Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Otomotif

Beranda / Otomotif / Tips Memilih Rental Mobil Yang Baik dan Benar
Tips Memilih Rental Mobil Yang Baik dan Benar
0 Komentar | Dibaca 126 kali

Kadang memang bukan masalah yang cukup mudah dalam memilih rentalan mobil. Memang agak sedikit gampang – gampang susah si. Apalagi jika semua perusahaan rental mobil ini biasanya menawarkan sebuah fasilitas yang hampir sama, harga yang murah, atau diskon dan sebagainya.

Namun ada beberapa hal yang cukup perlu mendapat perhatian dan sangat sering kali kita abaikan yakni masalah service ataupun pelayanan. Banyak dari kita yang telah mengacuhkan masalah di pelayanan. Dan parahnya, kita lebih sering terjebak pada alasan-alasan klasik yakni harga yang sedikit lebih murah.

rental-mobil

Karena masalah hargan sewanya yang beda dari 5 sampai 25 ribu/hari, ujung – ujungnya apa yang akan kita dapatkan adalah pelayanan yang sangat kurang memuaskan.

Nah, saya kali ini menulis artikel tentang bagaimana cara memilih rental mobil ini di dasarkan pengalaman pribadi. Ceritanya ketika di suatu saat saya sudah booking mobil pada salah perusahaan sewa mobil di Surabaya. Awalnya pada waktu saya hubungi, pihak marketing dari mereka bilang “harga rental mobil mereka lah yang paling murah” (memang benar sih). Deal harga dan akhirnya pun saya transfer.

Masalah muncul ketika saya telah di jemput di Bandara lebih tepatnya Bandara Juanda Surabaya di esok harinya. Driver yang telah menjemput saya berambut gondrong, ia memakai jaket jeans, kumal dan bersendal.

Karena sangat terburu – buru ketemu client, saya pun mencoba untuk tenang dan tidak komplain di saat itu. Begitu saya masuk mobil, betapa kagetnya dengan aroma di dalam mobil itu. Sangat pengap dan sedikit amis.

Selidik punya selidik dan ternyata dibagian lipatan jok itu terdapat kulit telur asin yang berserakan. Spontan saja saya pun tanya ke pak supir, “Pak, apa mobilnya ini belum dicuci? Kok ini ada kulit telur asin yang berserakan.” Dengan muka kaget pak supir pun dengan sigap membersihkannya.

Akhirnya saya pun hubungi pihak rental dan mengeluhkan dari semua yang saya alami. Tapi, penjelasan yang sudah saya terima dari pihak rental mobil itu sungguh sangat di luar dugaan.

“Harap maklum lah pak, kan dari harga sewa mobilnya saja sudah sangat murah dibandingkan rental mobil-mobil yang lain! Jadi mohon lah dimaklumi saja kalau ada sedikit yang kurang memuaskan bapak”. Saya tidak habis pikir dan tiba-tiba jadi malas melanjutkan pembicaraan dengan si pihak pemilik rental mobil tersebut.

Coba kalian bayangkan, apa sih artinya mendapatkan harga sewa mobil yang murah tapi pelayanannya pun sangat amburadul?

Belajar dari pengalaman tersebut, akhirnya saya pun telah berinisiatif memberikan sedikit tips dalam menyewa sebuah mobil. Berikut ini adalah tipsnya:

Tips Memilih Rental Mobil

  1. Pilih lah Rentalan Mobil yang Terpercaya

Menggunakan jasa dari penyedia mobil sewa yang sudah terpercaya serta memiliki kredibilitas yang terutama layanan service 24 jam. Hal ini mungkin perlu karena dapat memberikan solusi yang cukup cepat jika terjadi sesuatu pada kendaraan yang telah di sewa.

Kemudian ketahui lah secara pasti fasilitas apa saja yang diberikan contohya seperti driver yang profesional (hati – hatilah, kadang mereka ini meng-hire supir bemo ini untuk menjadi driver seperti freelance), asuransi pun hingga ketersediaan mobil yang akan diminta.

  1. Cek lah Mobil Yang Akan Digunakan

Pilihlah kendaraan yang telah memiliki data historis perawatan dan secara berkala agar kalian benar – benar mengetahui kondisi mobil tersebut. Untuk mengetahui datanya tersebut bisa saja ditanyakan kepada pihak dari pengelola car rental.

Pastikan juga untuk memilih sebuah kendaraan dari keluaran tahun yang terbaru selain kenyamanan yang akan kalian dapatkan juga biasanya dalam kondisi mesin tidak terlalu rusak.

  1. Tentukan Mobil Sesuai Kebutuhan Kalian

Satu hal lagi, tetap menyesuaikan dengan dana yang sudah kalian lokasikan. Jangan keburu nafsu dalam memilih mobil yang tidak menyuplai dari segala kebutuhan kalian.

Misalnya seperti, memilih city car dibandingkan dengan mobil yang jenis bus padahal jumlah penumpang yang kalian bawa kan banyak. Tentu bukan merupakan hal pilihan yang bijak kan?

Selain ketiga unsur yang telah di jabarkan tadi secara lugas, maka ada baiknya kalian melakukan diskusi dengan pihak rental mobil tersebut.

Dengan begitu, perjalanan dalam mudik dapat berjalan dengan lancar dan tanpa adanya gangguan yang berarti. Semoga dari 3 Tips Dalam Memilih Rentalan Mobil diatas ini dapat bermanfaat bagi kalian.

Sumber : http://www.rentalmobillampung.co.id/

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

LAELA SULISWATI

Belajar dan Mengajar untuk Generasiku
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0