Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Pendidikan “Tersembunyi” yang Diajarkan di Pondok Pesantren
Pendidikan “Tersembunyi” yang Diajarkan di Pondok Pesantren
0 Komentar | Dibaca 543 kali

Peran Pondok Pesantren tidak bisa diabaikan begitu saja dari sejarah dan budaya Indonesia, karena pondok memiliki peran penting dalam pendidikan dan penyebaran agama islam di indonesia. Pondok pesantren diketahui sebagai suatu tempat untuk para siswa/i-nya (santri) guna menimba ilmu keagamaan islam, dimana yang membedakannya dengan sekolah, karena biasanya para santrinya juga tinggal menetap di pondok tersebut hingga santri tersebut lulus dari pendidikannya.

Tempatnya juga memiliki ciri khas dimana kebanyakan suatu pondok itu adalah tertutup (memiliki tembok tinggi mengitari pondoknya) untuk mengatur keluar masuk ke pondok tersebut. Namun tahukah kalian tentang pendidikan tersirat yang ada di pondok pesantren yang belum tentu didapatkan di lembaga atau tempat lain? Inilah beberapa pendidikan tersembunyi yang tidak akan kalian dapatkan jika kalian belum mondok.

Belajar Gotong Royong dengan Budaya Ro’an (Bersih Bersih/Kerjabakti Bersama) yang Dilakukan Setiap Minggunya bahkan Setiap Hari

Gotong royong adalah budaya baik yang sudah menjalar dan turun temurun di indonesia dan harus selalu dilestarikan, karena dengan gotong royong tersebut, akan memupuk rasa empati dan saling bekerja sama bahkan menimbulkan sikap taling menolong sebagai mahluk sosial. Fitrah manusia adalah mahluk sosial, yang membutuhkan bantuan orang lain, sehingga dengan belajar gotong royong yang ditanamkan di pondok pesantren berupa ro’an maka nantinya ketika mereka telah lulus dan keluar dari pondok, akan terbiasa dengan budaya ini, dan tidak kagok dengan kehidupan nyata dalam bermasyarakat.

Pendidikan Untuk Selalu Ta’dhim (Menghormati) Para Pengasuh dan Ustadz serta yang Lebih Tua