Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / 3 Cara Scan Dokumen Yang Paling Banyak Dilakukan Orang
3 Cara Scan Dokumen Yang Paling Banyak Dilakukan Orang
0 Komentar | Dibaca 37 kali

Menscan didefinisikan sebagai, merubah file baik berupa gambar, tulisan, dan sejenisnya dalam bentuk hard copy (kertas) menjadi file digital (JPG, PDF) yang dapat disimpan di dalam komputer. Aktifitas scan ini dilakukan biasanya untuk berbagai keperluan seperti scan ijazah dan nilai untuk kelengkapan berkas lamaran pekerjaan. Scan KTP atau juga scan foto.

cara scan dokumen menggunakan android

Kita biasanya melakukan scanning dokumen atau foto dengan menggunakan alat scanner khusus yang biasa kita jumpai di tempat fotocopy atau memang di jaza scan. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat khususnya di bidang teknologi. Cara scan dokumen bisa kita lakukan dengan menggunakan device yang lain yaitu printer ataupun juga dengan hp android.

Penulis dalam tulisan ini ingin berbagi wawasan mengenai 3 cara scan dokumen yang banyak dilakukan orang yang telah di singgung pada paragraf sebelumnya.

1# – Scan Dokumen Dengan Scanner

Inilah cara pertama yang paling banyak dan paling orang gunakan. Tidak banyak yang memiliki mesin scanner ini. Biasanya orang akan menuju tempat fotocopy atau jilid yang biasanya disana juga terdapat scanner. Jasa scanner dokumen atau foto biasanya hanya 1000 hingga 2000 per halaman. Biasanya ini dilakukan oleh mereka yang maunya cepat dan asal beres saja. Dan memang tidak masalah, karena kebutuhan yang mendesak sementara harus jadi dalam waktu cepat.

2# – Scan Dokumen Dengan Printer

Jangan salah, sekarang telah banyak bermunculan printer dengan fungsi scanner dan fotocopy. Bentuknya masih tetap seperti printer tapi dibagian atasnya dilengkapi dengan sensor untuk fotocopy dan juga scanner. Paling banyak dikeluarkan oleh merk printer ternama Canon. Cara scan dokumen dengan printer cukup mudah. Hanya tinggal memasukan dokumen pada alat (printer scanner) kemudian nyalakan software di komputer, dalam beberapa detik dokumen anda sudah bisa terscan dengan file JPG atau PDF, PNG sesuai keingginan anda.

3# – Scan Dokumen Menggunakan Android

Ini cara baru yang cukup unik dan hasilnya tidak kalah dengan dua cara diatasnya. HP android anda ternyata bisa digunakan untuk scan dokumen apapun. Dengan aplikasi yang bisa anda download dengan gratis di Play Store, cara scan dokumen menggunakan android ini pun sangat mudah dilakukan. Sama seperti ketika anda menfoto objek, namun ketika anda menscan dokumen yang jadi objek foto anda adalah dokumen atau foto dalam bentuk hard copy.

Demikian saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga wacana clotehan penulis ini dapat bermanfaat dan minimal bisa menambah wawasan bagi anda yang membacanya. Sekian dan terimakasih atas perhatiannya.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Yuviter Pradeska

admin untuk sistem pendataan padamu negeri dan aplikasi dapodik di SMPN 3 rambang dangku
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0