Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / TOKOH SEJARAH INI SELAMATKAN KYOTO DARI LEDAKAN BOM ATOM PERANG DUNIA KEDUA
TOKOH SEJARAH INI SELAMATKAN KYOTO DARI LEDAKAN BOM ATOM PERANG DUNIA KEDUA
0 Komentar | Dibaca 1870 kali

Kalian pasti sudah tahu dengan sejarah perang dunia kedua, tentang bagaimana Jepang tepatnya di kota Hiroshima dan Nagasaki dijatuhkan bom atom pada tahun 1945 oleh tentara Amerika. Akan tetapi, apakah kalian tahu sebenarnya kota Nagasaki tidak ada dalam daftar kota yang akan dijatuhkan bom atom seminggu sebelum penyerangan tersebut?

Target utama dari penjatuhan bom atom ini sebenarnya adalah kota Kyoto, ibu kota kuno dari negara Jepang. “Target ini merupakan kawasan industri perkotaan dengan populasi sebanyak 1.000.000,” diambil dari catatan the minutes from the meeting.

Seorang sejarawan bernama Prof. Alex Wellerstein dari Institut Teknologi Stevens mengungkapkan, “Kyoto dianggap target yang ideal oleh militer karena kota tersebut belum pernah dibom sebelumnya, banyak industri yang dipindahkan ke sana dan beberapa pabrik besar ada di sana.”

“Para ilmuwan dari ‘Target Committee’ juga lebih memilih Kyoto karena kota ini merupakan rumah dari berbagai macam universitas dan mereka berpikir orang-orang di sana akan mengerti bahwa bom atom ini bukanlah hanya senjata biasa saja, melainkan menjadi titik balik bagi sejarah manusia,” tambahnya.

Target Committee sendiri merupakan kelompok sangat rahasia yang dibentuk pada Mei 1945 oleh Amerika Serikat yang bertugas menentukan dan memutuskan kota mana saja yang akan dijatuhkan bom atom di Jepang. Berikut adalah daftar kota yang direncanakan menjadi target bom atom di Jepang: