Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Obat Herbal Batu Empedu dan Ginjal
Obat Herbal Batu Empedu dan Ginjal
0 Komentar | Dibaca 179 kali

Obat Herbal Batu Empedu dan Ginjal – Batu empedu adalah batu kecil yang biasanya terbuat dari kolesterol yang terbentuk di dalam kandung empedu. Dalam kebanyakan kasus, batu empedu tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, dalam sejumlah kecil kasus, batu empedu dapat terperangkap di dalam saluran empedu sehingga dapat mengiritasi dan membuat peradangan pada kandung empedu, atau keluar dari kandung empedu dan masuk ke bagian lain dari tubuh. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti:

  • Rasa sakit yang tiba-tiba datang di bagian perut
  • Dapat menyebabkan mual dan muntah
  • Penyakit kuning dapat terjadi pada kulit dan putih mata

Penyakit batu empedu adalah istilah umum untuk menggambarkan gejala dan komplikasi yang terkait yang disebabkan oleh batu empedu. Kandung empedu sendiri merupakan organ tubuh yang berbentuk seperti buah pir, kantong empedu terletak di bawah hati. Tujuan utama dari kandung empedu adalah untuk menyimpan cairan empedu yang diproduksi oleh hati.

Jenis Penyakit Batu Empedu

Ada tiga jenis utama dari penyakit batu empedu, diantaranya:

  • Batu empedu asimtomatik, yaitu batu empedu yang hadir dalam kantong empedu tetapi tidak menyebabkan gejala apapun.
  • Penyakit batu empedu tanpa komplikasi, biasanya disebabkan apabila batu empedu menghalangi pembukaan saluran empedu. Hal ini biasanya menyebabkan sakit perut yang berulang yang dapat berlangsung selama satu sampai lima jam. Rasa nyeri biasanya sangat jarang terjadi, penderitanya bisa saja merasakan lagi rasa sakit setelah beberapa minggu atau beberapa bulan berikutnya.
  • Penyakit batu empedu dengan komlikasi, batu empedu telah memicu berbagai komplikasi yang lebih serius, seperti radang kandung empedu (kolesistitis). Gejala penyakit batu empedu dengan komplikasi dapat menyebabkan suhu badan tinggi (demam) dari 38 C (100.4F) atau di atas itu, penyakit kuning dan sakit perut secara tiba-tiba.

Penyebab Penyakit Batu Empedu

Diperkirakan bahwa batu empedu dapat berkembang karena adanya ketidak seimbangan dalam komposisi kimia dari empedu di dalam kandung empedu. Empedu adalah cairan yang dihasilkan oleh hati untuk membantu mencerna lemak. Karena banyak batu empedu yang terdiri dari kolesterol, maka di sarankan untuk mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh. Namun, banyak juga orang yang makan makanan dengan kadar kolesterol tinggi tidak mengembangkan batu empedu, sehingga peran kolesterol dalam membentuk batu empedu masih belum pasti. Namun dapat di ketahui bahwa batu empedu lebih sering terjadi pada kelompok berikut ini:

  • wanita, terutama mereka yang telah hamil
  • orang yang kegemukan
  • orang-orang yang telah berusia 40 tahun atau lebih, bisa dikatakan semakin tua usia seseorang maka semakin besar kemungkinannya untuk mengembangkan batu empedu
  • orang dengan sirosis atau parut pada hati
  • orang dengan gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn dan iritasi usus sindrom (IBS)
  • orang-orang dengan riwayat keluarga batu empedu dimana 30% dari orang-orang dengan batu empedu memiliki anggota keluarga dekat yang juga memiliki batu empedu
  • orang-orang yang baru saja kehilangan berat badan dengan cepat, baik sebagai akibat dari diet atau penurunan berat badan karena operasi
  • orang-orang yang mengkomsumsi obat yang disebut ceftriaxone, yang merupakan antibiotik yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi, termasuk pneumonia atau infeksi paru-paru, meningitis atau infeksi pada lapisan otak
  • wanita yang menggunakan kontrasepsi oral
  • memiliki penyakit diabetes tipe 2
  • kurang berolahraga atau kurang dalam melakukan aktivitas fisik
  • banyak mengkomsumsi makanan yang tinggi kalori yang mencakup banyak karbohidrat dan lemak

Pencegahan Batu Empedu

Banyak faktor risiko batu empedu, seperti usia dan jenis kelamin, yang tidak dapat dicegah. Namun cara paling efektif untuk mencegah batu empedu adalah dengan mengubah gaya hidup, seperti:

  • Mengubah pola makan

Makanan menjadi peran kunci terbentuknya batu empedu seperti makanan yang banyak mengandung kolesterol, maka untuk menghindari terjadinya batu empedu  disarankan untuk menghindari makanan berlemak yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging merah, daging olahan, mentega, kue dan biskuit. Makanan yang di anjurkan adalah makanan yang rendah akan lemak namun tinggi akan serat, seperti yang terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buhan serta biji-bijian. Ada penelitian yang menunjukan makan kacang-kacangan secara teratur , seperti kacang tanah atau kacang mete, dapat membantu mengurangi risiko pengembangan batu empedu.

  • Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan akan meningkatkan jumlah kolesterol yang ada di empedu, yang pada akhirnya akan meningkatkan risiko tubuh dapat mengembangkan batu empedu. Oleh sebab itu untuk mencegah terjadinya batu empedu maka perlu mengontrol berat badan dengan makan makanan yang sehat dan melakukan olahraga secara rutin.

Mengobati Batu Empedu

Batu empedu yang tidak di obati dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Seperti halnya kanker kandung empedu, meskipun jarang terjadi namun memliki peluang. hal ini dapat di buktikan dengan kebanyakan kasus kanker kandung empedu, dimana ada sekitar 80 persen orang-orang yang memiliki kanker kandung empedu juga memiliki penyakit batu empedu.

Rencana pengobatan untuk penyakit batu empedu tanpa komplikasi akan tergantung pada frekuensi dan keparahan gejala yang terjadi, dan pengaruh batu empedu terhadap tubuh. Jika gejala yang terjadi ringan dan jarang terjadi, dan tidak mempengaruhi hidup seseorang maka operasi biasanya tidak dianjurkan. Seseorang mungkin hanya memerlukan resep obat penghilang rasa sakit, yang dapat di gunakan untuk mengontrol gejala dan jika terjadi peristiwa sakit perut yang menyakitkan.Pembedahan untuk mengangkat kandung empedu biasanya akan direkomendasikan oleh dokter jika terjadi gejala yang lebih parah dan sering terjadi, yang menyebabkan penurunan kualitas hidup seseorang.

Namun ada cara lain yang lebih aman dibandingkan mengkomsumsi obat-obatan sintesis maupun operasi, dimana pengobatan secara alami dapat dipilih. Caranya dengan menggunakan obat herbal, dimana kandungan alaminya sangat aman dan tidak menyebabakan efek samping di kemudian hari. Salah satunya adalah dengan menggunakan paket obat herbal batu empedu yang terdiri dari K-Muricata dan Amazon Plus, dimana selain dapat mengobati batu empedu dapat juga digunakan untuk pencegahan, bahkan pencegahan berbagai macam penyakit, sehingga dapat di gunakan oleh seluruh keluarga, bahkan anak-anak. Berikut manfaat dari masing-masing obat herbal:

Amazon Plus

Amazon Plus merupakan obat herbal yang bekerja membantu K-Muricata menghancurkan batu empedu. Kandungan alami yang terdapat didalmnya sangat aman untuk tubuh. Didalamnya terdapat k senyawa antioksidan seperti Zaitun Hydroxytirosol, Xanthone dan Antosianin. Ketiganya sangat ampuh mengatasi gangguan batu empedu dan memberikan manfaat yang berbeda.

  • Zaitun Hydroksitirosol dapat membantu melumasi batu empedu, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.
  • Antosianin yang merupakan senyawa aktif yang terdapat dalam Acai Berry dan Blueberry, memiliki manfaat sebagai anti peradangan, dan dapat menghilangkan rasa nyeri, selain itu juga dapat meningkatkan regenerasi sel, sehingga tubuh dapat memperbaiki dan mengembaikan fungsi empedu dan hati.
  • Xanthone yang terdapat dalam kulit manggis berfungsi sebagai anti inflasi dan antioksidan yangdapat mengatasi radikal bebas.

K-Muricata

K-Muricata adalah obat herbal yang dibuat menggunakan daun sirsak dan tumbuhan keladi tikus, kedua tumbuhan ini diekstrak, bentuknya seperti the, sehinnga mudah disajikan. K-Muricata memiliki kemampuan sitoktosik yaitu kemampuan membuang zat-zat limbah dan berbahaya didalam tubuh. Adanya senyawa Acetogenins didalamnya memiliki kemampuan untuk menghancurkan batu empedu lalu mengeluarkannya melalui urin.

Sumber: http://bliherbal.com/obat-herbal-penyakit-batu-empedu/

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

I WAYAN KARANG

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0