Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / 4 Langkah yang Benar dalam Mencuci Baju Kesayangan Anda
4 Langkah yang Benar dalam Mencuci Baju Kesayangan Anda
0 Komentar | Dibaca 99 kali

Baju merupakan salah satu elemen yang melekat pada tubuh seorang manusia. Dengan baju inilah kemudian seseorang akan dinilai penampilan dan cara mereka berbusana. Berdasarkan hal tersebutlah menjaga kebersihan dan kerapian dari sebuah baju akan selalu menjadi perhatian yang penting dalam diri seseorang. Salah satu cara untuk dapat menjaga kebersihan dan kerapian dari baju yang Anda pakai adalah mencuci baju, yang merupakan satu-satunya deterjen yang mendapat kepercayaan banyak dari ibu rumah tangga di Indonesia.

Cara mencuci baju ini memang sekarang lebih banyak dilakukan dengan menggunakan alat bantu mesin cuci. Namun demikian cara konvensional lama pun juga masih banyak dilakukan orang dalam membersihkan baju yang mereka kenakan, yaitu dengan mencuci baju menggunakan tangan. Cara ini masih banyak digunakan karena memang memiliki tingkat efektivitas kebersihan pada hasil cucian yang tinggi. Selain itu mencuci dengan tangan juga memungkinkan kita untuk lebih dapat menghilangkan noda-noda pakaian yang membandel.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan ketika hendak mencuci pakaian dengan menggunakan tangan, yang antara lain adalah:

1. Pisahkan terlebih dahulu antara pakaian putih dan berwarna dan cucilah secara terpisah agar nantinya pakaian putih tidak terkena lunturan dari pakaian berwarna yang luntur.
2. Siapkan air dalam media ember ataupun media lainnya, kemudian larutkan deterjen secukupnya.
3. Masukkan satu persatu baju kedalam air tersebut, agar deterjen dapat terdistribusi hingga ke serat terdalam pada sebuah pakaian.
4. Biarkan 10 hingga 15 menit lalu kuceklah pakaian tersebut dan bilas dengan menggunakan air bersih lainnya.

Jika Anda mendapatkan noda membandel pada pakaian, berikanlah deterjen pada bagian noda tersebut, kemudian sikat dan bilaslah dengan air bersih. Jangan merendam pakaian dalam waktu semalam, karena hal tersebut justru akan dapat merusak serat-serat yang ada pada pakaian. Selain cara mencuci, hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjaga kerapian pakaian ini adalah cara penjemuran pakaian tersebut. Past