Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Cara menghilangkan ketombe dengan mudah secara alami
Cara menghilangkan ketombe dengan mudah secara alami
0 Komentar | Dibaca 148 kali

Cara menghilangkan ketombe dengan mudah secara alami. Saat Anda ingin membuat kulit kepala yang Anda miliki bebas dari ketombe, Anda bisa menerapkan beragam cara menghilangkan ketombe di kulit kepala seperti berikut ini.

Daun pandan

Selain dapat digunakan sebagai pewarna makanan, daun pandan juga bisa digunakan sebagai penghilang ketombe. Caranya dengan menghaluskan 2-3 helain daun pandan dan kemudian dicampur dengan 200mlk air hangat untuk digunakan sebagai air bilasan rambut. Pijat-pijat kulit kepala, sebelum kemudian dibilas dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan 2 kali seminggu selama 4 minggu berturut-turut untuk hasil yang optimal.

Garam dan baking soda

Selain digunakan sebagai pencegah munculnya jerawat, kombinasi garam dan baking soda juga bisa digunakan sebagai obat pencegah ketombe. Anda bisa memanfaatkan kedua bahan ini dengan cara melarutkan garam dan baking soda (perbandingan 1:1) kedalam 200ml air hangat. Guyurkan air tersebut ke kulit kepala sebagai air bilasan dan gosok perlahan. Diamkan sekitar 15 menit sebelum dibilas kembali dengan air bersih. Baik baking soda maupun garam berfungsi sebagai senyawa pembunuh bakteri dan jamur yang ada di kulit kepala.

Tomat

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan memakai tomat. Caranya sangat sederhana, Anda hanya cukup menghaluskan dua buah tomat ukuran sedang, campur dengan minyak kelapa secukupnya. Oles ke permukaan kulit kepala hingga merata dan diamkan selama satu jam. Setelah mengering, jangan lupa untuk langsung membersihkan kepala dengan keramas. Agar hasilnya maksimal, lakukan cara ini dua kali seminggu dan setelah keramas, jangan lupa oleskan conditioner yang mengandung lidah buaya atau minyak zaitun.

Jahe

Ketika ketombe yang Anda alami cukup serius, Anda bisa menggunakan ramuan jahe sebagai obat. Anda bisa merebus 2 siung jahe sukuran ibu jari dalam 400ml air dan menggunakan air saringannya sebagai pembasuh kulit kepala. Saat membasuhkannya, jangan lupa untuk langsung membilasnya dengan air bersih setelah didiamkan sekitar 20 menit. Jika tidak menggunakan rebusan, Anda bisa pula mengkombinasikan jahe dengan minyak wijen, yang diolah dengan cara menggeprek jahe dan memeras airnya terlebih dahulu sebelum ditambah 1 sendok teh minyak wijen.

Bawang merah

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat yang bisa dicoba adalah dengan bawang merah. Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, Anda bisa menggunakan bawang merah seba