Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Tanaman Obat Paru Paru Basah Pneumonia yang Mujarab
Tanaman Obat Paru Paru Basah Pneumonia yang Mujarab
0 Komentar | Dibaca 2055 kali

Pneumonia atau yang sering dikenal dengan paru paru basah merupakan sebuah penyakit yang terjadi di akibatkan oleh infeksi jamur, virus, atau bakteri yang menyerang organ paru paru. Sehingga membuat paru-paru meradang dan menghasilkan lendir atau bahkan kadang mengandung darah. Ketika baru awal terinfeksi biasanya penyakit ini tidak menampakkan gejala yang membahayakan, namun kelama lamaan bisa memunculkan gejala-gejala yang mencemaskan.

Apabila penyakit ini di biarkan begitu saja, tanpa dilakukan penanganan dan pengobatan, maka penyakit ini bisa mengakibatkan terjadinya kematian. Pneumonia merupakan penyakit yang kerap di alami oleh sebagian besar orang yang sudah berusia lanjut, dan di derita oleh mereka yang mempunyai penyakit kronik sebagai dampak rusaknya sistem imunitas tubuh, namun penyakit ini juga dapat menyerang kaula muda yang bertubuh sehat. Kini di dunia, pneumonia dikabarkan sudah menjadi penyakit nomor 1 pada kalangan anak-anak dan juga merupakan sebuah penyakit kronis yang dapat merenggut ribuan jiwa orang lansia tiap tahun.

Gejala Gejala Yang Muncul dari Penyakit Paru-Paru Basah

Umumnya gejala ringan yang biasa muncul dari penyakit paru-paru basah itu serupa dengan flu atau common cold (demam, batuk pilek), tapi gejala yang di rasakan itu terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Dibawah ini juga merupakan gejala-gejala paru-paru basah yang biasa di alami oleh penderitanya, yakni :

  • Terjadi demam, berkeringat dan menggigil.
  • Mual, muntah / diare.
  • Kondisi fisik melemah.
  • Merasakan sakit kepala.
  • Nyeri pada otot.
  • Batuk disertai dahak yang kental.
  • Pada saat bernafas atau batuk akan terasa nyeri dibagian dada.

Setelah Anda mengenal dan mengetahui beberapa gejala paru-paru basah yang muncul, sudah saatnya sekarang ini Anda mengetahui cara pengobatan alami penyakit paru-paru basah secara alami dengan tumbuhan tradisional, antara lain :

  • Rumput Mutiara

Rumput mutiara itu bukan berarti rumput yang bercahaya dan berkilauan seperti mutiara. Kemungkinan, alasan mengapa tumbuhan ini dinamakan sebagai rumput mutiara karena tumbuhan ini mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk mengatasi sekaligus menyembuhkan bermacam-macam penyakit. Rumput mutiara yang mempunyai nama latin Hedyostis Corymvosa Famili Rubiaceae.

Cara mengenali tumbuhan rumput mutiara ini cukup mudah, rumput mutiara ini mempunyai banyak percabangan, dapat hidup di tanah lembab dan biasa hidup di halaman rumah, pinggir jalan, saluran air (selokan) dan juga di tempat-tempat yang mempunyai kelembaban yang cukup, selain itu rumput mutiara ini juga mempunyai bunga yang bentuknya seperti payung dan berwarna putih, buahnya yang bulat dan bagian ujungnya pecah-pecah.

Di dalam dunia medis tumbuhan rumput mutiara ini seringkali dimanfaatkan sebagai bahan obat suntik dan tablet granule. Rumput mutiara ini juga mengandung asam ursolat, asam ulenolat, flavonoid dan iridoid, sehingga rumput mutiara ini di percayai dapat membantu mengatasi sekaligus menyembuhkan beragam macam penyakit, seperti pneumonia ini salah satunya.

  • Cakar Ayam

Sejak jaman kuno cakar ayam ini telah diketahui merupakan tanaman paku yang mempunyai manfaat herbal, terlebih dalam budaya pengobatan Tiongkok, India, dan Asia Tenggara tercakup Indonesia. Nama cakar ayam ini berawal dari bahasa jawa yang mempunyai nama latin Selaginella doederleinii Hieron, sementara didalam bahasa sunda tanaman ini dikenal dengan nama paku rane.

Biasanya tanaman ini tumbuh di batu, selokan dan juga pada tempat-tempat teduh dan berhawa dingin. Sebagaimana yang telah dikabarkan dari hasil sebuah penelitian bahwa cakar ayam ini merupakan tanaman yang mengandung saponin, alkaloid, dan juga phytosterol.

Yang dimana semua kandungan tersebut berkhasiat untuk mengobati radang paru (pneumonia), sakit tenggorokan, batuk, antitoksik, antineoplasma,  memperlancar aliran darah, penyakit kuning dan kanker hati. Bagian yang dapat dimanfaatkan dari cakar ayam ini ialah seluruh bagian tanaman. Seluruh bagian tanaman bisa digunakan dalam bentuk segar ataupun ekstrak kering.

Cara Mengolah Tanaman Cakar Ayam Untuk Obat Pneumonia

  • Siapkan tanaman cakar ayam sebanyak 30 gram.
  • Cuci bersih semua bahan yang telah dipersiapkan.
  • Rebus dengan 700 cc air.
  • Tunggu hingga airnya mendidih dan tersisa 400 cc saja.
  • Saring air rebusan, lalu dinginkan.
  • Air rebusan sudah siap diminum.

Dosis : air rebusan diminum 2x sehari, dengan ukuran 200cc untuk sekali minum.

  • Kulit Manggis

Sudah dari dulu manggis ini dikenal dengan salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan yang begitu besar untuk kesehatan tubuh manusia, sampai sampai manggis ini di beri julukan sebagai ratu buah. Di dalam buah manggis ini terdapat banyak sekali kandungan senyawa super seperti xanthone, mangostin, flavonoid, gartanin, garsinon, epicatechin dan juga spingomyolinase, selain itu masih banyak lagi kandungan lain yang terdapat di dalam buah manggis seperti potasium, kalsium, zat besi, vitamin B1, B2, C serta sodium.

Tetapi, ada hal yang perlu Anda ketahui, bahwa bukan hanya daging buahnya saja yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, melainkan kulit buahnya juga mengandung senyawa super yakni xanthone, yang merupakan subtansi kimia alami, yang tergolong dalam senyawa polyhenolic yang mampu dimanfaatkan sebagai zat untuk memulihkan kembali sel sel yang telah rusak serta menjaga sel sel dalam tubuh.

Selain itu, kulit manggis ini juga dipercayai mampu untuk mengatasi sekaligus untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit, termasuk penyakit pneumonia ini.

Cara Membuat Obat Alami Pneumonia dari Kulit Manggis

  • Siapkan manggis segar sebanyak 2 buah.
  • Belah buah manggis yang telah dipersiapkan.
  • Lalu antara kulit buah dengan dagingnya dipisahkan.
  • Kulit manggis bagian dalamnya di kerok.
  • Masukkan hasil kerokan kulit manggis kedalam mesin penggiling / blender.
  • Masukkan air sebanyak 1 gelas.
  • Agar rasa jusnya lebih lezat, Anda boleh menambahkan sedikit gula merah.
  • Dan tambahkan pula sedikit madu, agar rasa jusnya tidak begitu pahit.
  • Giling sampai halus.
  • Jus sudah siap diminum, (jus diminum 2x sehari).
  • Daun Sirsak

Sirsak adalah suatu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Buah yang satu ini mempunyai cita rasa yang manis asam sehingga banyak orang yang senang memakannya. Selain itu, buah sirsak ini juga mengandung manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh manusia, seperti salah satunya buah sirsak ini dipercayai dapat mencegah & mengobati penyakit sariawan.

Akan tetapi, selain dari buahnya yang enak dimakan dan bermanfaat untuk manusia. Masih ada pula salah satu bagian dari tanaman ini yang mengandung khasiat dan manfaat yang lebih besar dari buahnya, dan salah satu bagian yang dimaksud itu ialah daunnya.

Mungkin dari masyarakat kita masih ada yang belum tahu tentang manfaat super yang dimiliki oleh daun sirsak, kandungan super yang dimiliki daun sirsak itu adalah senyawa acetogenins yang mempunyai daya kerja 10.000 kali lebih kuat untuk menumpas virus atau bakteri pemicu pneumonia, dan daun sirsak ini juga mampu mengatasi sekaligus menyembuhkan peradangan dan pembengkakan pada kaki.

Oleh karena itu, daun sirsak ini sangat tepat dan cocok untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit pneumonia. Untuk mendapatkan khasiat dari daun sirsak ini caranya sangat gampang, cukup dengan Anda mengkonsumsi rutin daun sirsak, baik itu berupa air rebusan daun sirsak atau dengan mengkonsumsi daun sirsak yang sudah di ekstrak menjadi obat herbal.

Sumber: http://bliherbal.com/obat-herbal-radang-paru-paru-basah-pneumonia/

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SLAMET RIYADI

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0