusia 40 tahun atau lebih, bisa dikatakan semakin tua usia seseorang maka semakin besar kemungkinannya untuk mengembangkan batu empedu</