Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Kesalahan Saat Puasa yang Memicu Rasa Ngantuk Sepanjang Hari
Kesalahan Saat Puasa yang Memicu Rasa Ngantuk Sepanjang Hari
0 Komentar | Dibaca 614 kali

Saat puasa, rasa kantuk bisa menyerang hampir sepanjang hari. Meski bisa dikatakan wajar karena asupan makan dan minum memang dibatasi, bukan berarti rasa kantuk dan lemas tidak bisa dihindari.

Penyebab rasa kantuk saat puasa cukup beragam, mulai dari lonjakan kadar gula darah setelah makan hingga menipisnya cadangan gula di siang hari. Kesalahan-kesalahan yang terjadi saat sahur maupun melakukan aktivitas lain, juga bisa membuat ibadah puasa terganggu oleh rasa kantuk.

1. Kekenyangan saat sahur

Anggapan bahwa makan sebanyak-banyaknya saat sahur akan membuat seseorang lebih kuat menahan lapar, tidak selalu bisa dipercaya. Beberapa jenis makanan memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang artinya lebih cepat dipecah menjadi gula dan diserap ke dalam darah. Lonjakan kadar gula darah merupakan penyebab utama rasa kantuk saat puasa.

 

2. Tidak sahur sama sekali

Terlambat bangun untuk menyiapkan sahur sering memicu pola makan yang asal-asalan, atau bahkan tidak makan sama sekali karena terlalu mepet dengan waktu imsak. Di siang hari, tubuh menjadi lebih cepat kehabisan sumber energi dan akhirnya terasa lemas atau mengantuk.

Dalam kondisi terburu-buru, sebaiknya diperhitungkan menu makan sahur yang praktis dan sekiranya memberikan cukup energi untuk sepanjang hari. Makanan-makanan tinggi serat seperti oatmeal bisa disiapkan dalam waktu singkat dan bisa menunda lapar lebih lama.

 

3. Terlalu banyak tidur

Banyak orang mengira, energi saat puasa bisa dihemat dengan cara memperbanyak tidur. Faktanya, tubuh justru akan terasa lemas dan tidak bertenaga ketika terlalu banyak diistirahatkan.

Menyempatkan diri tidur siang boleh-boleh saja dilakukan sebagai kompensasi kekurangan tidur di malam hari saat harus menyiapkan makan sahur. Namun disarankan cukup dengan power nap, yakni tidak lebih dari 10-15 menit di sela-sela istirahat saat bekerja.

 

4. Kurang tidur dan kelelahan

Meski harus bangun lebih awal untuk sahur, kebutuhan tid